Referensi Final Fantasy IX di FFXIV Dawntrail Adalah Rahasia, Pertanda Remake?

Final Fantasy IX FFXIV Dawntrail

Final Fantasy IX FFXIV Dawntrail – Pada acara PAX 2024, Square Enix turut memeriahkan acara dengan membagikan informasi baru ekspansi Final Fantasy XIV Downtrail. Pengumuman tersebut turut menghadirkan Naoki Yoshida atau Yoshi-P sebagai pembicara.

Ternyata adanya referensi Final Fantasy IX di FFXIV Dawntrail disebut sebagai rahasia. Apakah ini pertanda remake?

Referensi Final Fantasy IX di FFXIV Dawntrail Disebut sebagai Rahasia oleh Naoki Yoshida

Kenapa disebut sebagai referensi rahasia?

Informasi ini sedang heboh menjadi perbincangan para penggemar Final Fantasy. Itu karena mereka menemukan informasi yang bisa menjadi indikasi kalau Final Fantasy IX Remake bisa jadi dibuat oleh Square Enix.

Semua ini berawal dari pengumuman yang diungkap oleh Naoki Yoshida ketika dia membagikan informasi terkait ekspansi Final Fantasy XIV Downtrail, seperti jadwal rilis, konten, dan lainnya. Termasuk juga hadiah pre-order berupa in-game item dalam game nanti berupa minion Zidane, Garnet, dan lainnya.

Beneran dibuat, please…

Pada saat pengumuman item tersebut, Yoshi-P mengatakan kalau Gamer mungkin menyadari ada banyak referensi FFIX di ekspansi baru kali ini. Dia menyebut kalau alasan banyaknya referensi tersebut adalah sebuah rahasia.

Kalian mungkin menyadari banyak referensi Final Fantasy IX di sini…. Alasannya adalah sebuah rahasia.”

Naoki Yoshida

Pertanda Lainnya Final Fantasy IX Remake Bakal Dibuat?

Pernyataan dari Yoshi-P membuat banyak Gamer terlebih penggemar Final Fantasy langsung merasa curiga maksud dari kata ‘rahasia’. Meski belum bisa dikonfirmasi secara resmi, namun Gamer menduga kalau pernyataan dari Yoshi-P bisa menjadi indikasi kalau Square Enix ada rencana membuat Final Fantasy IX Remake.

Keberadaan game FFIX Remake ini mulai banyak rumor bermunculan di internet dalam beberapa waktu terakhir. Semua ini bermula dari bocoran informasi NVIDIA GeForce yang sempat menyinggung adanya FFIX Remake.

Sejak saat itu, sedikit demi sedikit keberadaan game tersebut mulai terungkap berdasarkan banyak petunjuk yang ada. Misalnya saja Toshiyuki Itahana selaku Character Designer FFIX sempat menyebutkan kalau dia sedang mengerjakan proyek game yang tidak bisa dia sebutkan saat itu.

Lalu ada seorang Leaker yang menyebutkan FFIX Remake masih sedang dikerjakan. Dan terakhir bagaimana Leaker lain mengatakan kalau game Remake dari FFIX akan dibuat seperti versi aslinya.

Final Fantasy IX

Semua rumor yang telah beredar di internet sampai sekarang belum ada konfirmasi resmi dari Square Enix. Bahkan pernyataan dari Yoshi-P baru-baru ini masih sebatas spekulasi saja yang ditangkap oleh Gamer ketika mendengar kata ‘rahasia”.

Itulah informasi mengenai Naoko Yoshida ungkap referensi Final Fantasy IX di FFXIV Dawntrail disebut sebagai rahasia. Mari kita tunggu saja konfirmasi resmi dari Square Enix apakah FFIX beneran dibuat versi remake atau tidak.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Final Fantasy IX atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version