7 Rekomendasi Motherboard Gaming Terbaik, Biar Komponen Lainnya Makin Awet

Motherboard Gaming

Saat kita akan merakit sebuah komputer, apapun kebutuhannya, biasanya kita akan dijejali opsi dari lini Motherboard Gaming. Ya, motherboard tersebut biasanya menawarkan bermacam kelebihan untuk dapat mencuri hati calon konsumen, khususnya para gamers.

Termasuk di antaranya mendistribusikan daya secara baik ke semua komponen pada komputer, sampai menambah frame per second di dalam game. Namun, tetap saja utamanya motherboard bisa memberi benefit, sesuai lini yang ditujunya.

Nah, kalau kalian galau dalam mencari Rekomendasi Motherboard Gaming, yuk baca sampai habis.

Disclaimer:

Semua Motherboard Gaming dalam list ini kami urutkan secara acak, dan diusahakan untuk tetap berpedoman pada ‘tier list’ di komunitas.

Deretan Motherboard Gaming Terbaik di Tahun 2023

Inilah deretan Motherboard Komputer yang akan kami pisah sesuai platform:

Intel

Untuk kamu-kamu yang jatuh hati di kubu biru, inilah Rekomendasi Motherboard:

1. Asus Prime H470M-PLUS

Alternatif murah-meriah yang tentunya bakal disukai oleh semua kalangan adalah Asus. Di antaranya adalah Asus Prime H470-PLUS, yang meski hanya ditanamkan chipset H470, namun sudah lebih dari cukup untuk temani prosesor entry-level Intel Generasi Ke-10 cukup baik.

Dikombinasikan dua slot M.2 NVMe, tentunya ini merupakan salah satu alternatif untuk kamu yang mencari motherboard yang tawarkan dua slot M.2 NVMe. Plus banderolnya cukup baik dan memberikan kustomabilitas yang termasuk oke.

2. Asrock B660M-HDV

Untuk kamu-kamu yang mencari Motherboard Gaming yang cukup murah dan termasuk kaya akan konektivitas, tidak ada salahnya melirik brand Asrock. Selain sudah ditanamkan chipset B660 untuk mid-range, mobo ini memiliki dua buah slot M.2 NVMe yang tentunya akan bermanfaat.

Absennya colokan RGB atau ARGB dirasa tak terlalu masif. Ditambah hal ini diperkuat oleh tak semua individu menyukai warna-warni pada komputer yang akan mereka rakit. Malahan, tak sedikit mereka yang memilih untuk low-profile. Ditambah banderolnya yang cukup bersahabat, tentunya

3. MSI MAG Z790i EDGE WIFI

Kalau Rekomendasi Motherboard di atas tak sesuai prosesor Intel Generasi Ke-12 atau Ke-13 kalian, kami rekomendasikan MSI MAG Z790i EDGE WIFI. Meski berukuran kecil, tetapi motherboard ini termasuk kaya akan konektivitas, membuatmu tak usah ketakutan akan masalah slot ini itu di dalamnya.

Namun, satu hal yang harus kalian awasi ialah terdapat dua varian dari Motherboard Gaming ini, di mana ada versi DDR4 dan DDR5. Pastikan kalian memiliki komponen yang sesuai pula, karena DDR4 takkan bisa ditanam pada motherboard DDR5, sama pula kebalikannya.

AMD

Untuk kubu merah, inilah Rekomendasi Motherboard Gaming:

1. Asrock X370M-HDV

Salah satu Motherboard PC yang cukup worth untuk dievaluasi ialah Asrock X370M-HDV. Banderol dari salah satu mobo murah meriah ini tentunya masih cukup ‘masuk’ untuk bermacam kebutuhan, termasuk overclocking.

Kehadiran satu slot M.2 NVMe tentunya sudah lebih dari memadai untuk ditanamkan sistem operasi. Sisanya, kalian bisa memanfaatkan koneksi SATA untuk menyimpan bermacam data berukuran besar, termasuk di antaranya game tanpa masalah.

2. Asus TUF B450M-PRO

Alternatif lain untuk Motherboard Komputer lainnya adalah Asus varian TUF yang kerap tawarkan konektivitas cukup komplit. Seri TUF biasanya tawarkan durabilitas cukup baik dan desain dominasi hitam dan kuning yang tentunya berikan keunikannya tersendiri.

Tidak lupa dua slot M.2 NVMe bisa dikatakan lebih dari cukup untuk akomodasi kebutuhan penyimpanan sistem operasi dan game. Tak lupa adanya ketahanan VRM yang konon lebih baik dari motherboard lain yang tersedia di pasaran.

3. MSI B550M-A PRO

Untuk kaum ‘mendang-mending’, biasanya patokan motherboard ideal haruslah miliki brand MSI. Hal ini dikarenakan bermacam fitur yang ditawarkan jauh lebih banyak dari brand lain, termasuk di antaranya kemudahan overclock prosesor, dan khususnya RAM yang kita kenal dengan sebutan ‘Memory Try It’.

Gak masalah bila motherboard ini hanya menawarkan satu slot M.2 NVMe, karena kami merasa satu slot sudah lebih dari cukup untuk semua sistem secara umum. Bentuknya sedikit lebih kecil karena motherboard ini hanya sediakan dua slot memori, yang artinya bisa berikankmu kebebasan kustomisasi.

4. Asus ROG STRIX X670E-i

Buat kalian yang tertarik cicipi platform AM5, kami merasa tidak ada salahnya untuk ambil seri termantap dari motherboard yang ada di pasaran saat ini. Tentu saja termasuk di antaranya kehadiran dua slot M.2 NVMe yang cukup unik pada motherboard berukuran mini satu ini.

Bahkan, meski berukuran kecil, tetapi motherboard ITX ini sudah lebih dari cukup untuk temani prosesor kelas atas dari AMD Ryzen. Pastikan saja prosesor yang kalian pakai akan cukup premium untuk temani motherboard ini.

Kelebihan Motherboard Gaming dari Motherboard ‘Biasa’

Bermacam kelebihan Motherboard Gaming dari motherboard konvensional yang dapat kalian temukan murah meriah di pasaran ternyata cukup berasa. Mulai dari keawetan komponen, banyaknya konektivitas yang ditawarkan, sampai bermacam fitur yang senantiasa beda dari tiap manufaktur motherboard.

Menawarkan bermacam konektivitas meski ukurannya kecil adalah kelebihan

Termasuk di antaranya menyuplai daya secara adil dan efektif pada tiap komponen yang ada pada motherboard, memastikan pemakainya dapat diberikan kinerja terbaik dari semua komponen.

Motherboard bagus bakal menambah FPS meski tidak secara masif

Lalu tak lupa durabilitas. Karena biasanya masalah utama dari motherboard tidak lain dan tidak bukan adalah keawetan yang seharunsya bukan masalah khususnya untuk seri gaming.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version