Review Railway Empire — Strategi Manajemen Transportasi Kereta yang Seru Namun Kompleks

Railway Empire Featured Image

Railway Empire merupakan game manajemen dan simulasi transportasi kereta yang dikembangkan oleh Gaming Minds Studio dan dipublish oleh Kalypso Media Digial. Game ini rilis pada 27 Januari 2018 yang lalu.

Game ini bisa dibilang cukup mirip dengan pendahulunya Railroad Tycoon, dimana tujuan dalam permainan ini adalah membuat koneksi transportasi kereta dari kota yang satu dengan kota yang lain. Tidak hanya saling menghubungkan antar kota, tapi secara tidak langsung kita membantu kota-kota tersebut untuk berkembang dan menjadi yang nomor satu dalam persaingan transportasi kereta.

Railway Empire menawarkan banyak mode permainan yang dapat kamu pilih, seperti campaign atau story yang sedikit menyentuh sejarah perkembangan kereta api, hingga sandbox mode dimana kamu memiliki uang yang tak terbatas, artinya bebas. Kamu juga bisa memainkan game ini pada era-era tertentu dengan jenis teknologi dan lokomotif yang berbeda-beda tentunya. Namun gameplay antar modenya sendiri cenderung sama dan tidak ada perbedaan yang terlalu signifikan.

Berikut ini beberapa fitur-fitur gameplay yang menarik (dan kompleks) yang perlu kamu ketahui.


Bangun jaringan antar kota dan industri

Railway Empire memiliki 5 map region yang bisa kamu pilih sendiri, dimana setiap mapnya terdapat terrain yang berbeda-beda, seperti map yang penuh dengan hutan dan pegunungan atau bahkan map rata dengan suasana gersang layaknya film-film wild west. Setiap region memiliki banyak kota dan lokasi-lokasi industri yang saling tersebar, dimana bisa saling kita hubungkan dengan jalur kereta.

Setiap kota dapat memiliki hingga 3 pabrik yang bisa dibangun oleh investor ataupun kita sebagai player, sehingga selain mengantarkan kargo, penumpang dan surat, tugas kita lainnya adalah menghubungkan kota dengan supplier sesuai dengan demand yang sebagian besar dipengaruhi oleh pabrik yang terletak di kota tersebut. Barang hasil pabrik ini nantinya juga bisa dikirimkan ke kota-kota yang memiliki demand terhadap barang yang diinginkan.

Setiap kargo ataupun penumpang yang dikirimkan dari satu lokasi ke lokasi lain akan menghasilkan sejumlah uang yang bisa kamu gunakan untuk membeli lokomotif baru ataupun memperkerjakan kru dalam kereta dan juga keperluan lainnya.


Perencanaan dan pembangunan jalur kereta api

Railway Empire memberikan kita kebebasan untuk membangun jalur kereta api, sehingga kamu mungkin ingin membuat jalur kereta api yang rapih dan lurus atau ingin sedikit melewati area-area hutan, pegunungan, sungai maupun mengitari danau. Namun pembangunan jalur-jalur ini menggunakan uang yang tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor, sehingga perlu perencanaan yang sedikit matang.

Salah satu faktor yang akan paling sering kamu temui adalah faktor incline, atau mudahnya adalah seberapa terjangnya jalur pendakian yang akan dilewati oleh kereta. Incline ini akan berpengaruh pada kecepatan keretamu sangat mendaki, sehingga mungkin kamu membutuhkan lokomotif yang tepat jika memang melewati jalur yang melewati banyak medan pendakian.

Game ini secara otomatis akan merubah terrain ataupun membuat jembatan seperti yang bisa kamu lihat digambar diatas atau bahkan membuat terowongan demi mendapatkan incline terkecil dari jalur yang akan kamu buat. Merubah terrain, membuat jembatan dan terowongan ini tentunya membutuhkan uang yang tidak sedikit, namun kamu juga bisa mengatur sendiri jalurnya untuk tetap sesuai dengan medannya sehingga harga tetap rendah tapi dengan incline yang lebih tinggi.


Riset dan dapatkan lokomotif-lokomotif baru

Salah satu hal penting yang harus kamu lakukan dalam game ini adalah menggunakan poin research untuk mendapatkan teknologi yang meliputi perlengkapan dan mekanisme stasiun, hingga lokomotif baru beserta mesin-mesin atau part-part yang menunjang rangkaian kereta yang lebih baik.

