Remaster GoldenEye 007 Yang Dibatalkan Kini Tersebar Luas di Internet

in , ,
2019 10 01 Image 3

GoldenEye 007 ialah salah satu game yang revolusioner FPS console. Tak hanya itu, game dari Rare Studio ini juga dicap sebagai salah satu game adaptasi film terbaik bagi banyak media dan juga netizen. Dengan status klasik tersebut, wajar apabila game akan mendapatkan rilis ulang atau bahkan remaster. Sayangnya, hal tersulit utama dalam game berbasis film semacam ini ialah legalitas dan hak milik yang membuat pusing developer.

Tak disangka, GoldenEye 007 ternyata sempat dibuatkan remaster, dan bahkan sudah hampir rampung dan playable hingga tamat. Namun pengembangan game ini dibatalkan karena masalah hak miliki antara Rare, Microsoft, Nintendo dan perusahaan pemilik film.

13 tahun setelah dari tanggal rilis yang direncanakan, game ini akhirnya bocor ke publik. Data ROM dari versi Xbox 360 tersebar ke internet dan untuk pemain PC, mereka dapat memainkannya via emulator.

Game ini menjadi remaster yang mirip dengan Halo Master Chief Collection dimana pemain dapat gonta-ganti visual antara klasik dan baru lewat satu klik tombol. Dari segi gameplay dan juga suara, tampaknya tidak ada perubahan drastis, namun hal tersebut bisa jadi dikarenakan ROM yang bocor pada dasarnya ialah versi belum rampung yang dimana sebagian konten masih diisi dengan placeholder.

Emulator dan ROM menjadi kasus yang sensitif, maka dari itu kami tidak akan membagikan keduanya dalam artikel ini. Namun kamu dapat mencarinya dengan mudah lewat internet.

Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.