Racikan PC Gaming 3 Jutaan, Athlon 200GE Main Game Terkini Kualitas HD


Follow Us

Jika kita berbicara PC yang digunakan untuk memainkan sebuah game tentu terbayangkan harga hardwarenya yang Jutaan. Namun apa yang terjadi jika ada suatu part yang bisa berperan mewakili fungsi dua part sekaligus, namun tetap memiliki performa yang sangat playable. Athlon 200GE jawabanya ! Accelerated Processing Unit atau kerap dikenal APU keluaran AMD terbaru ini nampaknya cukup menggegerkan jagat PC Gamer, bagaimana tidak processor 800rban sudah bisa melibas game-game esport dan juga playable game terkini di minimum resolusi HD!

Nulis artikel dibayar

Yuk ini dia racikannya

Part PC Merk Harga
Processor+GPU AMD Athlon 200GE 3.2 Ghz Rp. 812.000
Motherboard Biostar A320MH Pro AM4 Rp. 740.000
RAM Corsair DDR4 Vengeance 8Gb (2×4 Gb) Rp 1.335.000
Storage / Penyimpanan KLEVV SSD NEO N500 120GB Rp. 360.000
PSU Andyson m5+ 450W 80 Plus Rp. 533.000
Cases Cube Gaming Blig+ Rp. 285.000
Total Rp. 3.566.000

Racikan PC

AMD Athlon 200GE 3.2Ghz

Baru saja diumumkan di Indonesia Part PC merek AMD ini memang langsung menyita perhatian para Budget oriented PC Gamers. Harga yang sangat bersaing yaitu 800ribuan ditambah TDP yang sangat rendah sebesar 35 W! membuat PC ini cocok untuk kalian PC gamer yang tak ingin merana akibat harga hardware dan juga tagihan listrik membengkak. Dengan ditenagai 2 Core 4 thread dan juga  3 Gpu Core yang berarti total core fisik sebesar 5 core, membuat APU ini mampu memainkan game-game esport seperti CS:GO dan Dota 2 dengan resolusi 1080p Lowest setting atau 720p di Medium setting. Meski APU Athlon 200GE ini tidak bisa di Overclock, namun performa dari APU ini jauh dari kata lemah.

BACA JUGA  Masih Bingung Mau Beli Switch Lite Apa Nggak ? Simak Perbedaannya dengan Switch versi "Biasa" Disini!

 

Biostar A320MH Pro AM4

Untuk menjadi wadah sekaligus rumah bagi Athlon 200GE kalian perlu membeli motherboard dengan socket am4, dan juga untuk mem-press Budget namun tetap lengkap dari segi output display kali ini kami memilih seri Biostar A320mMH Pro AM4. Mungkin dari ragu ataupun menganggap remeh merek Biostar. Namun pengalaman penulis yang pernah dan sedang memakai motherboard Biostar dari awal 2017, tidak mengalami kendala apa-apa saat ditandemkan dengan G4560 dari Intel. Support Dual Channel Ram dengan kapasitas maximum 32 GB, USB 3.1 Gen1, membuat Motherboard ini menjadi pilihan yang cocok buat kalian yang terikat Budget.

 

Corsair DDR4 Vengeance LPX 8Gb (2X4 Gb)

Pilihan Ram jatuh kepada Merek Corsair. RAM memang sekarang menjadi komponen yang memiliki fluktuasi harga yang terus meroket. Stok terbatas namun tetap tinggi demand membuat Ram-Ram menjadi barang yang langka di pasaran. Corsair DDR4 Vengenance merupakan ram yang terbilang ekonomis namun tetap indah dan powerfull. Dengan speed 2133mhz dan dengan dilengkapi heatsink semakin memperindah PC kalian nanti. Ingat stok ram dipasaran sangatlah terbatas rencanakan sejak dini jika ingin menabung.

 

Tapi kenapa harus Dual channel kenapa gak single channel aja ?

Memang single channel jauh lebih murah dan juga sudah ada dana bisa upgrade satu keping ram lagi. Namun ram yang didesain dari pabrik untuk dual channel akan lebih optmize dan menghindari banyak permasalahan teknis yang tak diinginkan. Ditambah lagi ram dual channel akan mengurangi stutering, dan pada skenario APU atau Onboard GPU sangat dianjurkan untuk memakai dual channel, karena perbedaan FPS sangat jauh terasa. Juga 8GB menjadi minimum game pada tahun 2018.

BACA JUGA  Bocoran Benchmark AMD Ryzen 3900X Vs Intel Core i9 9900K Yang Hadirkan Kejutan

 

KLEVV SSD NEO N500 120GB 

 

SSD Memang bisa dibilang menjadi kebutuhan tersier jika dilihat dari kebutuhan ataupun profesi sang pemilik PC. Namun dengan dana terbatas SSD nampaknya menjadi pilihan yang tepat untuk kalian yang membutuhkan PC load cepat dengan harga yang murah. Awalnya pemilihan jatuh kepada SSD Galax Gamer L series karena memang price to performance yang oke saat anniversary series, namun sepertinya KLEVV SSD NEO 120GB lebih kami rekomendasikan untuk kalian. Isi dengan windows dan beberapa game sepertinya sudah cukup untuk kalian mainkan, next time kalian bisa tambah HDD Sebesar 1TB.

 

Andyson M5+ 450W 80plus

Merek yang cukup asing ditelinga PC gamer, merek ini memang baru-baru ini masuk ke Indonesia. Sudah bertengger di tier 2 dari tangga tingkatan Power Supply dan juga 80 plus certificate seharusnya membuat kalian yakin dengan PSU ini. Komponen dari Jepang dan braded cable semakin menambah rasa solid pada PC ini. Harga terjangkau tapi gak kalengan menjadikan PSU ini layak untuk diajak gandengan.

 

Cube Gaming Blig+ / Casing Mini Atx lain

Seri Cube Gaming memang menjadi satu dari sekian merek casing favorite penulis. Selain karena merek yang sedikit jarang dipakai di warnet-warnet sehingga terasa sedikit Indie namun juga fitur yang ditawarkan tidaklah minim. Kalian bisa mengganti PSU bawaan casing  jika kalian memutuskan untuk membeli PSU Andysone, karena memang PSU bawaan casing sangat tidak disarankan. Terdapat slot untuk membaut SSD yang cukup jarang ditemui di casing low budget sehingga menambah fitur pada Casing ini. Dengan harga segitu kalian tentu tak bisa berharap lebih. Namun jika ongkir casing terasa sangat mahal, tetap direkomendasikan untuk membeli casing di kota asal sekitar kalian saja.

BACA JUGA  Bocoran Benchmark AMD Ryzen 3900X Vs Intel Core i9 9900K Yang Hadirkan Kejutan

 

Trus bisa main apa aja selain game Esport ?

 

Salah satu channel youtube yang selalu berkontribusi untuk gamer kekinian adalah Low Spec Gamers, dimana mereka berkutat pada pemotongan kualitas grafis semaksimal mungkin agar game dapat dimainkan secara playable mungkin. Pada kasus kali ini game Doom (2016) bahkan dapat dimainkan dengan 720p 80% internal resolution scaler namun shadow wajib dihilangkan dengan pengaturan pada config, karena shadow memang terasa sangat berat jika dihandle sebuah APU.

FPS yang didapatkan pun tak main-main 40-50 fps dapat dihasilkan dengan mudah membuat game Doom terasa sangat playable. Hasil cukup mengejutkan adalah ternyata Athlon 200GE mampu memainkan Far Cry 5 yang notabene game baru dengan rata-rata FPS 30 yang terhitung sangat playable.


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item