Rekomendasi PC Gaming 20 Jutaan Terbaik 2023, Tidak Untuk Kaum Mendang-Mending!

PC Gaming 20 Jutaan Terbaik

PC Gaming 20 Jutaan Terbaik – Keberadaan PC Gaming dengan budget 20 jutaan kini bisa menjadi solusi bagi kalian yang menginginkan performa gaming maksimal tanpa harus terlalu boros pengeluaran. Kita semua tahu bahwa PC gaming memang bisa saja memiliki budget tidak terbatas kalau mau menuruti keinginan kita. Tapi di era sekarang ini, PC gaming kelas atas memang tidak lagi semahal dulu.

Kalian mungkin bertanya-tanya, apa saja komponen yang dapat kita dapatkan dengan budget 20 jutaan? Apa performa tertinggi yang bisa kita capai dengan pilihan komponen di range harga segini? Semuanya akan terjawab di artikel kali ini.

Memang, merakit PC gaming membutuhkan pengetahuan dan riset harga maupun kesesuaian komponen yang cukup mendalam. Setiap komponen harus dipilih dengan hati-hati agar dapat bekerja secara optimal dan harmonis. Tapi tenang saja, kalian tidak perlu khawatir. Artikel ini hadir untuk membantu kalian merakit PC gaming impian kalian dengan budget sekitar 20 jutaan.

Build PC Gaming 20 Jutaan Terbaik 2023, Bisa Libas Resolusi 4K

PC gaming harga 20 jutaan terbaik

Seorang gamer sejati tentu mengerti bahwa merakit sebuah PC gaming bukan hanya tentang mengejar spesifikasi tertinggi, tetapi juga tentang membangun sebuah sistem yang seimbang dan kalau bisa sekaligus menghemat uang disaat bersamaan. Artikel ini akan menjabarkan apa saja yang bisa kalian dapatkan dengan modal 20 jutaan untuk build PC gaming mumpuni.

Apa yang bisa diharapkan dari build seharga motor ini? Kalian sudah bisa memainkan game AAA dengan kualitas High di resolusi 4K. Di resolusi yang lebih rendah seperti 1080p dan 2K, kalian sudah bisa menikmati frame rate tinggi tanpa perlu menurunkan performa lebih jauh.

Sedikit catatan: Seluruh list harga komponen di artikel ini diambil berdasarkan kondisi pasar di akhir Desember 2023. Bilamana terdapat kenaikan atau penurunan harga bisa menyesuaikan dengan kondisi marketplace nasional langganan kalian.

1. Prosesor

Intel Core i3-13500

Berbeda dengan build PC 15 jutaan di artikel sebelum ini, kita akan berfokus pada prosesor dari tim biru saja. Dikarenakan pasar saat ini sudah bergerak ke arah DDR5 dan tentunya kita ingin performa yang mumpuni untuk beberapa tahun kedepan. Generasi RAM terbaru ini haruslah jadi prioritas.

Untuk itu kita harus mulai gunakan sistem yang mendukung hal tersebut. Pilihan prosesor dari Intel yaitu i5-13500 ini cukup gampang bagi penulis. Meski bukan gen 14, ia juga tidak kalah mumpuni dan bisa melibas game apapun tanpa harus upgrade ke Core i7 di generasi yang sama.

Prosesor ini juga sudah memiliki 14 Core dengan konfigurasi 6 P-core dan 8 E-core, total ada 14 Core dan 20 thread. Harganya pun sudah cukup terjangkau di 4 juta Rupiah saja.

2. HSF

HSF tower

Penulis masih belum bisa menyarankan AIO untuk sistem seharga ini. Memang pilihan komponennya sudah mengisyaratkan kita harus pindah dari air cooling. Hanya saja, dengan budget yang seharusnya kita gunakan di GPU nanti, alternatifnya kalian tetap bisa menggunakan HSF tower yang mumpuni di kisaran 600 ribuan. Selalu ada opsi upgrade kedepannya jika dirasa memang tidak cukup adem.

3. Motherboard

Alasan kita masih menggunakan seri B760M adalah karena prosesor yang digunakan masih belum unlockable alias belum seri K. Memang dengan seri Z kita akan mendapatkan lebih banyak fitur dan kestabilan. Tapi, rasanya akan rugi bila prosesor yang digunakan malah tidak bisa di-overclock.

