Rencana Update Sensor, Rainbow Six Siege Mulai Dibanjiri Review Negatif di Steam

in ,

Rainbow Six Siege jauh dari kata sempurna, namun miliki komunitas yang perlahan terus bertambah serta loyal terhadap game multiplayer Ubisoft ini. Game dalam beberapa tahun terakhir raih resepsi yang baik oleh fans akan  desain gameplay yang unik dibandingkan game FPS lain dan update konten yang bertahap untuk menambah kompleksitas meta di game. Sayangnya resepsi positif tersebut seketika berubah drastis ketika Ubisoft umumkan rencana “tweaking” estatika di game.

Diumumkan minggu lalu, Ubisoft berencana akan sensor beberapa aspek pada map serta UI karena ini memperluas game ini di sektor Asia khususnya Cina. Rencana sensor ini akan membuang tiap referensi tengkorak dan judi pada game karena kedua hal tersebut dilarang dalam regulasi video game di Cina. Yang membuat ini kontroversial untuk fans ialah “tweak” ini berlaku untuk versi global, Ubisoft tidak berencana untuk membuat dua versi berbeda karena alasan efisiensi development.

Beberapa hari setelah diumumkan oleh Ubisoft, fans mulai marah besar dan menyalahkan Cina telah “merusak” game favorit mereka, alhasil segala macam protes dilakukan mereka di internet mulai dari Twitter, Reddit dan akhirnya Steam.

Dalam waktu 4 hari terakhir, halaman Steam dair Rainbow Six Siege dapatkan hampir 2000 review negatif di Steam, membuat sesi recent reviews jauh dari positive menjadi mixed. Konteks di tiap review tersebut sama yaitu membicarakan soal rencana sensor ini.

Yang membuat situasi ini semakin membingungkan ialah representatif komunitas dari Ubisoft sempat konfirmasi apabila Cina akan miliki versi region-locked tersendiri, membuat keputusan Ubisoft yang berlakukan sensor ini secara global semakin menjadi tanda tanya besar.

Perubahan estatika game yang direncanakan Ubisoft tidak merusak game sama sekali, akan tetapi karena alasan utama fans marah besar atas rencana ini ialah Ubisoft terkesan seperti lebih utamakan Cina ketimbang audiens besar yang telah mereka miliki. Sensor ini juga terkesan ironis bagi fans karena mereka baru saja menambahkan kosmetik tengkorak untuk Jager serta masih pertahankan lootbox via Alpha Pack yang pada dasarnya dikategorikan sebagai judi.

Kini fans hanya dapat menunggu keputusan akhir dari Ubisoft atas censorship ini. Kita lihat saja pada season kedepan apakah mereka benar-benar akan berlakukan sensor pada versi global atau terpisah khusus untuk versi Cina.

Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.