25 Game Simulasi yang Harus Kamu Coba

21545100
Beberapa game di dalam daftar ini  bahkan dapat dinikmati melalui smartphone.

Simulasi merupakan salah satu genre game yang seru untuk dimainkan. Di dalam game simulasi, kamu dapat menjadi apa saja yang diinginkan. Misalnya kamu dapat menjadi seorang pilot melalui Flight Simulator, menjadi masinis dalam Train Sim, berkeluarga dan memiliki rumah impian dalam The Sims, serta masih banyak lagi.

Selain yang telah disebutkan di atas, masih terdapat banyak game-game simulasi lainnya yang cocok untuk menemani kamu “membunuh” waktu. Apa sajakah game itu? Kami telah membuat daftar rekomendasi 25 game simulasi yang harus kamu coba di bawah ini. Tanpa perlu panjang lebar, berikut ini adalah daftarnya:

1. Euro Truck Simulator 2

Developer       : SCS Software

Tahun Rilis     : 2012

Euro Truck Simulator 2 atau yang dikenal dengan ETS2 merupakan game simulasi mengemudikan truk. Di dalam game ini kamu akan ditugasi untuk mengantarkan barang-barang ke negara-negara di Benua Biru menggunakan truk.

Kamu memiliki kendali penuh atas truk yang dikemudikan layaknya mengemudi sungguhan. Seperti menyalakan whiper, headlight, membunyikan klakson, serta masih banyak lagi. Kamu bisa menyalakan radio bila jenuh di tengah permainan.


2. Spintires

Developer       : Oovee® Game Studios

Tahun Rilis     : 2014

Hampir sama dengan ETS, bedanya game ini sedikit lebih menantang. Karena kamu akan mengemudikan truk bukan melalui jalanan mulus beraspal. Melainkan melewati tanah yang bergelombang dan berlumpur. Kamu juga harus berhati-hati agar tidak merusakkan kendaraan atau kehabisan bahan bakar.


3. BeamNG.drive

Developer       : BeamNG

Tahun Rilis     : 2012

Apakah kamu menyukai game menyetir mobil? Apabila demikian, BeamNG.drive akan sangat cocok untukmu. Game ini menawarkan gameplay berbeda dari game bertema mobil kebanyakan yang fokus pada balapan. Banyak kegiatan lain yang dapat dilakukan. Seperti melakukan pengejaran menggunakan mobil polisi atau melakukan stunt. Physics dari game ini telah dibuat sedemikian rupa sehingga tiap hantaman yang terjadi pada mobil terlihat sangat realistik.

Saat ini, BeamNG.drive masih memasuki tahap early acces di Steam. Meski begitu, tetap layak untuk dicoba karena masih banyak update konten yang dijanjikan oleh sang developer.


4. Train Sim World®: CSX Heavy Haul

Developer       : Dovetail Games

Tahun Rilis     : 2017

Mengemudi di jalan terlalu mudah bagimu? Ingin yang sedikit lebih menantang lagi? Mungkin game ini adalah jawabannya, kamu diberi tanggung jawab untuk berada di belakang kemudi lokomotif kereta api.

Meski berada di atas rel dan hanya perlu berjalan maju atau mundur saja, mengemudikan kereta dengan benar tentu menjadi hal yang cukup rumit. Karena seperti yang kamu tahu, dashboard lokomotif dan mobil berbeda bukan? Terdapat lebih banyak tombol dan tuas dengan fungsinya masing-masing, dan semuanya ada dalam game ini.


Masih kurang menantang juga? Nomor selanjutnya harusnya lumayan menantang bagimu, kecuali kamu seorang pilot.


5. Microsoft Flight Simulator X

Developer       : Microsoft Studios, Dovetail Games

Tahun Rilis     : 2006

Sesuai namanya, Flight Simulator X akan menempatkanmu di belakang kemudi pesawat terbang. Terdapat berbagai macam varian pesawat yang dapat dipilih. Mulai dari Cessna hingga Boeing. Semua tentu memiliki layout dashboard berbeda-beda. Setiap tombol dan tuas harus kamu pahami fungsinya dengan benar. Untuk rute penerbangan, kamu dapat memilih di antara lebih dari 24,000 bandara yang ada di dunia.

