Resmi Digelar, Piala Presiden Esports 2019 Sebagai Bentuk Dukungan Pemerintah Terhadap Esports

in , ,
image courtesy, SETKAB RI

Siapa sangka esports menjadi salah satu mimpi dari Presiden Republik Indonesia, Bapak Jokowi. Terbukti dengan diselenggarakannya kompetisi Piala Presiden Esports 2019 yang berlangsung dari bulan Januari hingga Maret mendatang.

Dilansir dari Tempo, Presiden Joko Widodo atau yang kerap dipanggil dengan Bapak Jokowi ini menyelenggarakan turnamen Piala Presiden eSports. “Ini Piala eSports pertama yang didukung penuh pemerintah. Event eSports merupakan impian Bapak Joko Widodo,” kata Presiden Indonesia eSports Premiere League (IESPL) Giring Ganesha di Sekretariat Kabinet, Jakarta, Senin, 28 Januari 2019.

Game yang dipertandingkan adalah Mobile Legend, menurut Presiden IESPL game yang satu ini memang tengah menjadi dambaan para gamers di Indonesia dan dimainkan oleh kalangan luas, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa bahkan tukang ojek pun tahu dan bermain game MOBA mobile yang satu ini.

Terselenggaranya kompetisi ini juga berkat dukungan dari beberapa pihak, termasuk Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf). Menurut Kepala Bekraf, Triawan Munaf mengungkapkan bahwa Jokowi memberikan perhatian pada esports sebagai satu peluang yang patut dimanfaatkan oleh insan muda untuk berkembang, berkompetisi dengan kreatif, sportif dan mampu berkontirbusi dalam ekonomi.

“Kami ingin menciptakan ekosistem yang inklusif dan sehat agar dapat diteirma oleh masyarakat luas. Nantinya insan-insan kreatif yang akan berkecimpung di dalamnya siap berlaga di tingkat dunia” tambah Triawan.

Menjadi kompetisi resmi yang diselenggearkan oleh Kementrian Staf Presiden ini, Piala Presiden Esports 2019 akan digelar kualifikasinya tersebar dalam delapan kota di Indonesia. Mulai dari Palembang, Makassar, Manado, Solo, Surabaya, Bekasi, Denpasar, dan juga Pontianak. Para peserta terbaik yang berhasil lolos kualifikasi akan maju ke babak grand final pada tanggal 30-31 Maret 2019 mendatang.

Sebagai bentuk peresmian acara ini, tadi malam juga digelar acar “Kick-off Celebration Piala Presiden Esports 2019” yang ditayangkan melalui live streaming maupun stasiun tv lokal. Para atlet Mobile Legends juga turut meramaikan dalam all-star match yang dibagi dalam dua tim, yaitu Merah dan Putih. Tim Merah ini terdiri dari “Lavitz”, “Hexazor”, “Clover”, “Yor” dan “Jessnolimit”.

Sementara tim Putih terdiri dari “Maungzy”, “Ayam Jago”, “Patrick”, “Celiboy” dan juga “Key”.

Setelah panasnya pertandingan akhirnya tim Merah berhasil menang ditutup oleh aksi indah “Jessnolimit” pada akhir pertandingan.

Apakah kalian sudah siap menyambut kompetisi esports resmi yang dipersembahkan oleh pemerintah ini brott ? Piala Presiden Esports 2019 ini tentunya tidak akan terwujud berkat beberapa dukungan oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Kementrian Pemuda dan Olahraga, serta Kementrian Komunkasi dan Informiatika dan Indonesia eSports Premier League (IESPL).

Start dari Piala Presiden Esports 2019 akan dimulai bulan depan tepatnya 9 -10 Februari 2019 di Palembang Sport Convention Center dan Bali Galeria Shopping Center, 16-17 Februari 2019 di Surabaya Town Square dan Trans Studio Makassar, 23-24 Februari 2019 di The Park Mall Solo dan Manado Town Square, 23-24 Februari 2019 di Aston Pontianak dan Sumarecon Mall Bekasi pada tanggal 2-3 Maret 2019.

happy

Written by happy

Arif "happy" Budianto as a Esport enthusiast, mobile game enthusiast, tech enthusiast and Dota 2 pro wannabe. I love all about video game

Jika ada informasi dan konten menarik untuk kerja sama bisa hubungi e-mail [email protected] untuk segera diolah dan dipublikasi