7 Rekomendasi Power Supply PC Terbaik 2023, Jangan Asal Beli!

Rekomendasi Power Supply

Rekomendasi Power Supply – Tidak hanya prosesor dan kartu grafis, power supply atau yang mungkin lebih kalian kenal dengan PSU merupakan salah satu komponen vital pada komputer yang sama sekali tidak boleh kalian remehkan. Tugasnya adalah menjamin listrik ke semua komponen yang ada di dalam komputer untuk tersalurkan tanpa masalah.

Dalam memilih PSU, kita harus memperhatikan bermacam faktor, mulai dari untuk apa komputer tersebut digunakan, sampai apakah kita membutuhkan fitur esensial lainnya semacam kabel modular, termasuk sertifikasi yang kini mulai jadi standar.

Apa Itu Power Supply, dan Kenapa Sangat Penting?

Jangan merk kaleng-kaleng

Mungkin di antara kalian ada yang bertanya, apa itu power supply, dan mengapa komponen elektronik satu ini sangat vital kehadirannya. Nah, sebagaimana yang telah kami tuliskan di atas, PSU memiliki tugas untuk memasok daya, bahkan ada yang sampai memberikan proteksi terhadap aliran listrik berlebih.

Kalau mau alasan yang lebih simpel lagi, kalau komputer kalian tidak ada PSU, tentu saja komputer kalian takkan bisa menyala sama sekali. Jadi, power supply adalah komponen yang sama sekali tak boleh kalian abaikan ketika merakit sebuah komputer.

Rekomendasi Power Supply Terbaik di Tahun 2023

Kalau kalian sedang mencari rekomendasi PSU PC yang tengah atau akan kalian rakit, kebetulan kami memiliki rekomendasi yang dapat kalian jadikan referensi:

1. DeepCool PF

Rekomendasi PSU PC ini kami awali dengan seri PF dari brand DeepCool. PSU dengan ukuran ATX ini tentunya akan cocok untuk kalian yang menggunakan spek low-mid, karena kapasitas yang ditawarkan cukup bervariasi, yaitu mulai dari 450W sampai 750W.

Untuk harganya pun cukup bersahabat. Termasuk di antaranya yang menjadi nilai jualnya, yaitu flat-cable, yang tentunya akan memudahkan kalian melakukan cable-management karena kabelnya termasuk tipis dan mudah ditekuk. Untuk harganya tergolong murah, varian 450W bisa kalian dapatkan pada 400 Ribuan Rupiah.

2. Cooler Master MasterWatt Gold V2

Cooler Master adalah salah satu rekomendasi power supply PC yang cukup dikenal di komunitas. Seri MasterWatt Gold V2 ini menawarkan varian daya yang cukup beragam, mulai dari 550W sampai 750W yang tentunya cocok untuk para perakit komputer awam.

Walau memiliki sertifikasi Gold, namun banderol dari PSU ini masih termasuk cukup terjangkau. Belum ditambah variasi besaran daya yang ditawarkannya, membuat PSU ini boleh jadi alternatif terbaik dengan harga yang ditawarkannya, yaitu pada kisaran 700 Ribuan Rupiah untuk 550W.

3. FSP Hydro M Pro

Untuk sebagian orang, rekomendasi power supply terbaik biasanya akan dimulai dari seri FSP yang cukup bandel. Mulai dari build quality, daya tahan, sampai pemilihan komponen yang ada di dalam PSU ini memakai komponen pilihan. Harganya cukup terjangkau, dimulai dari 900 Ribuan Rupiah.

Untuk seri Hydro M Pro, PSU ini menawarkan rentang daya yang cukup bervariasi, mulai dari 650W sampai 1.000W yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu. Belum ditambah garansi yang cukup lama, untuk menjamin komponen yang ada di dalam komputermu awet dan berumur panjang.

4. Fractal Design ION+

Mungkin kalian baru kali pertama ini mendengar brand Fractal Design. Namun, ini adalah salah satu brand yang memiliki reputasi cukup baik dan dikenal karena telah meluncurkan kipas, casing, dengan kualitas yang tergolong bagus nan mewah.

Untuk PSU ION+ dari Fractal ini menghadirkan PSU dengan kapasitas yang cukup beragam, mulai dari 550W, sampai dengan 860W dengan sertifikasi 80+ Gold yang tentunya akan makin menghemat daya. Harganya pun cukup terjangkau, mulai dari 1 Jutaan Rupiah untuk PSU dengan sertifikasi Gold.

5. Seasonic Focus Platinum PX

Kalau kalian memiliki budget lebih untuk menjamin komponen yang ada di dalam komputer kalian tetap terjaga, mungkin kalian akan cocok dengan seri Focus dari Seasonic. Sesuai namanya, PSU ini memiliki sertifikasi Platinum, yang akan menjamin kualitas daya akan benar-benar murni dan terjamin.

Besaran daya dari PSU PC ini pun cukup banyak, mulai dari 550W, sampai 1.000W yang tentunya akan memberikan kalian pilihan mana yang sesuai dengan kebutuhan komputer kalian. Jangan lupa untuk sesuaikannya kembali dengan isi dompetmu yah, karena harganya dimulai dari 2 Jutaan Rupiah.

6. 1STPlayer Armour

Rekomendasi lainnya yang boleh kalian pertimbangkan adalah 1STPlayer Armour, yang hadirkan kapasitas mulai dari 550W sampai 750W yang memiliki sertifikasi 80+ Gold. Mungkin di antara kalian ada yang meragukan brand ini, namun kami merasa ini bisa jadi salah satu alternatif yang mungkin dapat kalian lirik.

Hal ini dikarenakan PSU ini memberikan garansi lima tahun semenjak pembelian, yang tentunya bolehkan kalian cukup tenang saat memakai komputer, entah itu untuk memainkan games, atau sekadar produktivitas karena harganya juga cukup terjangkau di 800 Ribuan Rupiah.

7. Adata XPG Pylon

Rekomendasi power supply terbaik yang saat ini tengah naik daun di komunitas adalah Adata XPG Pylon. Mungkin kalian baru kali pertama ini mendengar Adata mengeluarkan PSU, namun jangan salah, berdasarkan komunitas dan tier list PSU, memang benar adanya XPG Pylon adalah salah satu PSU terbaik di rentang harganya.

Besaran daya yang ditawarkan PSU ini berkisar antara 550W sampai 650W dengan sertifikasi 80+ Bronze. Tentunya hal ini bukanlah masalah, karena fokus dari PSU ini memang mengincar mereka yang memiliki alokasi dana terbatas untuk merakit komputer. Dibuktikan dengan banderolnya mulai dari 700 Ribuan Rupiah.

Akhir Kata

Itulah dia deretan power supply PC terbaik untuk menjamin komputer kesayanganmu sehat selalu. Kami menyarankanmu untuk menyesuaikan PSU yang akan kalian beli dengan komponen yang kalian gunakan saat ini.

Pokoknya, jangan asal-asal beli PSU ketimbang harus menanggung semuanya di kemudian hari.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version