Kamu dapat memilih sendiri dari berbagai banyaknya pilihan riset sesuai keinginan atau prioritasmu, seperti ketahanan kereta agar tidak mudah rusak atau perlengakapan-perlengkapan stasiun agar setiap kargo ataupun penumpang yang kamu bawa dapat memberikan keuntungan lebih dan masih banyak lagi. Setiap beberapa poin yang dihabiskan, kamu dapat membuka riset untuk lokomotif, dimana setiap lokomotif pada memiliki desain dan kemampuan yang berbeda-beda; ada yang khusus mengantarakan kargo, kereta express khusus mengantar penumpang dan surat atau bahkan yang seimbang dalam kedua hal.

Kalau sebelumnya kita udah lihat beberapa fitur menarik yang cukup mudah dimengerti, sekarang penulis bakal menjelaskan beberapa hal yang bisa dikatakan kompleks namun cukup penting dan perlu dipelajari. Sama seperti pada game-game manajemen pada umumnya, mikromanajemen atau melihat langsung kondisi-kondisi dari kereta beserta krunya, jalur yang dilewati, stasiun-stasiun hingga kompetitor harus kamu perhatikan secara berkala.


Penempatan Signal maupun Supply Tower pada jalur kereta

Tentu kamu nggak ingin mengeluarkan banyak uang dengan memberikan satu jalur untuk satu rangkaian kereta. Sejatinya satu jalur dapat dilewati oleh beberapa kereta sekaligus. Disinilah tiang sinyal berperan sangat penting agar dua kereta berlawanan arah yang menggunakan satu jalur tidak tersendat atau menunggu terlalu lama.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Kamu dapat membuat side track atau jalur samping pada suatu jalur yang sudah ada, dan letakkan tiang sinyal agar salah satu diantara dua kereta dapat menunggu kereta yang satunya lewat di jalur samping tersebut atau sebaliknya. Hal ini perlu dilakukan agar kedua kereta tak berhenti di stasiun yang dapat menyebabkan kedua kereta atau bahkan mencegah kereta lain yang ingin memasuki salah satu stasiun dan menyebabkan kekacauan.

Penulis sendiri masih sering menjumpai permasalahan ini, dimana beberapa kereta berhenti beroperasi karena ada jalur yang dipakai bersamaan. Sehingga perencanaan yang matang benar-benar dibutuhkan dalam membuat jalur kereta dan penempatan signalnya.

Setiap jalur yang dilewati setidaknya membutuhkan satu supply tower yang berfungsi memberikan persediaan seperti bensin, batu bara dan pasir untuk rangkaian kereta tetap beroperasi secara maksimal. Supply tower ini juga bisa berfungsi sebagai pengganti signal, dimana kereta dapat menunggu sekaligus melakukan refill selama tersedia di jalur side track.

Walau kita memang bisa menggunakan lebih dari satu jalur untuk setiap rangkaian kereta, disinilah tantangan yang harus kamu hadapi; membangun jaringan kereta yang efektif dan efisien dengan budget yang terbatas.


Micromanagement pada setiap stasiun asal dan tujuan

Saat menentukan stasiun asal dan tujuan, secara otomatis kereta akan membawa kargo yang menjadi demand tertinggi di kota tujuan. Namun jika ingin lebih spesifik, kamu bisa memilih sendiri kargo yang akan diambil beserta jumlah minimum ataupun maksimum yang dibawa dari stasiun asal.

Misal suatu kota memiliki demand yang tinggi akan baju, maka secara otomatis kereta akan menggunakan semua ruang kargonya untuk baju. Namun kamu bisa mengatur sendiri jumlah maksimal kargo, misalnya baju yang dibawa maksimal hanya 4 kargo, maka sisa ruang kargonya dapat diisi oleh jenis kargo lain yang juga menjadi demand kota tujuan.

Setiap stasiun dapat memiliki hingga 4 peron yang dapat dilewati oleh kereta. Namun rangkaian kereta ini secara otomatis akan memilih peron dengan jalur yang terdekat dari stasiun asal. Hal ini yang juga sering membuat kereta jadi terhambat perjalanannya karena beberapa kereta hanya menggunakan satu peron saja. Maka dari itu, saat menentukan kargo dan jumlah yang dibawa, kamu juga dapat menentukan di peron mana kereta tersebut akan berhenti, sehingga semua peron dapat diisi tanpa kereta harus saling menunggu.


Kompetitor yang akan selalu mengganggumu

Ancaman tidak hanya datang dari rusaknya kereta-keretamu atau penanganan jalur kereta yang kurang baik. Dalam game ini kamu dapat bermain dengan AI lainnya untuk mendapatkan permainan yang lebih menantang.

