Google Podcast Bakal Pensiun, Apa Rencana dari Google?

Google Podcast Bakal Pensiun

Kalau kalian biasanya menggunakan Google Podcast, mungkin bakal sedih mendengar kabar ini. Ya, Google Podcast bakal pensiun dan konon raksasa tekno tersebut tengah mempersiapkan rencana baru ke depannya. Kira-kira, apa alasan aplikasi tersebut dihentikan, dan apa yang bisa gantikannya yah?

Google Podcast Bakal Pensiun, Ada Apa?

Tampilan podcast versi PC

Mendengarkan podcast sebelum memulai atau bahkan di sela-sela kegiatan mungkin merupakan ritual wajib supaya hari-hari tidak terlalu membosankan. Hal ini dikarenakan betapa banyaknya topik pembahasan pada sesi podcast yang dihadirkan oleh anak bangsa maupun figur lainnya.

Sayangnya, tampaknya keseruan tersebut harus berakhir sebentar lagi, terlebih bila kamu gunakan Google Podcast, karena dalam waktu dekat ini aplikasi podcast tersebut bakal dipensiunkan mengikuti beberapa fitur dan aplikasi lain.

Disebut karena minim peminat?

Tentunya Google lakukan hal tersebut bukan tanpa alasan. Berdasarkan data dari EdisonResearch, hanya 4% yang gunakan aplikasi tersebut – angka yang tentunya amat sangat jauh di bawah rata-rata sebesar 23% yang dicapai YouTube.

Alhasil, hal tersebut menjadi dasar putusan dari Google untuk segera memensiunkan aplikasi podcast yang telah meluncur semenjak 18 Juni 2018 silam tersebut. Alih-alih menambah atau menyempurnakan aplikasi tersebut, raksasa tekno tersebut tampaknya merasa akan lebih worth untuk menginvestasikan sumber dayanya ke aplikasi lain. Namun, apa aplikasi yang mereka maksudkan?

Mulai 2024, YouTube Music Bakal Ditambahkan Fitur Podcast

Sudah diumumkan secara resmi lalui situs resmi YouTube

Berdasarkan pengumuman di situs resmi YouTube beberapa waktu yang lalu, tertulis dengan jelas kalau YouTube akan galakkan kehadiran podcast di platform mereka. Hal tersebut tampak sudah final, dan pada akhirnya Google Podcast bakal pensiun pada awal tahun 2024.

Penambahan fitur podcast pada YouTube Music nantinya bakal dibarengi sedikit penyuluhan agar mereka yang nantinya berpindah ke YouTube Music tidak akan merasa kaget dengan bermacam perubahan yang ditawarkan.

Bahkan meski transisi ini bakalan memakan waktu, YouTube berkomitmen bahwa mereka akan menciptakan produk yang tidak kalah dari aplikasi podcast lainnya, termasuk di antaranya Spotify, yang saat ini masih menjadi nomer satu untuk urusan podcast.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version