Seperti artikel sebelumnya, pastikan kalau slot NVMe SSD yang tersedia berjumlah minimal 2 slot untuk menghindari terjadinya kekurangan slot penyimpanan berkecepatan tinggi. Bila ada budget lebih, tidak ada salahnya juga memilih mobo dengan integrated Wi-Fi kalau kalian memang menggunakan jaringan internet nirkabel. Harganya pun kisaran 1,8 juta Rupiah saja.

4. RAM

RAM 32GB DDR5

Dengan budget seperti ini, mempunyai ukuran RAM 32GB adalah sebuah keharusan. Banyak game masa kini yang mengharuskan sistem punya 32GB di tabel spesifikasinya. Terlebih kalau kita menargetkan resolusi 4K, sudah bisa dipastikan ukuran segitu adalah pilihan terbaik saat ini kalau tidak mau naik ke 48GB yang lebih mahal.

Pasar RAM saat ini juga sudah sangat terjangkau. Dengan modal 1 juta kecil saja kalian sudah bisa mendapatkan RAM DDR5 2x16GB. Asal tidak tiba-tiba naik harga, harusnya segini sudah cukup murah brott.

5. Storage

Sudah bukan zamannya SATA karena sekarang ini SSD NVMe saja sudah sangat terjangkau. Maka dari itu, penulis sangat menyarankan kalian menggunakan SSD bertipe ini untuk PC gaming kelas atas.

SSD NVMe

Tidak perlu modal besar juga. Dengan 800 ribuan saja kalian sudah bisa mendapatkan SSD kapasitas 1TB. Jadi, sudah tidak ada alasan lagi untuk gunakan HDD sebagai storage game ya brott.

6. GPU: RTX 3080

NVIDIA RTX 3080

Budget 20 jutaan berarti kita sudah masuk ke ranah 4K Gaming. Meskipun sudah mumpuni untuk angkat game AAA resolusi 4K, ia juga sudah bisa digunakan untuk bermain game resolusi lebih rendah dengan performa lebih tinggi lagi.

Terutama kalau kalian ingin bermain game esports sekelas Valorant, Apex Legends, atau Counter Strike 2, maka dijamin PC ini sudah bisa menghasilkan frame rate ratusan. Sayangnya karena kita masih menggunakan seri RTX 3K, fitur terbaik NVIDIA saat ini yaitu frame generation tidak bisa kita nikmati.

Namun dengan raw performance setinggi ini, sepertinya kita tidak begitu memerlukan frame rate tambahan dari software yang juga hanya akan menambah input lag saja. Harganya kisaran 10 juta Rupiah

7. PSU: 800W Sudah Aman

Komponen yang satu ini juga tidak kalah penting jadi jangan sembarang pilih ya. Terutama kalau kalian sudah menggelontorkan uang tidak sedikit untuk membeli GPU mahal, sayang saja rasanya kalau PSU yang kalian gunakan malah merk antah-berantah.

PSU jangan sembarang beli ya brott

Ditambah lagi RTX 3080 membutuhkan daya yang cukup tinggi di 320 sampai 340 Watt. Kemungkinan besarnya kalian membutuhkan PSU setidaknya 800 Watt untuk bisa mengangkat semua komponen gaming diatas.

Berikan kerenggangan pada daya dan pastikan kalian membeli PSU yang punya tier A dan diatasnya. Bila memungkinkan pastikan PSU tersebut juga punya garansi panjang hingga 5 tahun keatas. Harganya pun kisaran 1,8 juta.

8. Casing

Casing gaming luas

Tidak banyak yang bisa dibahas kalau soal casing. Kalian bebas membeli tipe seperti apapun asal mobo dan GPU muat seharusnya sudah tidak ada masalah. Paling yang perlu diperhatikan adalah apakah casing tersebut punya lubang airflow yang baik dan mendukung GPU triple fan. Selebihnya menyesuaikan dengan minat masing-masing.

Total budget

Jadi itulah kira-kira build PC 20 jutaan terbaik yang bisa kalian coba rakit. Kalau kalian sekarang sedang memakai PC spek seperti apa? Apakah ada rencana upgrade dalam waktu dekat?


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version