[QUIZ] Jangan Ngaku Gamer Kalau Kamu Ngga Bisa Jawab Semua Pertanyaan Ini


Follow Us

Ngaku gamer? Rasanya ngga afdol kalo kamu ngaku gamer tapi ngga punya pengetahuan lebih tentang industri video game dengan menjawab pertanyaan ini dengan benar tanpa gunakan google sama sekali. Eit! Jangan curang ya!

Nulis artikel dibayar
  1. 1 Studio Pemilik Far Cry Pertama?

    1. Crytek
    2. Ubisoft
    3. Electronic Arts
    4. SEGA
    5. Bandai Namco
    6. Square-Enix
    Correct!
    Wrong!

    Crytek

    Crytek merupakan developer sekaligus pemilik Far Cry pertama tahun 2004. Saat itu Ubisoft masih menjadi publisher gamenya saja. Mereka mulai akuisisi kepemilikan franchise Far Cry beserta CryEngine yang akhirnya dimodifikasi menjadi Dunia Engine pada tahun 2006. Ubisoft kemudian melanjutkan franchise tersebut dari Far Cry 2 hingga seri kelimanya saat ini (2018).

  2. 2 Game yang Jadi Standar Game Real Time Strategy

    1. Age of Empires
    2. StarCraft
    3. Command & Conquer
    4. XCom
    5. Civilization
    Correct!
    Wrong!

    Command & Conquer

    Command & Conquer merupakan game real time strategy pertama yang berhasil menstandarisasi genre real time strategy. Diawali dengan Dune dan Dune II yang miliki mekanisme yang hampir mirip, Westwood Studios akhirnya berhasil ciptakan franchise jutaan dolar Amerika yang kemudian diikuti dan dikembangkan oleh developer lain. Sebut saja WarCraft milik Blizzard yang terinspirasi penuh dari kesuksesan Command & Conquer. 

    Kini, Westwood Studios telah tiada, sebagian besar krunya membuat studio baru bernama Petroglyph yang meneruskan mimpi para mantan krunya hingga sekarang. Saat ini mereka sedang mengembangkan Forged Battalion sebagai game Early Access di Steam dengan rasa yang sama namun cukup berbeda dari karya terdahulunya, Command & Conquer.

  3. 3 Game yang Jadi Standar Game FPS

    1. Half-Life
    2. Unreal Tournament
    3. Quake
    4. Doom
    5. Counter-Strike
    Correct!
    Wrong!

    Counter-Strike

    Berawal dari mod Half-Life, karya Minh Le Gooseman dan Jess Cliffe dengan Counter-Strike miliknya dijadikan dasar mekanisme game FPS atau First Person Shooter yang dikembangkan hingga saat ini. 

    Dari Counter-Strike pula-lah game seperti Call of Duty hingga game anak warnet Point Blank lahir dengan mekanisme yang tak hanya berbeda, namun juga mudah dimengerti oleh player yang baru memainkannya.

  4. 4 Game PC Pertama yang Paling Berkualitas dalam Urusan Grafis

    1. Minecraft
    2. Call of Duty 4: Modern Warfare
    3. Crysis
    4. Grand Theft Auto IV
    5. Uncharted
    Correct!
    Wrong!

    Crysis

    Kemunculannya sebagai game paling keren dalam urusan grafis kala itu memang tak bisa terbantahkan. Crysis dengan CryEngine-nya, dinobatkan sebagai game terberat dengan grafis terbaik saat peluncurannya. 

    Ia bahkan menjadi standarisasi benchmark gamer PC kala itu. Hal ini kemudian munculkan asumsi di kalangan gamer PC bahwa, jika PCmu masih belum bisa memainkan Crysis di settingan grafis paling tinggi dengan lancar (60 fps ke atas), maka PCmu masih termasuk kategori cupu.

  5. 5 Game Karya Developer Xenogears

    1. Armored Core
    2. Bloodborne
    3. Xenoblade Chronicles
    4. Front Mission
    5. Xenomorph
    Correct!
    Wrong!

    Xenoblade Chronicles

    Xenoblade Chronicles adalah game buatan kreator seri Xeno, Takahashi Tetsuya. Ia keluar dari Squaresoft dan mendirikan Monolith Soft setelah produksi Xenogears 2 ditolak Squaresoft. 

