Rakit PC Gaming 1 Juta, Masih Kuat Diajak Genshin Impact

Pc Gaming 1 Juta

Alokasi dana terbatas biasanya akan halau seseorang ketika akan merakit sebuah komputer. Kebetulan, rekan penulis (nama disamarkan) memberi masukan kepada penulis untuk coba membuat rakitan atau build sebuah PC Gaming 1 Juta.

Tentunya, hal ini cukup menantang dan tricky untuk penulis cari, karena umumnya rekomendasi komponen tersebut akan benar-benar terbatas. Mau tidak mau, semua komponen terbatas pada komponen bekas dan cukup berumur.

Terakhir kali penulis coba membuat Harga PC Gaming yang benar-benar murah masih ada di bawah 3 Jutaan Rupiah yang dapat kalian baca di sini. Meski demikian, penulis akhirnya sukses temukan kombinasi komponen dalam merakit sebuah PC Gaming Murah di 1 Juta Rupiah.

Rekomendasi Komponen PC Gaming 1 Juta untuk Main Game

Modal 1 Juta Rupiah tampaknya tak hentikan niat para gamer untuk dapat mainkan game. Di bawah ini adalah rekomendasi komponen PC Gaming 1 Juta yang masih bisa diajak mainkan game:

1. Prosesor – Intel Core i3-3240 (IDR 130.000)

Untuk memudahkan kita dalam menjalankan aplikasi rumahan termasuk game, tentu saja kita harus memilih prosesor yang sekiranya bisa kita andalkan. Dalam build PC Gaming Murah di bawah 1 Juta, penulis memilih prosesor kubu biru Intel Generasi Ke-3, alias Intel Core i3-3240 yang cukup kuat untuk build ala kadarnya.

Spek detilnya bisa kalian cek di sini

Menawarkan 2 core dan 4 thread yang tentunya sudah cukup untuk dapat menjalankan aplikasi dan game tanpa harus takut stutter. Untuk banderolnya pun cukup murah dan tentunya cukup mudah untuk brott temukan di marketplace.

2. Motherboard – HP Pro 3330MT (IDR 200.000)

Salah satu motherboard yang bisa kita manfaatkan untuk merakit komputer murah meriah tentunya memanfaatkan komponen bekas dari komputer rakitan branded semacam Hewlett Packard (HP).

Copotan dari komputer rakitan branded nih

Tentunya, motherboard ini dapat ditempati oleh prosesor dual-core tersebut tanpa kendala. Toh, konsumsi daya dari prosesoer tersebut hanya di kisaran 50-an Watt, sudah pasti takkan memberatkan si motherboard itu sendiri.

3. RAM – Samsung DDR3 2x4GB PC12800 alias 1.600MHz (160.000)

Rakitan PC Gaming Murah nan meriah ini harus ditambahkan memori cukup besar yang setidaknya masih masuk di standar zaman now. Untuk dapat menjalankan aplikasi dan game yang sekelas Genshin Impact, kita membutuhkan dua memori berkapasitas 4GB.

Contoh RAM DDR3 dari Samsung

Kecepatan atau speed modul memori DDR3 takkan berikan efek masif. Justru, kapasitas memori lebih besar akan memberikan dampak yang lebih masif ketimbang memori yang memiliki kecepatan kilat.

4. Penyimpanan – HDD 3.5” WD Blue 500GB (IDR 105.000)

Demi menekan alokasi dana supaya tak lebih dari 1 Juta Rupiah, brott semua diharuskan untuk memakai media penyimpanan hardisk konvensional. Kapasitas 500GB tampak ideal untuk temani komputer yang akan dipakai untuk produktivitas dan gaming.

HDD 500GB udah lega lah

Alternatif lain yang dapat kalian coba adalah dengan mencari SSD bekasan, namun kami merasa hal tersebut akan cukup sulit dicari. Hal ini dikarenakan masih banyak yang memakai SSD kapasitas seadanya untuk sistem operasi, yang tentu agak sulit bila harus diisi game sekelas Genshin Impact meski pada dasarnya bisa.

5. VGA – AMD Radeon R7 240 2GB DDR5 (IDR 300.000)

Untuk menopang kemampuan dari PC Gaming Murah tersebut, tentunya kita harus menanamkan VGA dengan kemampuan memadai. Dari semua opsi yang tersedia, VGA dari kubu merah AMD, Radeon R7 240 2GB DDR5 diyakini penulis dapat menjalankan game sekelas Genshin Impact atau GTA V.

VGA andalan penulis di tahun 2014 untuk main Paladins di 1080P max

Sebenarnya, alasan di balik penulis tak menyarankan NVIDIA GT 730 adalah dikarenakan kemampuan dari VGA tersebut tak terlalu memadai. Untuk menambah referensi, penulis sempat memiliki dua VGA tersebut (R7 240 dan GT 730), dan kubu merah masih sedikit lebih superior dan affordable.

6. Case dan PSU – Merk Random (IDR 75.000)

Demi menekan dana sampai di bawah 1 Juta Rupiah, mau tidak mau kita harus mencari case dan power supply bekasan merk random, entah dari warnet, atau bekas kantoran. Hal ini tidaklah mustahil, dan tidaklah susah ditemukan, karena ada saja yang menjual komponen tersebut di daerah sekitarmu.

Bekas warnet atau bekas kantoran, yang penting yakin

Penulis menyarankanmu untuk membersihkan case dan power supply tersebut sebelum akhirnya ditanamkan komponen, karena bisa saja ada akumulasi debu yang tersisa, dan berpotensi untuk membuatmu sakit. Selain itu, power supply bawaan sudah cukup, toh speknya cukup hemat daya.

7. HSF dan Fan Case – Copotan Intel (IDR 20.000)

Hal terakhir saat kita akan merakit PC Gaming 1 Juta ialah menentukan heatsink fan termasuk fan case. Alokasi dana tersisa penulis rekomendasikan untuk dibelikan heatsink (bila tidak disertakan dalam paket pembelian), atau fan case untuk sirkulasi udara yang lebih baik, memastikan komponen di dalam case takkan panas.

Opsi murah meriah tapi bisa lah ya

Bila heatsink untuk prosesor disertakan, alokasikan sisa dana tersebut untuk membeli fan case setidaknya dua unit, satu untuk intake, satu untuk exhaust. Kipas intake untuk memasukkan udara, dan kipas exhaust untuk membuang akumulasi panas dihasilkan komputer saat bekerja.

Bonus: Apakah PC Gaming Murah Meriah Itu Worth It?

Menurut penulis, hal itu bersifat relatif. Bisa saja ada yang tertarik untuk memainkan game tertentu, atau sekadar ingin memiliki komputer untuk bahan belajaran sebelum membeli komponen gahar di kemudian hari.

Faktanya, dewasa ini kehadiran komputer di keseharian kita kian dibutuhkan. Entah itu untuk print atau scan dokumen, yang tentunya tak akan bisa dilakukan oleh smartphone semata. Meski ada printer wireless, biasanya harganya cukup mahal, bahkan beberapa kali lipat dari rakitan komputer murah meriah ini.

Nah, sebelum tutup artikel ini, tahun lalu penulis coba prosesor Intel G3220, memori 2x2GB, dan GT 730 2GB DDR5 untuk memainkan Genshin Impact pada resolusi 720P, dan ternyata masih bisa menjalankannya tanpa masalah di lowest dan dapatkan 30-an FPS ke atas. Jadi, kemampuan dari R7 240 2GB DDR5 takkan jauh beda dari kompetitornya.

Gimana brott, tertarik untuk merakitnya?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version