[REPORT] Datang Ke ON.DXB 2019. Festival Game dan Media Digital Pertama Dubai

in , ,

Minggu lalu Tim Gamebrott mendapat kesempatan untuk datang ke Kota Para Sultan Timur-Tengah – Dubai, Uni Emirat Arab ke acara ON.DXB yang merupakan festival media digital pertama Dubai yang menampilkan karya industri lokal untuk video game, film, dan juga musik yang bisa dinikmati di sana. Selain itu, juga ada banyak seminar dan diskusi dengan para narasumber dari berbagai bidang baik dari dalam negeri Uni Emirat Arab, maupun dari luar negeri.

Event ini sendiri dilaksanakan pada Kamis hingga Sabtu, 21-23 November 2019 lalu di Dubai Studio City, Dubai. Dan kami berkesempatan untuk meliput hari pertama dari event yang pertama kali digelar tersebut. Ya, acara ini sendiri kelihatannya diadakan oleh Pemerintah Dubai untuk memacu generasi muda di sana agar mau andil dan aktif dalam industri kreatif dan media digital. Lalu bagaimana sih suasana acara tersebut, berikut sedikit dokumentasinya:

Ada 2 area yang bisa dipilih, outdoor dan indoor

Acara ini memang dibagi menjadi 2 area namun masih dalam satu lokasi yang berjarak tidak terlalu jauh. Area outdoor ini diberi nama Festival Square, yang tentunya berisi aktifitas-aktifitas outdoor yang bisa dilakukan. Yang paling utama dan menjadi pusat pertunjukkan di sana adalah panggung besar yang terletak di tengah-tengah area outdoor. Kami memang tidak sempat untuk melihat pertunjukkan apa saja yang di panggung utama tersebut. Namun memang sempat ada DJ yang bermain di panggung tersebut.


Gak cuma dilihat, tapi juga dimainkan

Tepat di depan panggung utama tersebut ada beberapa booth menarik yang tidak hanya bisa dilihat-lihat saja namun juga dapat dicoba. Dan yang paling megah tentunya adalah booth milik Dubai Media City yang gak cuma keren tapi juga interaktif. Karena di booth ini kamu harus melakukan beberapa mini games untuk mengakses ruangan eksklusif yang ada di lantai 2.

Mini games-nya sendiri sangat berhubungunan dengan media hiburan seperti kuis tentang film, musik, dan juga game. Dan juga tidak terlalu sulit untuk diselesaikan. Bila berhasil menyelesaikan semua kuisnya, kamu akan mendapat akses untuk pergi ke lantai atas. Di lantai atas akan ada cafe, private music, dan juga tempat duduk untuk melihat pertunjukkan di panggung atau setidaknya bersantai. Kerennya untuk turun kamu harus menggunakan prosotan.


Bebas bermain game di Zawaya Gaming Arena

Zawaya adalah Event Organizer (EO) yang berfokus di Timur-Tengah, jadi jangan heran bila kamu baru mendengarnya sekarang. Mereka membuka booth yang mungkin bisa dibilang paling asik di arena outdoor ini. Karena di sini kamu bisa menjajal langsung dan bermain game dengan bebas dan sepuasnya. Yang perlu kamu lakukan hanya mendaftar, memberikan beberapa data diri dan kamu bisa memainkan game-game yang mereka bawa.

Ada beberapa pilihan game yang bisa dicoba seperti Gran Turismo dengan menggunakan steering wheel, FIFA 20, dan juga PES. Yaa, pilihan gamenya mengikuti minat dari para gamer di Dubai sana. Namun setidaknya untuk FIFA dan PES kamu bisa bermain langsung bersama temanmu sampai puas di sana.


Bersantai, ndengerin podcast atau nonton film, dan foto-foto

Di pinggir booth-booth tadi ada 2 tempat yang menarik yaitu Podcast Lounge dan Cinema. Seperti namanya kamu bisa mendengarkan (untuk podcast) dan juga menonton film-film yang sudah disediakan oleh panitia ON.DXB. Beberapa podcast dan film memang merupakan karya lokal sana yang tentunya menggunakan Bahasa Arab dan tidak memiliki subtitle. Namun beberapa podcast dan film juga ada yang menggunakan Bahasa Inggris jadi tidak perlu khawatir.

Sosial Media Facebook dan Instagram pun tak mau ketinggalan untuk hadir di acara ini. Membawa booth mereka sendiri lengkap dengan beberapa spot yang cukup cocok untuk dibuat berfoto. Di sana kamu juga bisa bertanya hal apapun seputar fitur dan layanan yang ada di Facebook maupun Instagram. Dan bahkan berkonsultasi dengan mereka agar akun Facebook dan Instagram-mu lebih optimal.