Dalam mode multiplayer, kamu dapat bermain bersama temanmu dalam satu pesawat. Tidak hanya dalam pesawat saja, kamu juga dapat mengambil peran sebagai petugas ATC atau Air Traffic Control yang memandu pilot mendarat atau lepas landas dari bandara.

 

Klik tombol NEXT PAGE dibawah untuk melanjutkan ke halaman berikutnya

 6. Airport Madness 3D

Developer       : Big Fat Simulations Inc.

Tahun Rilis     : 2016

Dalam Airport Madness 3D, kamu akan berperan sebagai petugas ATC untuk memandu pesawat yang akan keluar masuk bandara. Semua dapat dipantau dari ruang kontrol, tugasmu adalah meminimalisir kesalahan saat memberi instruksi karena dapat menyebabkan kecelakaan.


7. The Sims Series

Developer       : Maxis, The Sims Studios

Tahun Rilis     : 2000 (Game pertama)

Sepertinya tidak banyak yang perlu dijelaskan dari game ini. Game ini sudah cukup populer di kalangan gamer. Tujuanmu dalam game ini adalah mencapai misi pribadimu masing-masing. Kamu dapat mengkustomisasi karakter sesuai keinginan, membangun rumah idaman, berkeluarga, memiliki anak, hingga waktunya “berpulang” tiba.


8. Simcity (2013)

Developer       : Maxis

Tahun Rilis     : 2013

Apabila kamu menyukai game simulasi pembangunan kota, mungkin Simcity 2013 patut untuk dicoba. Kamu dapat mendesain sendiri tata letak kota impianmu. Bukan itu saja, kamu juga dapat dengan leluasa mendesain medan wilayah yang akan digunakan untuk membangun kota.

Di samping fokus pada unsur pembangunan kota, ada pula fitur menarik yang turut disertakan di dalamnya. Di mana kamu dapat “menurunkan” bencana di atas kota buatanmu. Mulai dari sambaran petir, gunung meletus, gempa bumi, sampai yang agak gila seperti hujan meteor atau alien.


9. Cities: Skylines

Developer       : Colossal Order

Tahun Rilis     : 2015

Cities: Skylines sepertinya cocok menjadi alternatif kedua apabila kamu menginginkan game yang lebih “segar” dengan kualitas grafis dan detail lebih tinggi.

Sama seperti Simcity 4, kamu akan mampu membangun kota dan menyediakan fasilitas-fasilitas untuk penduduk kota. Terdapat berbagai tantangan yang akan kamu hadapi di dalamnya. Misalnya masalah pendidikan, kesehatan, dan kemacetan.


10. Tropico 5

Developer       : Haemimont Games

Tahun Rilis     : 2014

Tropico 5 merupakan game simulasi pemerintahan diktator dengan unsur pembangunan kota di di dalamnya. Misi utamamu adalah mempertahankan kekuasan agar berada di bawah dinastimu selama mungkin. Game akan berakhir ketika kondisi yang telah ditentukan sebelumnya tercapai atau ketika kamu gagal terpilih kembali menjadi presiden.

Kamu dapat menentukan sendiri nasib dan ideologi negaramu. Layaknya diktator, beberapa cara kotor seperti melakukan penyuapan, pengasingan, bahkan hingga eksekusi tokoh penting dari kubu atau partai lawan dapat ditempuh untuk mempertahankan kekuasaan. Suasana kotamu tidak selalu berjalan dengan damai, terdapat tantangan atau bencana seperti bencana alam dan pemberontakan yang harus kamu hadapi.

11. Anno 1701

Developer       : Blue Byte, Related Designs

Tahun Rilis     : 2006

Dalam game ini kamu ditugaskan untuk  mengembangkan wilayah baru yang telah menjadi kolonimu. Kamu hanya memiliki sebuah pelabuhan kecil dan sumber daya terbatas untuk dikembangkan menjadi sebuah kota besar nantinya.

Kamu tidak akan bermain sendiri, terdapat juga pemain lain yang dikendalikan oleh AI. Jika kamu tidak memutuskan segalanya dengan cepat, bisa saja kamu kehabisan lahan karena telah dikuasai oleh AI. Untungnya, terdapat sistem diplomasi yang memungkinkan kamu untuk bekerjasama dengan mereka menjadi sekutu.


