7 Rekomendasi CPU AMD Termurah di Tahun 2022, Khusus Kere Hore!

Rekomendasi Cpu Amd Termurah

Dewasa ini, kubu merah AMD tampak masih cukup solid dan kerap direkomendasikan oleh kebanyakan. Namun, mencari central processing unit atau prosesor yang worth di kelasnya ternyata cukup menantang. Tidaklah heran kini mayoritas mencari rekomendasi CPU AMD termurah di tahun ini karena kedatangan kompetitor dari kubu biru.

Berbicara CPU yang worth it, artinya kita akan kembali membahas prosesor mana yang layak dimiliki berdasarkan price-to-performance berikut relevansi zaman. Kami paham betul bahwa kondisi ekonomi seseorang akan berbeda-beda, dan rekomendasi CPU AMD termurah ini, boleh jadi kunci jawabannya.

Cara Memilih Prosesor Sesuai Kebutuhan

Sebelum melanjutkan ke rekomendasi CPU AMD termurah, setidaknya kamu harus tahu beberapa cara memilih prosesor sesuai kebutuhan.

 

Sekitar 3 Menit

  1. 1
    Sesuaikan dengan Budget
    Ketika memilih sebuah prosesor, kami sarankanmu untuk sesuaikannya dengan kebutuhanmu kala itu. Tidak usah merasa malu bila prosesor yang kita beli dirasa murah bagi orang lain ya, brott!
  2. 2
    Sesuaikan dengan Kebutuhan
    Terakhir adalah sesuaikan dengan kebutuhan. Setelah berhasil berdamai dengan budget, maka langkah berikutnya adalah selaraskan dengan kebutuhan kala itu. Bila keseharian kita hanya untuk office, mubazir rasanya bila kita gunakan prosesor flagship, brott.
Apakah artikel ini membantu mu?

1. A8-9600 (IDR 790.000)

Rekomendasi CPU AMD termurah untuk tahun ini kami awali dari prosesor kelas entry-level yang cukup berumur, yaitu A8-9600. Meski demikian, accelerated processing unit generasi ketujuh ini sudah tergolong prosesor dengan teknologi baru, yaitu AM4. Artinya, kemampuannya boleh diadu dengan generasi sebelumnya di segmen yang sama tentunya.

Kubu merah percayakan 4 core dan 4 thread yang lebih dari cukup untuk sempurnakan rakitan komputer kere hore. Dukungan memory DDR4 sampai dengan 2.400MHz, dengan integrated Radeon R7 dipercaya sudah memadai untuk jalankan game tipis-tipis.

2. Athlon 3000G (IDR 1.065.000)

Di urutan kedua, tidaklah heran bila Athlon 3000G mampu tempati rekomendasi CPU AMD termurah. Kembali list ini diisi oleh accelerated processing unit yang berarti bahwa kita tak butuhkan kartu grafis untuk sekedar tampilkan gambar. Bila miliki budget lebih, kami rekomendasikanmu untuk beli 3000G ketimbang rekomendasi sebelumnya.

Meski hanya tawarkan 2 core dan 4 thread, namun integrated yang ada lebih kuat ketimbang generasi sebelumnya, jadikannya patut disegani. Dukungan memory-nya pun kini sampai dengan 2.666MHz, bahkan menurut pengalaman kami, bisa berjalan stabil di 3.000MHz. Memainkan game sekelas Genshin Impact tipis-tipis, rasanya masih bisa dieksekusi.

3. Ryzen 3 4100 (IDR 1.585.000)

Ganti ke prosesor yang benar-benar ‘prosesor’, kami temui Ryzen 3 4100 yang tawarkan 4 core dan 8 thread. Prosesor ini tidak dilengkapi dengan integrated, berarti kamu harus memiliki kartu grafis tambahan supaya prosesor ini bekerja maksimal.

Prosesor ini adalah penyempurnaan dari generasi Ryzen 3000 yang sebelumnya cukup diantisipasi berkat kemampuannya yang di atas rata-rata kala itu. Prosesor Ryzen 4000 ini dikatakan akan jadi pesaing dari prosesor Intel Generasi Ke-12 alias Alder Lake yang ditanamkan teknologi baru.

4. Ryzen 5 4500 (IDR 2.010.000

Kembali rekomendasi CPU AMD termurah ini diisi oleh prosesor ‘murni’ yang memang tak dilengkapi dengan integrated. Prosesor ini adalah ‘usaha’ dari AMD untuk lawan prosesor generasi terbarunya ketimbang melawan tanpa perlawanan sama sekali.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Tawarkan 6 core dan 12 thread, prosesor ini hadirkan price-to-performance yang terbilang ‘masuk’ buat kaum kere hore. Ketimbang membeli Ryzen 5 2000 Series di rentang harga yang sama, kami rekomendasikanmu untuk beli prosesor ini karena harganya yang memang sama.

5. Ryzen 5 5500 (IDR 2.500.000)

Bila Ryzen 5 4000 Series di atas kamu rasa kurang ‘nendang’, tampaknya harus step-up ke prosesor Ryzen 5 5500 yang tergolong baru. Selisih 500 Ribuan Rupiah tampak hanya satu-satunya hal yang jadi evaluasi antara memilih generasi yang lebih baru, atau yang ‘seadanya’.

Konfigurasi prosesor tanpa integrated ini pun terbilang sama, yaitu 6 core dan 12 thread. Namun, bila kamu memiliki kartu grafis tambahan yang cukup kuat, kami merasa tidak ada salahnya beli prosesor ini karena kemampuannya cukup oke.

6. Ryzen 5 5600G (IDR 2.875.000)

Beralih ke rekomendasi CPU AMD termurah berikutnya, kami kembali hadirkan accelerated processing unit generasi terbaru, Ryzen 5 5600G. Selaku penerus dari AMD generasi sebelumnya, prosesor ini tampak kuat menjabani game kekinian sekelas Genshin Impact dengan mudahnya.

Hadirkan 6 core dan 12 thread, prosesor ini dipersenjatai integrated Radeon Vega 7 yang lebih ngebut ketimbang prosesor generasi terdahulu. Buatmu yang butuhkan prosesor dengan integrated dan kemampuan mumpuni, kami rekomendasikan 5600G untuk jawabnya.

7. Ryzen 7 5700X (IDR 4.660.000)

Rekomendasi CPU AMD termurah ini kami akhiri dengan prosesor mid-end (bukan high-end atau flagship ya, brott). Adalah Ryzen 7 5700X yang tawarkan kemampuan di atas rata-rata prosesor yang ada di list ini secara keseluruhan. Meski demikian, prosesor mid-end ini boleh jadi evaluasi kaum kere hore yang inginkan prosesor yang ‘nendang’.

Menawarkan 8 core dan 16 thread, prosesor ini goda kemampuan komputasi di atas rata-rata. Entah untuk penuhi kebutuhan gaming maupun content creation, semua bisa diantisipasi dengan prosesor ini.

Akhir Kata

Itulah dia beberapa rekomendasi CPU AMD termurah dan miliki price-to-performance yang cukup solid di tahun ini. Semoga list ini bisa berikanmu gambaran akan prosesor mana yang harus kamu beli, dan selamat mencarinya!


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com


Exit mobile version