Ngumpulnya para pecinta fotografi dan developer game Indie

Di sebelah Cinema ada ruangan The Canon Studio yang tentu dari namanya sudah jelas mendeskripsikan isinya. Di dalam ruangan ini kamu bisa menemukan produk-produk kamera Canon. Namun tidak hanya itu, di dalam Canon juga mengadakan workshop dan juga talkshow yang bisa diikuti tentang beragam topik seputar fotografi, videografi. Dan bahkan bagaimana mengelola akun media sosial yang berhubungan dengan keduanya.

Yang unik adalah dalam The Canon Studio ini juga ditempati oleh kawan-kawan para developer independent alias dev. Indie yang memamerkan game-game milik mereka. Kerennya, beberapa dari mereka ini merupakan developer solo alias tunggal yang membuat gamenya sendiri. Di event ini sendiri nantinya akan dipilih game-game yang dianggap berpotensi dan nantinya akan diberi bantuan dana oleh ON.DXB.

Beristirahat sejenak sebelum masuk ke dalam

Hal yang juga menarik dari arena outdoor ini tentunya adalah keberadaan Food Court yang berada di sisi samping panggung. Kamu bisa membeli makanan ataupun jajanan dan minuman di sana dana menikmatinya sembari duduk di kursi atau sofa yang telah disediakan dan masih dapat menikmati hiburan yang ada di panggung tanpa terganggu.

Cari berbagai macam ilmu di arena indoor

Bila di luar berfokus kepada hiburan dan juga permainan, maka di area indoor alias Industry Arena ini bisa ditemukan berbagai macam talkhsow dan juga diskusi yang diisi oleh banyak pembicara menarik dari dalam Uni Emirat Arab maupun dari luar negeri. Ada 3 panggung indoor dengan tatanan dan gaya yang berbeda beda, mulai dari The Circle Stage yang besar dan berisi topik-topik berat yang salah satunya kami ikuti yaitu “Elevating The Game Industry  Through Innovation and Localization” yang diisi oleh Vincent Wang, Kepala dari PUBG Mobile.

The Session Stage yang berupa diskusi antara beberapa narasumber tentang topik-topik menarik lain, hingga The Alfan Showcase Stage yang lebih santai dengan sofa-sofa nyaman sembari mendengarkan materi dari para Content Creator yang mayoritas mengisi panggung tersebut. Serunya para penonton bisa langsung berbincang dan berdiskusi dengan para Content Creator tersebut.

Kotak seru di tengah-tengah hall

Hal terakhir yang ingin kami bahas berada di antara dua panggung di dalam Industry Arena. Booth kecil milik Dubai Media City ini tampak mencolok dengan perpaduan warna hitam putih dan juga tulisan “Retro” yang tentunya menarik perhatian. Booth kecil ini sendiri berisi berbagai macam pernak-pernik retro yang mayoritas berasal dari era 80-an atau setidaknya dikondisikan seperti berasal dari era itu.

Ruangannya sendiri didesain seperti rumah dari tahun 80-an lengkap dengan beragam permainan klasik termasuk Nintendo (yang sayangnya versi modern mininya) dimana kamu bisa memainkan beragam game klasiknya. Hingga game arcade dimana kamu bisa bermain game-game seperti Pac-Man hingga Galactica di layar besar layaknya mesin arcade jaman dulu. Tempat yang sangat cocok untuk beristirahat sejenak dan melepaskan penat setelah mengikuti talkshow di luarnya.


 

Jadi itu tadi dokumentasi kru Gamebrott di gelaran ON.DXB Dubai 2019 kemarin. Banyak hal menarik yang tidak cuma bisa dilihat namun juga bisa dinikmati langsung disana. Kamu bisa sekedar mencari hiburan karena memang tersedia banyak hiburan yang dipilih sesuai keinginan, ataupun mencari ilmu lewat talkshow-talkshow bersama para ahli yang ada di arena indoor. Kira-kira kapan ya acara semacam ini diadakan juga di Indonesia?


Jangan lupa baca juga info-info menarik lainnya tentang Report Kita atau artikel-artikel gak umum lainnya dari Galih K.A. Contact me at [email protected]

Galih Kresnawan

Written by Galih Kresnawan

Chief Editor. Senior Content Writer. Noob at almost every games. Certified Memes Maker | Work HARD, Play HARDER!! | Contact me at [email protected]