12. Farming Simulator 17

Developer       : Giants Software

Tahun Rilis     : 2016

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Apakah kamu bercita-cita menjadi seorang petani sukses? Jika iya, Farming Simulator sepertinya akan sangat cocok untukmu. Karena, kamu akan diajak menjadi seorang petani.

Dalam Farming Simulator, kamu tidak perlu bersusah payah menggunakan peralatan tradisional. Karena, sudah tersedia berbagai macam alat-alat modern yang siap digunakan untuk mengurus kebun dan hewan ternakmu. Bahkan, untuk mengangkut hasil pertanian kamu juga dapat menggunakan kereta.


13. Kerbal Space Program

Developer       : Squad

Tahun Rilis     : 2015

Kerbal Space Program merupakan game di mana kamu berperan sebagai Kerbal, sejenis alien hijau berbadan kecil yang merencanakan misi luar angkasa. Tugasmu adalah merancang roket supaya dapat bekerja dengan benar dan menghindari kesalahan yang dapat menyebabkan kecelakaan.


14. Arma 3

Developer       : Bohemia Interactive

Tahun Rilis     : 2013

Apakah kamu termasuk penggemar game FPS atau TPS bertemakan peperangan?  Jika iya, maka Arma 3 layak kamu coba. Sebagai  simulator, sudah tentu game ini menawarkan nuansa peperangan yang lebih realistik dari game-game kebanyakan.  Bukan hanya berlari dan menembak saja. strategi juga diperlukan untuk memenangkan pertempurran. Varian senjata dan kendaraan yang ada di dalamnya sangat beragam. Game ini akan semakin seru apabila dimainkan secara multiplayer.


15. Papers, please

Developer       : 3909

Tahun Rilis     : 2013

Apakah kamu pernah merasa penasaran dengan pekerjaan seorang petugas imigrasi? Jika iya, sebaiknya kamu coba game ini. Dalam Papers, Please kamu akan ditugaskan menjadi seorang petugas imigrasi di sebuah negara fiksi yang baru saja mengakhiri perang selama 6 tahun.

Dengan dokumen-dokumen milik para imigran, kamu diharuskan menyeleksi siapa saja yang boleh masuk ke negaramu. Di antara para imigran tadi bisa saja ada  yang mencoba melakukan suap. Apabila ketahuan menerimanya, ada konsekuensi yang harus dihadapi.

16. Youtubers Life

Developer       : U-Play Online

Tahun Rilis     : 2016

Youtubers Life merupakan game simulasi di mana kamu akan berperan sebagai seseorang yang bercita-cita menjadi youtuber. Pada awal permainan, hardware yang dimiliki hanya seadanya. Tetapi seiring berjalannya waktu, kamu dapat melakukan upgrade hardware seperti, webcam, microphone, keyboard, dan lain sebagainya untuk meningkatkan kualitas video. Di samping fokus menjadi youtuber, kamu juga dapat melakukan kegiatan lain seperti datang ke pesta dan pergi nonton bioskop bersama temanmu.


17. Game Dev Tycoon

Developer       : Greenheart Games

Tahun Rilis     : 2012

Game Dev Tycoon merupakan game simulator menjadi seorang developer di tahun 80-an. Pada awal permainan, kamu hanya memiliki sebuah garasi yang dijadikan kantor. Tetapi seiring dengan berkembangnya perusahaan, kamu dapat pindah ke kantor yang lebih besar dengan fasilitas lengkap hingga pada akhirnya menjadi game developer kelas dunia yang sukses.


18. Planet Coaster

Developer       : Frontier Developments

Tahun Rilis     : 2016

Di antara semua daftar ini, sepertinya Planet Coaster menjadi salah satu yang paling wajib kamu coba. Dalam game ini, kamu dapat membangun taman hiburan impian. Desain tata letak bangunan dan jalan sepenuhnya berada di tanganmu. Kualitas grafis dan detail yang disajikan cukup memukau. Terdapat berbagai macam wahana permainan yang dapat ditambahkan ke taman hiburanmu untuk menarik lebih banyak pengunjung.


19. RimWorld

Developer       : Ludeon Studios

Tahun Rilis     : 2016

RimWorld menceritakan mengenai sekelompok penjelajah yang terdampar di suatu planet. Tugasmu adalah membangun koloni hingga memiliki cukup sumber daya supaya dapat keluar dari planet tadi. Perjuanganmu untuk membangun koloni tidak akan mudah. Karena akan banyak kejadian-kejadian tak terduga seperti serangan hewan dan serangan dari para Raider.