Karakter-karakter yang tersedia dalam game ini memiliki keunikannya masing-masing, tapi mereka juga bisa menjadi kompetitormu dalam permainan nantinya. Kemampuan untuk membangun jalur kereta dengan harga yang lebih murah, kemampuan untuk mendapatkan poin riset dengan cepat, hingga diskon harga untuk menyabotase kompetitor lainnya.

Walaupun kamu sendiri bebas mau memenangkan permainan dengan cara adil atau sedikit jahat, kompetitor dalam game ini nampaknya cukup ganas untuk membuatmu terhambat dalam melakukan progress. Mereka akan terus menyabotase perusahaan keretamu, seperti merusak kereta, merekrut kru yang telah kita kerjakan, bahkan sabotase industri yang kita miliki.

Namun kamu juga bisa memenangkan hati (membalas) dengan membeli sebagian saham milik mereka. Jika kamu sudah memiliki banyak uang, kamu juga dapat membeli seluruh saham mereka dan mendapatkan akses pada semua jaringan kereta, stasiun dan industri yang mereka miliki.

Kamu tentu tidak perlu khawatir akan hal-hal yang telah dijelaskan sebelumnya, karena sebagian besar hal-hal yang perlu kalian ketahui akan diajarkan lewat tutorial campaign. Sekarang penulis akan berikan beberapa hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu agar kamu bisa mempertimbangkan untuk memainkan game ini atau tidak.


Tidak bisa lanjut ke era berikutnya

Yang sangat disayangkan pada game ini adalah kamu tidak bisa lanjut ke era selanjutnya untuk mengakses teknologi-teknologi baru maupun lokomotif-lokomotif baru. Ketika semua teknologi pada era yang kamu mainkan sudah terbuka semua, maka tugasmu hanya melakukan tugas-tugas yang diberikan dan jadi pemenang diantara para kompetitormu.

Permainan terkesan berulang-ulang

Seperti game-game manajemen pada umumnya, setelah mengetahui formula-formula yang tepat, permainan akan cenderung dilakukan berulang-ulang. Dalam game ini sendiri kamu mungkin akan melakukan hal yang sama berkali-kali ketika sudah menemukan cara untuk mendapatkan profit yang banyak.

Grafis yang bagus namun tidak membutuhkan spesifikasi yang terlalu tinggi

Pada PC penulis sendiri sangat jarang terjadi FPS drop walau grafis yang ditawarkan game ini sangat indah dan sangat terasa atmosfir industri dan transportasi kereta. Berikut adalah spesifikasi yang dibutuhkan untuk memainkan Railway Empire yang diambil dari halaman Steam.

Minimum:

    • Requires a 64-bit processor and operating system
    • OS: Windows 7 SP1 or Windows 8.1 or Windows 10 (64bit versions)
    • Processor: Intel Core i5 750 @ 2.6 GHz or AMD Phenom II X4 @ 3.2 GHz
    • Memory: 4 GB RAM
    • Graphics: nVidia GeForce GTX460 or AMD Radeon HD5870 (2048MB VRAM with Shader Model 5.0)
    • DirectX: Version 11
    • Storage: 7 GB available space
    • Sound Card: DirectX Compatible Sound Card with latest drivers

Recommended:

    • Requires a 64-bit processor and operating system
    • OS: Windows 7 SP1 or Windows 8.1 or Windows 10(64bit versions)
    • Processor: Intel Core i5 2400s @ 2.5 GHz or AMD FX 4100 @ 3.6
    • Memory: 8 GB RAM
    • Graphics: nVidia GeForce GTX 680 or AMD Radeon HD7970 or better (2048MB VRAM or more, with Shader Model 5.0)
    • DirectX: Version 11
    • Storage: 7 GB available space
    • Sound Card: DirectX Compatible Sound Card with latest drivers

Kesimpulan

Game ini tentunya cocok buat kamu yang tertarik memainkan game-game simulasi, tycoon maupun manajemen, seperti game Sim City, Cities Skylines, Prison Architect, atau game-game lainnya yang memang fokus pada permainan mikromanajemen. Walaupun terkesan kompleks, namun semua hal tersebut menjadi simpel kalau kamu sudah mempelajarinya.

Game-game seperti ini sekali-kali harus kamu mainkan, tidak terus-terusan bermain game dengan konten yang penuh dengan kekerasan. Karena selain memberikan hiburan, game seperti ini secara tidak langsung memberikan manfaat edukatif dan positif.

 

Railway Empire dapat kamu mainkan untuk PC via Steam dan PS4 serta Xbox via store masing-masing. Untuk versi PC dan region Indonesia, kamu bisa mendapatkan game ini dengan harga yang cukup murah.

Exit mobile version