Railway Empire — Strategi Manajemen Transportasi Kereta yang Seru Namun Kompleks


Railway Empire Featured Image
Follow Us

Railway Empire merupakan game manajemen dan simulasi transportasi kereta yang dikembangkan oleh Gaming Minds Studio dan dipublish oleh Kalypso Media Digial. Game ini rilis pada 27 Januari 2018 yang lalu.

Game ini bisa dibilang cukup mirip dengan pendahulunya Railroad Tycoon, dimana tujuan dalam permainan ini adalah membuat koneksi transportasi kereta dari kota yang satu dengan kota yang lain. Tidak hanya saling menghubungkan antar kota, tapi secara tidak langsung kita membantu kota-kota tersebut untuk berkembang dan menjadi yang nomor satu dalam persaingan transportasi kereta.

Railway Empire menawarkan banyak mode permainan yang dapat kamu pilih, seperti campaign atau story yang sedikit menyentuh sejarah perkembangan kereta api, hingga sandbox mode dimana kamu memiliki uang yang tak terbatas, artinya bebas. Kamu juga bisa memainkan game ini pada era-era tertentu dengan jenis teknologi dan lokomotif yang berbeda-beda tentunya. Namun gameplay antar modenya sendiri cenderung sama dan tidak ada perbedaan yang terlalu signifikan.

Berikut ini beberapa fitur-fitur gameplay yang menarik (dan kompleks) yang perlu kamu ketahui.

BACA JUGA  This Is The Police 2 — Kontinuitas yang Lebih Dalam dan Kompleks

Bangun jaringan antar kota dan industri

Railway Empire memiliki 5 map region yang bisa kamu pilih sendiri, dimana setiap mapnya terdapat terrain yang berbeda-beda, seperti map yang penuh dengan hutan dan pegunungan atau bahkan map rata dengan suasana gersang layaknya film-film wild west. Setiap region memiliki banyak kota dan lokasi-lokasi industri yang saling tersebar, dimana bisa saling kita hubungkan dengan jalur kereta.

Railway Empire Line

Railway Empire Network

Setiap kota dapat memiliki hingga 3 pabrik yang bisa dibangun oleh investor ataupun kita sebagai player, sehingga selain mengantarkan kargo, penumpang dan surat, tugas kita lainnya adalah menghubungkan kota dengan supplier sesuai dengan demand yang sebagian besar dipengaruhi oleh pabrik yang terletak di kota tersebut. Barang hasil pabrik ini nantinya juga bisa dikirimkan ke kota-kota yang memiliki demand terhadap barang yang diinginkan.

Setiap kargo ataupun penumpang yang dikirimkan dari satu lokasi ke lokasi lain akan menghasilkan sejumlah uang yang bisa kamu gunakan untuk membeli lokomotif baru ataupun memperkerjakan kru dalam kereta dan juga keperluan lainnya.

BACA JUGA  Dituduh Melakukan Plagiarisme Atas Review Dead Cell, IGN Akhirnya "Pecat" Reviewernya

Perencanaan dan pembangunan jalur kereta api

Railway Empire memberikan kita kebebasan untuk membangun jalur kereta api, sehingga kamu mungkin ingin membuat jalur kereta api yang rapih dan lurus atau ingin sedikit melewati area-area hutan, pegunungan, sungai maupun mengitari danau. Namun pembangunan jalur-jalur ini menggunakan uang yang tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor, sehingga perlu perencanaan yang sedikit matang.

Railway Empire Track

Salah satu faktor yang akan paling sering kamu temui adalah faktor incline, atau mudahnya adalah seberapa terjangnya jalur pendakian yang akan dilewati oleh kereta. Incline ini akan berpengaruh pada kecepatan keretamu sangat mendaki, sehingga mungkin kamu membutuhkan lokomotif yang tepat jika memang melewati jalur yang melewati banyak medan pendakian.

Game ini secara otomatis akan merubah terrain ataupun membuat jembatan seperti yang bisa kamu lihat digambar diatas atau bahkan membuat terowongan demi mendapatkan incline terkecil dari jalur yang akan kamu buat. Merubah terrain, membuat jembatan dan terowongan ini tentunya membutuhkan uang yang tidak sedikit, namun kamu juga bisa mengatur sendiri jalurnya untuk tetap sesuai dengan medannya sehingga harga tetap rendah tapi dengan incline yang lebih tinggi.

BACA JUGA  Tanggal Rilis Construction Simulator 2 Untuk PC dan Konsol Telah Diumumkan

Riset dan dapatkan lokomotif-lokomotif baru

Salah satu hal penting yang harus kamu lakukan dalam game ini adalah menggunakan poin research untuk mendapatkan teknologi yang meliputi perlengkapan dan mekanisme stasiun, hingga lokomotif baru beserta mesin-mesin atau part-part yang menunjang rangkaian kereta yang lebih baik.

Railway Empire Research

Railway Empire Train

Kamu dapat memilih sendiri dari berbagai banyaknya pilihan riset sesuai keinginan atau prioritasmu, seperti ketahanan kereta agar tidak mudah rusak atau perlengakapan-perlengkapan stasiun agar setiap kargo ataupun penumpang yang kamu bawa dapat memberikan keuntungan lebih dan masih banyak lagi. Setiap beberapa poin yang dihabiskan, kamu dapat membuka riset untuk lokomotif, dimana setiap lokomotif pada memiliki desain dan kemampuan yang berbeda-beda; ada yang khusus mengantarakan kargo, kereta express khusus mengantar penumpang dan surat atau bahkan yang seimbang dalam kedua hal.


Like it? Share with your friends!