Salah satu hal menarik dalam game ini yaitu adanya tiga AI storyteller berbeda. Masing-masing memiliki karakteristiknya sendiri. Tingkat kesulitan game dipengaruhi oleh masing-masing storyteller yang kamu pilih di awal permainan.


20. Besiege

Developer       : Spiderling Studios

Tahun Rilis     : 2015

Simulator alat penghancur masal sepertinya merupakan julukan yang patut diberikan pada Besiege. Karena tugasmu memang merakit sebuah alat dengan kemampuan untuk menghancurkan pasukan atau struktur lawan dari bahan-bahan yang telah disediakan sebelumnya. Kreativitasmu sangat diperlukan untuk menyelesaikan misi yang ada.

Game-game sebelumnya bisa dikategorikan sebagai sesuatu yang “normal”. Jika kamu bosan dengan hal “normal” dan menginginkan sesuatu yang berbeda atau unik, 5 game selanjutnya dalam daftar ini sepertinya akan menarik perhatianmu. Apa sajakah game-game itu? Mari kita mulai dengan yang pertama.


21. Goat Simulator

Developer       : Coffe Staiin Studios

Tahu Rilis       : 2014

Mungkin kamu sudah mengetahui game ini. Karena memang sempat populer pada awal perilisannya. Sesuai judulnya, dalam Goat Simulator kamu akan menjadi seekor kambing. Bukan kambing biasa, melainkan seekor kambing pengacau. Semakin besar kekacauan yang dibuat, maka poin yang didapat juga akan semakin banyak.


22. I am Bread

Developer       : Bossa Studios

Tahun Rilis     : 2015

Game macam apa lagi ini? mungkin itu yang ada di pikiranmu ketika pertama mendengarnya. I am Bread memberimu kesempatan untuk merasakan bagaimana menjadi seiris roti yang dapat berjalan sendiri. Misimu adalah masuk ke dalam alat pemanggang roti dan menjadi sebuah roti panggang. Selama perjalanan menuju alat pemanggang, kamu tidak boleh menyentuh benda-benda kotor seperti lantai agar tetap bersih dan bisa dimakan.


23. Surgeon Simulator

Developer       : Bossa Studios

Tahun Rilis     : 2013

Dalam game ini kamu ditugaskan untuk melakukan operasi terhadap seorang pasien. Uniknya, operasi tidak hanya dilakukan di rumah sakit saja. Pada misi tertentu kamu harus melakukan operasi di luar angkasa di mana gravitasi tidak berlaku atau di mobil ambulans yang sedang melaju kencang hingga seluruh peralatan berguncang.

Developer dari Surgeon Simulator sama seperti I am Bread. Sehingga, cerita dalam kedua game tersebut dibuat saling berkaitan. Tetapi, dengan gameplay yang berbeda. Di manakah keterkaitannya? Sebaiknya kamu mencoba sendiri kedua game tadi.


24. Not a Simulator For Working

Developer       : GameChanger Studio

Tahun Rlis      : 2016

Not a Simulator For Working merupakan game unik buatan developer lokal asal Tangerang.  Gameplay yang ditawarkan bisa dibilang cukup unik. Yaitu kamu diharuskan untuk menonton film “ehm” saat sedang bekerja. Konsentrasi serta kejelian sangat diperlukan untuk dapat menyelesaikan game ini. Apabila terlalu “asyik” hingga tertangkap basah, maka kamu akan dipecat dan permainan berakhir.


25. Shower With Your Dad Simulator 2015: Do You Still Shower With Your Dad

Developer       : marbenx

Tahun Rilis     : 2015

Satu lagi game anti mainstream masuk dalam daftar ini. Shower With Your Dad Simulator akan mengajakmu untuk mandi bersama ayahmu. Tak banyak yang dapat dijelaskan, tetapi kecepatan dan ketepatan sangat diperlukan untuk menyelesaikan game ini.


Itulah tadi rekomendasi 25 game simulasi yang harus kamu coba. Apakah menurutmu masih ada lagi game yang layak masuk ke dalam daftar ini? Jika iya silahkan berikan pendapatmu di kolom komentar.

Exit mobile version