7 Aplikasi Autotune Terbaik yang Bisa Kamu Coba

Aplikasi Autotune Tahun 2022

Sebenarnya, artikel kali ini didorong oleh sebuah ‘insiden’ di mana seorang content creator kondang Kimi Hime, katakan bahwa suara salah satu member HoloID Kobo Kanaeru hanyalah suara autotune. Tentunya, akan sangat menarik membahas hal yang sebenarnya telah ada dari lama ini, bukan?

Sebelum masuk ke pembahasan utama, yuk kita kenalan dulu dengan aplikasi satu ini, brott.

Kenapa Harus Gunakan Aplikasi Autotune?

Bila kita ulik lebih mendalam, autotune sendiri adalah sebuah kemudahan teknologi yang mampu perbaiki nada yang dirasa kurang pas (off-pitch). Tidak hanya itu, teknologi tersebut pun bisa berikan efek tambahan pada suara supaya terdengar lebih menarik.

Bahkan di dunia musik profesional sekalipun, rasanya bumbu teknologi ini bukanlah hal yang aneh atau bahkan dilarang. Di antaranya adalah Daft Punk, Lil Wayne, Kesha, Selena Gomez, bahkan BTS pun gunakannya.

Dan buat brott-brott yang kebetulan tertarik untuk menjajalnya, berikut adalah 7 aplikasi autotune terbaik yang bisa kamu coba, versi kami.

1. Voicemod

Salah satu aplikasi autotune yang saat ini cukup memiliki nama adalah Voicemod. Dengan bantuan Voicemod, kita dapat akses ke dalam library beberapa penyanyi, tentunya dengan bantuan teknologi yang telah ditawarkan.

Tidak hanya suara penyanyi, namun aplikasi ini pun tawarkan banyak sekali sound effects yang bisa kamu gunakan untuk maksimalkan potensimu. Entah untuk nge-game, chatting, atau bahkan saat meeting untuk ganti atau cairkan suasana, tampaknya aplikasi khusus PC ini termasuk ideal.

2. Clownfish

Aplikasi lainnya untuk soal-menyoal autotune adalah Clownfish yang dikhususkan untuk platform PC. Berdasarkan informasi yang terpampang di situs resminya, aplikasi satu ini terbilang mampu untuk lakukan tuning suaramu.

Menariknya, Clownfish mampu akses file system yang artinya bolehkan kita selaku pemakai untuk dapat manfaatkan tuning suara pada aplikasi apapun. Buatmu yang no ribet-ribet club, rasanya aplikasi ini akan cocok deh buatmu.

3. GVST

Di urutan berikutnya, GVST merupakan salah satu aplikasi autotune yang dikhususkan untuk platform PC. Meski demikian, aplikasi gratisan satu ini tawarkan bermacam kemudahan yang bisa kamu coba untuk tuning suaramu supaya terdengar makin sempurna.

Berfokus pada pitch correction, tentunya aplikasi ini bisa kamu andalkan meski untuk gunakannya terbilang sedikit ‘ribet’. Jangan tertipu dengan tampilannya yang sederhana, karena sampai saat ini pun, sang developer tetap luncurkan update.

4. Voxal Voice Changer

Buatmu yang masih merasa bahwa aplikasi di atas sebelumnya masih kurang cocok, mungkin bisa coba Voxal Voice Changer. Tersedia dalam bentuk gratisan dan berbayar, aplikasi ini tetap mendukung games yang ada semacam CS:GO, maupun permainan lainnya.

Melihat informasi dari situs resminya, aplikasi ini tawarkan bermacam library yang bisa kamu sesuaikan dengan preferensi. Tidak lupa, Voxal pun tawarkan beberapa efek yang bolehkanmu lakukan distortion dan amplify misalkan.

5. MorphVOX

Berikutnya untuk kategori aplikasi autotune lainnya yang bisa kamu coba adalah MorphVOX. Dibekali dengan bermacam fitur-fitur noise cancellation, yang tentunya akan berguna buatmu yang inginkan suara dengan tune sempurna.

MorphVOX tawarkan bermacam kelebihan untuk sekedar voice call, bahkan nge-game. Dari situs resminya sendiri pun, aplikasi ini memang dikatakan telah mendukung banyak games kekinian.

6. Voicemeeter

Di urutan selanjutnya adalah Voicemeeter besutan VB-Audio Software. Tentunya, aplikasi ini mampu untuk merubah audio yang dihasilkan tanpa harus di-edit dulu sebelumnya. Buat brott yang butuhkan aplikasi tuning suara tanpa ribet dengan tampilan yang lebih clean, mungkin bisa coba Voicemeeter.

Semua kelebihan yang ditawarkan Voicemeeter kembali harus dibatasi dengan dukungan sistem operasi Windows, yang artinya akan batasi potensimu.

7. Murf

Aplikasi autotune di urutan terakhir yang menjadi penutup ini lebih mengarah ke pembuatan library suara yang telah di-tune. Murf ditanamkan AI yang mampu koreksi kesalahan untuk kemudian diperbaiki dalam waktu instan.

Sayangnya, untuk dapat menikmati semua fitur yang ditawarkan Murf, brott harus keluarkan sejumlah premium. Versi gratisan yang ditawarkan tak terlalu membantu karena hanya berikan waktu sebentar untuk menjajalnya.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version