Review A Space for the Unbound — Dunia Fantasi Berbalut Nostalgia SMA

A Space For The Unbound

A Space For The Unbound

Review A Space for the Unbound — Seperti yang diketahui, Adventure adalah salah satu genre game di mana kita berperan sebagai tokoh protagonis yang membantunya mengeksplorasi berbagai tempat dan memecahkan ragam puzzle dibalut cerita interaktif di dalamnya. Sedangkan visual novel adalah genre interaktif yang menampilkan teks disertai gambar tokoh sebagai poin utama game.

Keduanya memang merupakan dua genre yang berbeda, namun bagaimana bila keduanya di satukan dengan nuansa slice of life? Yup, jawaban itu bisa kalian temukan di A Space for the Unbound, game buatan Toge Productions dan Mojiken Studio yang rilis pada tanggal 19 Januari 2023. Awalnya, game ini direncanakan rilis tahun 2022 lalu, namun permasalahan internal membuat game ini tertunda perilisannya.

Meskipun begitu, penantian selama beberapa tahun akhirnya terealisasikan, dan game ini dapat dinikmati kalangan gamer sebagai pembuka manis di awal tahunmu.

Review A Space for the Unbound

Tampilan menu utama A Space for the Unbound

Pada kesempatan kali ini, penulis akan memberikan review A Space for the Unbound yang rilis 19 Januari 2023 lalu di PS4, PS5, PC dan juga Nintendo Switch. Sebelum itu, pertama – tama kami mengucapkan terima kasih kepada Toge Productions dan Mojiken Studio yang memberikan kami kesempatan mencoba game A Space for the Unbound.

Review ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi penulis selama memainkan game dari awal hingga akhir. Bagi kalian yang belum memainkan game ini tak perlu khawatir, karena review ini bersih akan spoiler tentang isi cerita hingga plot twist. Biar nggak penasaran lagi, yuk kita mulai pembahasan game A Space for the Unbound!

Story

Cerita diawali oleh kedua sahabat ini

A Space for the Unbound adalah game yang berlatarkan tahun 90an di Indonesia. Game ini menceritakan tentang Atma, siswa SMA yang menjadi “asisten dadakan” seorang gadis kecil bernama Nirmala.

Nirmala sendiri adalah bocah SD yang punya kegemaran menulis sebuah cerita fantasi. Cerita tersebut adalah dongeng tentang Putri dan seekor kucing yang setia menemaninya ke manapun. Namun, kegemaran Nirmala ditentang keras oleh sang Ayah, menyebabkannya kabur dari rumah hingga akhirnya ia bertemu dengan Atma.

Dari iseng berkenalan hingga menjadi sahabat, keduanya pun sering menghabiskan waktu luang bersama, bahkan Atma juga tak sungkan menuangkan sedikit idenya ke dalam cerita buatan Nirmala.

Gadis yang menunggu Atma ini sedikit misterius ya?

Namun, kejadian aneh berlangsung ketika Atma mendengar teriakan minta tolong Nirmala. Malangnya, sebuah insiden menimpa Atma, dan sesuatu yang ajaib seakan “menyelamatkan” dirinya kala itu.

Gameplay

Kalian dapat interaksi atau menggunakan objek yang dibawa Atma selama game berjalan

A Space for the Unbound adalah game action visual novel dengan basis side – scrolling di dalamnya. Dalam game ini, kalian akan diberi misi utama dan misi tambahan sebagai tumpuan untuk kelanjutan cerita. Selama game berlangsung, kalian dapat melakukan interaksi baik kepada guru di sekolah, penduduk lokal, dan juga kucing jalanan yang bisa kalian temukan dan beri nama di tiap sudut kota.

Selain misi dan interaksi, A Space for the Unbound mempunyai dialog dan narasi di tiap scene. Dalam game ini, dialog dan narasi adalah kunci utama. Jika men-skip salah satu saja, dijamin kalian bakal bingung di tengah jalan. Ini dikarenakan banyak sekali petunjuk yang bisa kalian temukan disana, pun item yang harus digunakan dalam misi. Jadi, pastikan kalian selalu memperhatikan dialog atau narasi selama memainkan gamenya.

Spacedive sebagai media masuk ke dalam mimpi seseorang

Tak sampai disitu, A Space for the Unbound juga mempunyai kemampuan unik dari tokoh protagonis Atma. Kemampuan tersebut bernama Spacedive, di mana Atma dapat memakai buku merah ajaibnya untuk masuk ke dalam mimpi seseorang, dan ini bisa dilihat dari ikon bunga kuning yang muncul di kepala orang tersebut.

Selama berada di dunia mimpi, kalian wajib menyelesaikan teka – teki yang ada di dalamnya. Jiika berhasil, maka bunga kuning (yang merupakan simbol dunia mimpi) akan merekah sesuai dengan jumlah misi yang diselesaikan, dan tiap mimpi mempunyai cerita, teka – teki, dan tugas yang berbeda. Selain teka – teki, A Space for the Unbound juga hadirkan mini – games di mana kalian harus menyelesaikannya untuk melengkapi bagian ingatan dari cerita di dalam game.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Selain itu, pembawaan dialog dan narasi di tiap karakter dikemas dengan baik ala visual novel dengan klimaks yang mumpuni. Dialog yang disuguhkan pun bukanlah kaleng – kaleng, karena jika mengikutinya dengan lamat, kita seakan terbawa juga ke dalam dunia game.

