Qualcomm Snapdragon X Elite Mengemuka, Tuju PC Desktop

Qualcomm Snapdragon X Elite Pc

Akhirnya Qualcomm memperkenalkan prosesor terbarunya yang dituju untuk PC desktop yang dinamakan Qualcomm Snapdragon X Elite. Perusahaan tersebut menjanjikan kemampuan komputasi yang tidak kalah kuat dari raksasa yang kita kenal betul, Intel, AMD, dan bahkan Apple. Benarkah demikian?

Spesifikasi Qualcomm Snapdragon X Elite untuk PC Desktop

Akhirnya Qualcomm mengembangkan prosesor komputer

Melansir informasi dari situs resminya, keinginan Qualcomm kini terwujud sudah. Hal tersebut dibuktikan dengan diperkenalkannya Snapdragon X Elite yang dirancang sedemikian rupa untuk meramaikan pasar desktop.

Tidak sampai di situ saja, Qualcomm bahkan mengklaim bahwa kemampuan dari chipset ini hemat daya dan lebih kencang ketimbang prosesor Intel Generasi ke-13 dan chipset Apple M2 Max. Selain itu, kemampuan olah grafisnya juga dikatakan lebih cepat dari AMD RDNA 3.

Berdasarkan situs resminya, spesifikasi Qualcomm Snapdragon X Elite tersebut lumayan kuat, yaitu Oryon 3.8GHz yang menawarkan 12 core dan terbagi menjadi tiga kluster, di mana terdapat 4 core tiap cluster-nya dengan total 42MB cache.

Menawarkan kemampuan yang tidak kalah menarik

Untuk GPU-nya sendiri, prosesor ini membawa Qualcomm Adreno yang mendukung sampai 4.6 TFLOPS, Qualcomm Hexagon AI Accelerator yang menawarkan 75 TOP untuk menemani kinerja Micro nPU.

Dukungan lainnya adalah LPDDR5X 64GB 8.533MHz, PCIe Gen 4.0, termasuk kombinasi Snapdragon X65 5G untuk mendukung konektivitas WiFi7 dan BT 5.4 yang tentunya sudah termasuk memadai.

Bisa Mengalahkan Kompetitor

Berbekal kemampuan chipset tersebut, Qualcomm Snapdragon X Elite tersebut mampu mengalahkan Intel Generasi ke-13, AMD Ryzen 9 7000 Series, bahkan Apple M2 Max, yang tentunya mengejutkan.

Kalian bisa melihat tabel di bawah di mana prosesor terbaru dari Qualcomm mampu kalahkan bermacam chipset dengan mudahnya.

Data yang dikumpulkan oleh Wccftech

Bahkan, kemampuan dari grafis terintegrasinya juga bisa diadu dengan kompetitor karena selain lebih mumpuni, konsumsi dayanya pun jauh lebih rendah, menjadikan prosesor ini memiliki fleksibilitas yang baik di kelasnya untuk bermacam kebutuhan.

Bisa diadu dengan integrated prosesor pada umumnya

Belum ada tanggal peluncuran pasti, namun Snapdragon X Elite dikatakan akan luncur pada pertengahan tahun 2024, yang akan diramaikan pula oleh Intel ‘Meteor Lake’ dan AMD ‘Strix Point’.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version