Ramai Tokopedia Naikkan Biaya Layanan dan Aplikasi untuk Tiap Transaksi

Tokopedia Naikkan Biaya Layanan Dan Aplikasi

Tokopedia Naikkan Biaya Layanan – Tidak dapat kita pungkiri, kehadiran e-commerce di dunia digital akan makin dibutuhkan ke depannya untuk memudahkan kehidupan lifestyle zaman now. Banyak sekali cara dilakukan untuk menghadirkan kemudahan untuk buyer di luar sana, termasuk di antaranya melalui promo, cashback, dan tentunya free ongkir.

Kali ini, salah satu e-commerce terbesar, menambahkan biaya layanan pada aplikasinya, yang kini menjadi perbincangan yang cukup hangat di kalangan buyer dan seller di tanah air.

Tokopedia Naikkan Biaya Layanan dan Aplikasi, Semua demi Meningkatkan Pelayanan

Informasi terkait Tokopedia naikkan biaya layanan yang awalnya menjadi perbincangan hangat, kini tuai pro kontra, setidaknya di media sosial Twitter. Hal ini dikarenakan e-commerce tersebut menerapkan biaya layanan secara tiba-tiba per 2 Mei 2023.

Diterapkannya penambahan biaya layanan pada platform jual-beli tersebut telah dikonfirmasi oleh Ekhel Chandra Wijaya, selaku Head of Corporate Affairs Tokopedia. Di mana Ekhel katakan bahwa penambahan biaya layanan dan aplikasi demi meningkatkan sistem dan kenyamanan konsumen saat bertransaksi.

Ia meneruskan, penambahan biaya tersebut tidak akan dipukul rata untuk semua produk yang bisa dibeli konsumen. Di antaranya produk digital, zakat, donasi, yang tak akan dibebankan penambahan biaya.

Untuk besaran penambahan biayanya pun cukup variatif. Yaitu mulai dari 2.000 perak per transaksi sampai 1 Juta Rupiah, dan sampai 3.000 perak per transaksi di atas 1 Juta Rupiah. Berarti, kenaikan tersebut mencapai dua ratus persen dari sebelumnya yang hanya 1.000 perak untuk tiap transaksinya.

Pihak Tokopedia pun menambahkan, penjual tidak akan dikenakan biaya jasa aplikasi saat melakukan transaksi pembelian fitur tertentu, maupun bila melakukan transaksi melalui mitra terkait. Namun, bila penjual melakukan pembelian, maka akan dihitung sebagai pembeli, dan akan dikenakan biaya layanan dan aplikasi.

Respon Warganet Terkait Biaya Layanan Tokopedia

Sudah bukan rahasia umum lagi bila kita melihat akan ada pro dan kontra saat biaya layanan Tokopedia dinaikkan. Di Twitter contohnya, ada banyak sekali pro dan kontra terkait penambahan biaya pada e-commerce-nya:

“Dan tidak ada kompensasi pengganti untuk konsumen. Promo bebas ongkir aja ga bisa milih kurir. Padahal, sebenarnya tidak gratis, karena sebagian biaya dibebankan kepada penjual. Alhasil, penjual mau tidak mau harus menaikkan harga barang yang dijualnya. Kesimpulannya, ujung-ujungnya pembeli yang harus menanggung semuanya.” – HannyHart

“Gua udah lama gak belanja di Tokopedia semenjak kita harus bayar ongkir. Kangen bebas ongkir, nih.” – YoungYubuch

Di sisi lain, salah satu sudut pandang menarik diutarakan, yang mana cuitannya dapat kalian lihat di bawah:

“Yaudah. Kalau kalian tidak berkenan dengan penambahan biaya aplikasi, beli offline aja. Kalian harus menghitung waktu dan tenaga buat keluar rumah, dan keliling hanya untuk mencari barang yang kalian mau. Belum uang bensin, parkir, kantong belanja, yang kalau kalian pikir dengan kepala dingin, lebih mahal dari biaya admin.” – PetitePille

“Gue cuma mau ingetin kalo e-commerce manapun pasti ada masanya selesai bakar duit, termasuk admin fee.” – CxxramelMilkTea

Itulah dia respon warganet terkait e-commerce tanah air yang menaikkan biaya layanan dan transaksinya. Gimana menurut brott sendiri, apakah dengan dibebankannya biaya layanan tersebut juga menyurutkan minat kalian dalam membeli barang secara online? Yuk, share komentar kalian!


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version