Rating Game Balatro Diganti Jadi Dewasa di Eropa, Ada Apa?

Rating Game Balatro

Balatro merupakan game roguelike kartu yang belakangan ini cukup populer dengan gameplay menarik menggabungkan roguelike dan juga poker. Namun ternyata ada sedikit kendala mengenai status rating gamenya.

Rating Game balatro di beberapa bagian dunia sejak perilisannya telah berubah. Berubahnya rating usia tersebut menyebabkan versi konsol dari game ini telah dihapus dari beberapa store. Ada apa?

Alasan Rating Game Balatro Diganti Jadi Dewasa

Pesan Dari Publisher

Baru-baru ini, publisher game kartu ini yaitu Playstack mengunggah pesan melalui akun Twitter resmi mereka. “kami mengetahui bahwa Balatro telah dihapus sementara dari penjualan di beberapa store konsol di berberapa negara yang artinya konsumen baru tidak akan dapat membelinya”, ungkap publisher tersebut.

“Saat ini, kami tidak dapat mengestimasi dengan penuh percaya diri store mana yang akan menghapus game, namun harapan kami ini hanyalah sebagian kecil dari store yang akan terkena dampaknya”, lanjut pesan tersebut.

Beberapa store yang terkena diketahui merupakan store Nintendo Switch di negara-negara Eropa dan Australia. Namun tentunya untuk para pengguna PC masih tidak terpengaruh karena menurut publisher tersebut PC akan tetap tersedia termasuk store Steam.

Menurut sang publisher, Hal ini terjadi karena “perubahan mendadak terhadap rating usia Balatro dari 3+ menjadi 18+ atau dewasa dari dewan rating tanpa peringatan terlebih dahulu dikarenakan kesalahpahaman mengenai game mengandung unsur perjudian dan materi yang mengarahkan ke hal tersebut.

“Balatro tidak mengizinkan ataupun mendorong perjudian. Dan kami pada dasarnya percaya bahwa keputusan rating ini tidak berdasar”, lanjut PlayStack. “Balatro dikembangkan oleh seseorang yang anti perjudian, dan secara seksama memastikan bahwa game tidak menghadirkan mekanik perjudian dalam bentuk apapun”.

Respon Developer Mengenai Perubahan Rating

Developer Juga Berikan Respon

Developer Game tersebut yaitu LocalThunk juga memberikan respon mengenai perubahan rating ini pada akun Twitter Resmi mereka. “Saya tidak membenarkan perjudian (mempertaruhkan sesuatu yang berharga demi kejadian yang tak pasti) ataupun saya percaya bahwa Balatro mengandung unsur perjudian”. ungkapnya.

“Saya memang menambahkan mekanik resiko dan keuntungan serta RNG(Random Number Generation) ke Balatro, namun ini adalah mekanik inti dari genre tersebut secara keseluruhan”, lanjut LocalThunk.

Diketahui juga bahwa mengapa beberapa store menghapus game tersebut dari penjualan karena sistem otomatis yang membatasi transaksi game-game yang mengandur unsur perjudian terutama untuk region Eropa yang cukup ketat mengenai unsur tersebut.

Hingga saat ini, masih belum diketahui status rating game kartu ini kedepannya serta kapan game dapat kembali berada di store-store yang telah menghapus game tersebut. Dan sepertinya publisher harus mengurus prosedur rating kembali karena hal ini.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Berita atau artikel lainnya dari Javier Ferdano. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version