Review Razer Hammerhead Hyperspeed PlayStation Edition — TWS Gaming untuk PlayStation dengan Fitur Komplit

Razer Hammerhead Hyperspeed

Razer Hammerhead Hyperspeed PlayStation Edition – Bermain game di zaman sekarang membutuhkan kenyamanan ekstra. Sudah berlalu era dimana kita mencolok berbagai kabel baik itu headset, earphone, atau peripheral audio lainnya. Di tahun 2023, wireless audio sudah menjadi hal yang wajib kalian miliki meskipun bermain game sekalipun.

Tidak hanya wireless headset, TWS kini juga bisa jadi pendamping kalian dalam memainkan game. Bentuk yang lebih ringkas dan tanpa kabel ini pun menjadikan pengalaman bermain game lebih disukai gamer kasual maupun competitive sekalipun. Terlebih bagi kalian yang berniat memainkan game di konsol Sony terbaru yaitu PlayStation 5. Razer punya jawaban tepat untuk semua itu.

Razer mengeluarkan sebuah TWS gaming Hammerhead baru, kini lebih dioptimalisasikan untuk penggunaan pada konsol PlayStation 5. Hadirkan fitur khas Razer yaitu Hyperspeed membuat kalian bisa mengucapkan selamat tinggal pada yang namanya delay.

Kali ini kami berkesempatan mencoba produk terbaru True Wireless Stereo dari Razer. Seperti apa pengalaman kami menggunakan TWS ini. Mari kita kupas bersama dalam artikel review Razer Hammerhead Hyperspeed PlayStation Edition.

Unboxing dan Spesifikasi Razer Hammerhead Hyperspeed PlayStation Edition

Isi kotak dari TWS terbaru dari si hijau

Membawa embel-embel For PlayStation menjadikan kotak pembungkusnya punya warna berbeda. Seakan menyamakan dengan warna konsol Sony, kotak Hammerhead Hyperspeed didominasi oleh warna putih dan biru. Terdapat juga logo PlayStation Official Licensed Product yang menandakan kalau mereka memang bekerja sama resmi dengan Sony.

Bagian belakang kotak berisikan fitur unggulan yang dihadirkan oleh Hammerhead Hyperspeed ini. Seperti dukungan teknologi ANC atau Active Noise Cancellation, mikrofon dengan teknologi ENC, baterai yang tahan hingga 32 jam pemakaian, tampilan Razer Chroma RGB, serta fitur unggulan mereka Bluetooth 5.2 dan dongle wireless transceiver.

Di dalam kotak  kalian akan menemukan sepasang TWS dalam charging case berwarna putih, kabel charging USB Type-C, dua pasang eartips dengan ukuran berbeda, dan wireless receiver untuk mengkoneksikan TWS ke PlayStation 5.

Bentuk TWS ini memanjang dan memiliki tangkai. Mengingatkan kita pada produk yang sudah biasa kita lihat di pasaran. Namun, tingkat premium TWS ini benar-benar jauh diatas rata-rata. Finishing glossy yang mirip ceramic ini pun terasa licin di tangan dipadukan dengan tekstur case berjenis matte.

Sound Profile

Mode equalizer yang bahkan cocok untuk gaming

Meskipun sejatinya merupakan TWS gaming, kita tidak bisa meremehkan kualitas suara yang dihasilkan Hammerhead. Profil suara yang dihasilkan memang masih terdengar V-shape, cenderung mengarah ke warm namun kuantitas bass-nya tidak over dan masih cocok untuk mendengarkan lagu.

Ketika penulis mencoba mendengarkan lagu Hotel California dari band Eagles, suara gitar akustik terdengar sangat jelas di setiap petikannya. Suara vokal juga terdengar agak mundur dengan kuantitas bass yang cukup besar namun tidak mengganggu bagian mid. Kalian juga bisa tweak sendiri equalizer sesuai preferensi melalui aplikasi Razer Audio.

Overall TWS ini sudah sangat menggambarkan harga yang dipatoknya. Separasi suara cukup baik dengan staging yang lumayan luas. Jadi bukan masalah untuk memainkan game FPS yang membutuhkan keakuratan arah datangnya suara tembakan dan foot step

Fitting

Fitting yang benar-benar pas di kuping penulis

Fitting untuk Hammerhead Hyperspeed ini pun sebenarnya hampir mirip dengan TWS Razer pada umumnya. Bentuk eartips-nya yang agak lonjong membuatnya tidak gampang lepas dari kuping. Jadi kalian yang cukup lasak ketika memainkan game tidak perlu khawatir TWS ini lepas tiba-tiba.