    Monolith kemudian didanai oleh Namco untuk membuat Xenosaga dengan enam bagian. Namun sayang Namco putuskan untuk memangkas setengahnya dan berakhir dengan kegagalan. 

    Dari sini, CEO Nintendo Satoru Iwata mengajak Takahashi untuk membuat game untuk Nintendo berjudul Xenoblade yang hingga saat ini telah memasuki seri ketiganya, Xenoblade Chronicles 2 dari dua seri sebelumnya Xenoblade Chronicles dan Xenoblade Chronicles X.

  6. 6 Video Game Pertama di Dunia?

    1. Space War!
    2. Contra
    3. Pong
    4. Bertie the Brain
    5. Super Mario
    Correct!
    Wrong!

    Bertie the Brain

    Merupakan video game berbasis mesin arcade yang pertamakali dikembangkan. Ia dibuat oleh Insinyur Dr. Josef Kates pada tahun 1950 di Toronto, Kanada.

    Gamenya akan memaksamu untuk bermain permaianan "tiga jadi" atau "tic-tac toe" melawan kecerdasan buatan atau artificial intelligence. 

    Percaya atau tidak, game ini pertamakali dijalankan di komputer setinggi empat meter, setelah Josef Kates ikut membantu proyek pembuatan komputer pertama di dunia yang bisa beroperasi bersama University of Toronto Electronic Computer.

  7. 7 PlayStation Pertama Awalnya Merupakan Proyek Kerjasama Antara Dua Perusahaan, Siapakah Mereka?

    1. Epic Games dan Sony
    2. Atari dan Sony
    3. Nintendo dan Sony
    4. Microsoft dan Sony
    5. Sega dan Sony
    Correct!
    Wrong!

    Nintendo dan Sony

    Berawal dari ketertarikan Insinyur Sony, Ken Kutaragi terhadap video game setelah melihat anaknya bermain Famicom dari Nintendo, ia berusaha menyatukan kedua perusahaan tersebut untuk membuat sebuah console. Namun usulnya ditolak oleh petinggi Sony karena saat itu mereka tak ingin bergerak ke dunia video game.

    Ken tak menyerah, diam-diam ia membuat chip bernama Sony SPC 700 yang kemudian didukung oleh eksekutif Sony, Norio Ohga. Hal ini kemudian berlanjut pada kerjasama Sony dan Nintendo pada tahun 1988 untuk hadirkan console hybrid berbasis catridge namun juga bisa memainkan software dalam CD-ROM bernama "PlayStation".

    Sayangnya, setelah console tersebut diumumkan oleh Sony, kesepakatan yang mereka jalin harus hancur berkat Nintendo diam-diam bekerjasama dengan perusahaan saingan Sony, Philips. Hal tersebut buat Sony terus mengembangkan consolenya sendiri sampai lahirnya "PlayStation" pertama pada tahun 1994.

[QUIZ] Jangan Ngaku Gamer Kalau Kamu Ngga Bisa Jawab Semua Pertanyaan Ini

Created on
  1. Quiz result
    You scored
    Correct!
    Share Your Result
  2. Quiz result

    Noob

    You scored
    Correct!

    Masih cupu untuk dikatakan gamer, bisa jadi kamu baru kenal dunia video game atau cuman anggap game sebagai hal yang menyenangkan saja.

    Sebagai tambahan, kamu ngga cocok bekerja di industri kreatif yang berhubungan dengan video game atau sejenisnya.

    Share Your Result
  3. Quiz result

    Average

    You scored
    Correct!

    Kamu cukup memahami bidang yang kamu suka, setidaknya kamu ngerti beberapa hal tentang video game. Pengetahuanmu masih bisa terus dikembangkan jika suatu saat kamu bekerja di industri video game.

    Share Your Result
  4. Quiz result

    Gamer

    You scored
    Correct!

    Ya, kamu ini yang paling cocok untuk disebut gamer, seseorang yang paham betul sama bidang yang digeluti. Tapi, jangan lupa mandi ya.

    Share Your Result

Like it? Share with your friends!

Di Gamebrott COMMUNITY Nulis artikel GAMING dibayarGIVE ME MONEY !
+