RAM DDR5 Miliki Kecepatan Dua Kali Lipat dari DDR4, Segera Tuju Pasar Tahun 2019 Mendatang

in ,
Memori kecepatan tinggi akan segera hadir.

Generasi PC saat ini telah memiliki standarisasi RAM (Random Access Memory) generasi DDR4 (Double Data Rate 4) dengan kecepatan transfer data lebih cepat dari generasi sebelumnya. Hal ini membuat PC menjadi lebih cepat mengatasi beberapa pekerjaan berat seperti membuka software berat seperti software editing, membuka .rar dengan ribuan file di dalamnya dengan lebih cepat, atau bermain game sembari membuka software berat lain. Namun, dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat seperti saat ini, tak heran rasanya apabila teknologi PC akan berkembang sangat pesat 1-5 tahun kedepan setelah teknologi baru dirilis. Misalnya saja seri terbaru GPU yang muncul beberapa bulan setelah GPU varian baru dirilis, atau CPU intel Kaby Lake untuk desktop PC yang dirilis dua tahun setelah Skylake dirilis tahun 2015. Begitu pula dengan teknologi RAM yang sepertinya akan segera memasuki standarisasi generasi baru beberapa tahun kedepan.

Dilansir dari PC Gamer, sebuah perusahaan pembuat memory bernama Rambus umumkan bahwa mereka saat ini memiliki prototipe RAM DDR5 DIMM (Dual In-line Memory Module). Luc Seraphin sebagai senior Vice President dan General Manager dari Rambus mengatakan bahwa prototipe tersebut mampu menjadi standarisasi kecepatan yang dibutuhkan oleh generasi RAM berikutnya yaitu DDR5. Ia juga menambahkan bahwa proses big data analysis dan machine learning akan menjadi kunci berkembangnya generasi DDR5.

Perusahaan yang biasa menentukan standarisasi teknologi, Joint Electronic Devices Engineering Council (JEDEC) saat ini masih belum merampungkan standarisasi RAM DDR5. Menurut mereka, memory DDR5 akan memiliki kecepatan dua kali lebih cepat dibanding DDR4, dengan kecepatan 6.4Gb/s dari standar DDR4 yaitu 3.2Gb/s. Bandwidth yang dihasilkanpun juga lebih besar, dari 25.6GB/s menjadi 51.2GB/s.

Mereka juga mengatakan bahwa frekuensi DDR5 akan miliki frekuensi 4800MHz, tidak begitu jauh dari frekuensi memory DDR4 terbaru seperti RAM buatan Corsair dan G.Skill dengan frekuensi tertingginya 4600MHz. JEDEC menambahkan, kemungkinan RAM DDR5 akan hadir tahun 2019 mendatang untuk versi server, sementara untuk desktop akan dirilis beberapa waktu setelah versi servernya dirilis.

Jika DDR5 RAM benar-benar dirilis, tentunya hal ini akan menambah performa PC-mu baik performa dalam mengatasi multi-tasking, hingga gaming. Kita tunggu saja beberapa tahun kedepan.

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Japanese related video games articles. I have no friends. Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below.