Razer juga menyediakan 2 pasang eartips yang berbeda ukurannya. Jika yang terpasang adalah ukuran medium dan kalian merasa terlalu besar atau kecil, terdapat eartips ukuran small dan large yang bisa kalian ganti.

Konektivitas

Disediakan dongle wireless 2,4GHz untuk konsol PlayStation 5

Bagian paling menarik dari TWS ini adalah konektivitasnya. Bukan soal Bluetooth 5.2 yang punya range dan efisiensi daya yang baik. Melainkan soal dongle 2,4GHz yang turut disematkan dalam paket penjualan.

Razer menamakan teknologi ini Hyperspeed. Tentunya seperti produk Razer lain yang menggunakan penamaan serupa, terdapat sebuah dongle untuk mengkoneksikan TWS ini tanpa menghadirkan delay

Penulis juga mencoba memasangkan perangkat TWS ini dengan konsol PS5. Hasilnya ternyata benar sesuai klaim dari Razer. Penulis tidak merasakan adanya delay yang berarti ketika mencoba memainkan game di konsol PlayStation 5.

ANC dan ENC

Dukungan ANC dan ENC mic

Salah satu fitur unggulan yang ada di TWS premium adalah ANC atau Active Noise Cancellation yang bertugas mengurangi suara luar. Setelah penulis coba, memang suara ambient bisa dikurangi hingga tidak begitu terdengar lagi. Meskipun pada pengetesan penulis hanya mencobanya di dalam ruangan ber-AC dengan suara mesin PC dan konsol PS5.

Hadirnya fitur mic dual ENC atau Environmental Noise Canceling juga membuat suara yang dihasilkan mic terasa crisp dan tidak terganggu oleh suara latar. Jadi kalian bisa melakukan voice call secara jernih dan tidak membuat teammates kalian kebingungan.

Daya Tahan Baterai

Diklaim mampu bertahan sekitar 30 jam

Fitur yang lengkap tentu butuh juga daya tahan baterai yang mumpuni. Tidak seru rasanya jika kita harus sering-sering nge-charge si TWS karena kehabisan baterai. Mereka mengklaim jika dalam satu kali charge bisa digunakan hingga 6,5 jam full charge dan 32,5 jam total baterai terhitung case. Kondisi itu bisa dicapai bila lighting off dan ANC juga off.

Penulis sendiri bisa mendapatkan rata-rata 4-5 jam pemakaian dengan kondisi bervariatif, kadang hidupkan ANC, kadang off. 

Razer Audio App

Aplikasi Razer Audio yang cukup intuitif

Seperti biasa, kalian bisa customize RGB lighting pada TWS kalian dengan aplikasi bawaan yang bisa kalian download di Play Store atau App Store. Selain memperkeren tampilan TWS kalian agar terasa lebih gaming lagi, Razer Chroma juga bisa memberikan efek cahaya ketika mendengarkan lagu.

Terdapat 4 pilihan mode lighting mulai dari audio meter yang menyesuaikan lagu, breathing, spectrum yang berganti warna, hingga static yang menampilkan satu warna saja.

Verdict TWS Gaming dari Razer

Terbaca di konsol PlayStation 5

Sejujurnya fitur yang ditawari Razer dalam TWS-nya kali ini benar-benar terasa komplit jika kalian ingin menggunakannya untuk gaming. Dukungan low latency dan dioptimalisasi untuk PlayStation menjadi nilai plus. Ditambah dengan ANC dan ENC menjadikannya terkesan premium.

Suara yang jernih juga menjadikan pengalaman mendengarkan lagu tidak kalah dari TWS non-gaming sekalipun. Jadi penulis bisa dengan sangat gampang merekomendasikan Razer Hammerhead Hyperspeed ini untuk kalian yang sedang mencari pendamping konsol PlayStation 5.

Satu-satunya kekurangan yang penulis rasakan hanya body yang licin membuatnya susah dikeluarkan dari case. Ditambah dengan warna putih pada case mungkin akan cepat kotor bila tidak dijaga dengan baik.

jadi itulah review singkat dari TWS Razer Hammerhead Hyperspeed edisi PlayStation. TWS gaming super komplit ini akan hadir secara resmi di marketplace Razer Flagship Store di Indonesia.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version