Ada beragam kejanggalan dan keanehan lainnya juga masuk lewat narasi yang selalu buat kita penasaran apa yang bakal terjadi di cerita selanjutnya. Hal ini menjadi nilai plus dalam A Space for the Unbound di mana game ini kaya akan misteri unik.

Tambahan lainnya, game ini juga memberikan pilihan dialog di tiap scene. Di awal permainan, penulis sempat mencoba memilih dialog secara random, dan pilihan tersebut terlihat tidak mempengaruhi jalan cerita game. Jadi, kamu tak perlu takut salah memilih dialog, karena cerita akan terus berjalan selama game berlangsung.

Graphics

Grafisnya epik meski membawa nuansa 8-bit

Meski visual grafis game membawa nuansa 8-bit, penulis tetap berikan empat acungan jempol! Visualisasi yang ditampilkan dalam game adventure visual novel benar – benar keren. Baik dalam cerita utama, cutscene kecil maupun gameplay, kualitas grafis buatan Toge Productions dan Mojiken Studio ini tetap konsisten dan epik.

Melalui A Space for the Unbound, kalian dapat melihat gedung – gedung yang kental akan nuansa Indonesia. Kalian dapat melihat sekolah SMA Loka, kantin, mushala, dan masih banyak lagi. Selain itu, terdapat pula karakter – karakter unik dengan sifat dan kemampuan berbeda – beda. Namun, bagi kalian yang pernah memainkan beberapa game Toge dan Mojiken, kalian mungkin akan tak asing lagi oleh beberapa karakter yang muncul dalam game tersebut.

Game ini punya intensitas cahaya berkedip yang banyak, hati – hati untuk kalian yang sensitif oleh cahaya

Namun, sebagai pengingat, bagi kalian yang menderita epilepsi atau sensitif dengan cahaya terang, penulis menyarankan untuk menurunkan sedikit brightness di PC, konsol, maupun Switch-mu. Karena bagi penulis sendiri, game ini menggunakan banyak intensitas cahaya berkedip di dalam game. Terlepas dari itu, game ini worth it banget untuk kalian coba.

Music

Musik yang calming dan soothing adalah kunci dari game ini

Untuk musiknya sendiri, A Space for the Unbound menghadirkan soundtrack dan background yang calming dan soothing di dalamnya. Selama permainan, kalian bakal disuguhkan oleh lagu yang cukup menyentuh hati, terlebih ketika berada di awal game. Kita bisa merasakan suasana yang hadir di dalam game, dan itu cukup membuat penulis merasa adem selama memainkan gamenya.

Tombol navigasi game yang mudah dimengerti

Dalam sebuah game, tentu mempunyai sebuah kelebihan beserta kelemahan di dalamnya. Beberapa kelebihan A Space for the Unbound yang menjadi nilai plus bagi penulis adalah, tutorial, kontrol, dan navigasi yang diberikan ke dalam game mudah untuk dimengerti oleh kalangan gamer.

Selain itu, suasana dan jalan cerita penuh misteri membuat penulis ketagihan memainkan A Space for the Unbound. Ini dikarenakan banyak misi – misi utama dan sampingan yang bakal membuat pemain betah di depan monitor seharian.

Tiadanya screenshot lokasi game membuat kita harus teliti untuk melakukan save data

Untuk kekurangannya sendiri, seperti yang sudah dijelaskan di atas A Space for the Unbound punya banyak scene dengan intensitas cahaya yang cukup tinggi, dan kemungkinan bisa membuat matamu sedikit perih. Meski begitu, A Space for the Unbound tetap menjadi salah satu game yang bisa kalian mainkan di waktu luang.

Kesimpulan

Game ini cocok untuk penyuka petulangan dan juga misteri

A Space for the Unbound menjadi pengalaman baru yang seru bagi penulis. Game satu ini punya hal yang tak terduga baik dari cerita maupun konten yang disuguhkan. Pembawaan dialog yang tak terburu – buru dan misteri di dalamnya membuat sensasi yang diberikan cukup memuaskan hati, pikiran, dan rasa penasaran penulis selama memainkannya.

Meskipun ada beberapa kekurangan di dalam game, eksekusi dan visualisasi yang ditampilkan membuat penulis sudah puas secara personal. Jadi, A Space for the Unbound bisa menjadi rekomendasi bagi kalian yang ingin mencari game petualangan seru dan penuh misteri unik.

A Space for the Unbound

A Space for the Unbound adalah game yang berlatarkan tahun 90an di Indonesia menceritakan tentang Atma, siswa SMA yang menjadi “asisten dadakan” seorang gadis kecil bernama Nirmala.

78%

SCORE

PROS

  • Cerita misteri unik yang bikin penasaran.

  • Grafis nuansa lokal yang keren.

  • Gameplay yang mudah dipahami.

  • Musik yang calming.

CONS

  • Intensitas cahaya berkedip cukup banyak.

  • Progress cerita terasa lambat, terlebih di bagian Prologue.

REVIEW BREAKDOWN

Story

85%

Gameplay

80%

Graphic

75%

Sound

75%


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait A Space for the Unbound atau artikel lainnya dari Nadia Haudina. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version