[REVIEW] Astracraft – Perang Kreativitas

in
Astracraft Cover

Kreativitas merupakan sebuah fenomena untuk melakukan apapun yang berhubungan dengan seni, budaya, dan kehidupan dengan cara yang berbeda, unik, maupun baru. Sifatnya yang spontan membuat pikiran seluruh manusia dalam pengaplikasiannya berbeda satu sama lain. Namun, bagaimana jika kreativitas dituangkan sebagai tema utama video game, terutama game mobile?

Jika kita melihat banyaknya game dengan kreativitas sebagai temanya, maka tema tersebut secara umum sering kita jumpai di game PC. Di atas kertas, pengaplikasian game bertema kreativitas dalam bentuk mobile memang terlihat sangat sulit untuk dilakukan. Namun jika dilihat dari game serupa yang telah ada di pasaran, pemikiran tersebut sepertinya perlu dibuang jauh-jauh. Terlebih setelah kehadiran Astracraft.

Astracraft mencoba untuk melatih dan mendorong kreativitas setiap playernya, untuk membuat sesuatu dari beberapa elemen yang telah disediakan. Sebuah tema utama yang diangkat oleh NetEase dalam game mobile barunya tersebut. Lalu, bagaimana pengaplikasian elemen kreatif dan kebebasan berkreasi dalam Astracraft itu sendiri? Simak review kami berikut.

Bebas Membuat Apapun

Setelah kamu masuk dan login dalam gamenya, kamu akan disuguhkan dengan dua elemen utama yang akan bisa dinikmati: Create dan Versus. Create adalah tempat dimana player membuat apapun sesuai imajinasi mereka dengan tools yang telah disediakan. Sementara versus mode adalah mode PvP yang memiliki berbagai sub cabang, mulai dari balapan hingga bertempur menggunakan kreasinya masing-masing.

Mode Create Dan Versus
Kamu bisa memilih mode create atau versus.

Game ini bisa dibilang punya banyak sekali fitur creation, player akan dituntut untuk kreatif demi membuat sesuatu yang mereka inginkan. Misalnya saja robot laba-laba, humanoid, hingga mobil balap. Semua bisa mereka buat sebebas-bebasnya melalui imajinasi mereka.

Namun jangan khawatir jika kamu merupakan orang yang merasa kurang kreatif. Karena kamu akan dibantu oleh tutorial hingga beberapa preset yang telah mereka sediakan. Mulai dari base-model hingga karya yang telah jadi. Tentunya kamu bisa membuat yang lebih bagus dari yang telah developer sajikan.

Preset Template Base
Kurang kreatif atau malas gerak? Sistem telah mempersiapkan base template kreasi untukmu.

Fitur kreasi terbilang sangat detil. Ia miliki bentuk yang dibutuhkan dari kotak/kubus, segitiga, hingga lancip. Namun developer akan lebih baik jika menambahkan juga bentuk bulat atau lengkung di beberapa bagiannya agar miliki kreasi yang lebih beragam dari sisi bentuk. Fitur lampu atau cahaya, senjata pedang, beam saber, atau yang lain tentu jika ditambahkan juga akan semakin menarik dalam mode kreasi.

Saat membuat robot, kamu akan bisa memilih senjata seperti yang fokus pada damage hingga special weapon. Baik itu laser, radar, bahkan perisai. Bentuk robot atau mobil tempurmu juga bisa dimodifikasi sesuka hati.

UgcSementara saat kamu membuat pesawat, kamu bisa menambahkan beberapa elemen terbang dengan booster yang diletakkan di beberapa bagian pesawat. Misalnya saja sayap, bagian tengah, dan belakang. Membuatmu bisa capai beberapa manuver seperti hover layaknya v-tol dan boost. 

Kreasi
Salah satu karya buatan saya yang masih jauh dari kata memuaskan.

Fitur ini sangat memuaskan bagi kamu yang miliki ide gila membuat sesuatu yang hingga kini tak tersampaikan. Saya sendiri menghabiskan waktu hingga berjam-jam untuk membuat sesuatu yang hingga kini masih belum rampung karena sifat perfeksionis saya yang tak kunjung hilang.

Sayangnya, terdapat beberapa modul atau part yang masih kurang mereka tambahkan, misalnya saja ban untuk tank yang sangat saya butuhkan untuk membuat tank atau battle fortress. Tak kehilangan akal, saya mencoba untuk menggantinya dengan ban biasa. Namun naas, karena saya terlalu fokus pada bentuknya, saya melupakan bahwa senjata miliki maksimal empat petak kotak yang akhirnya justru membuat saya harus mengubah sedemikian rupa bentuknya.

Modifikasi Stiker
Kamu bisa memasang decal atau stiker di kreasimu.

Saya berharap developer bisa menambahkan beberapa tipe ban termasuk ban berantai untuk membuat tank. Sementara untuk robot, minimnya beberapa part saat versi early review ini saya terima juga bisa menjadi masukan bagi developer untuk menambahkannya. Misalnya saja bentuk kaki robot humanoid, tangan, hingga fungsi kepala yang bisa digerakkan.

Modifikasi Warna
Bahkan mereka juga persiapkan set warna.

Meskipun begitu, tentunya kamu bisa mengakalinya dengan berbagai cara yang ada. Ini game tentang kreativitas, gunakan ide gilamu untuk mengaplikasikannya dalam karyamu.

Balap, Perang, dan Berkarya

Tak hanya berkreasi, kamu juga bisa menikmati berbagai mode di creation. Seperti balapan hingga party yang bisa dinikmati oleh banyak player yang terdiri dari beberapa permainan, antara lain adalah: Ball Game, Multiplayer Creation, Infinite Arena, Rumble, Storm, Super Storm, King of the Hill, Building, dan Race.

Astracraft5
Party Mode juga bisa dimainkan dengan beberapa player dengan mode yang menarik tentunya.

Party Mode akan hadirkan 121 modul bangunan, jebakan, di map 3 km dengan 9 arena dan tema yang beragam. Player bisa membuat desain sesuai keinginannya sendiri. Terdapat ragam sub mode dan tempat di dalam party mode. Mulai dari physical arena, party arena, survival battle royale, dan military simulation.

34Physical arena akan berfungsi layaknya arena biasa, dimana player akan bisa melihat beberapa kreasi dan ikut dalam permainan bola. Party arena akan mungkinkanmu untuk berlomba bersama teman dan player lain untuk capai garis finish dengan melewati berbagai rintangan yang ada. Beberapa di antaranya adalah jebakan.

Hal menarik lainnya adalah adanya mode survival battle royale. Sama dengan mode serupa di game lain, Astracraft akan mengajakmu mengumpulkan bahan dari nol. Kamu bisa menghancurkan siapapun yang kamu lihat hingga bertahan menjadi pemenangnya.

2Military simulation akan terdiri dari beberapa peralatan militer dari udara, darat, dan laut. Kamu bisa membuat pesawat, unit penyamar untuk melihat pergerakan musuh, hingga menghancurkan mereka menggunakan roket.

Kamu bisa mengatur semua fitur yang disajikan tersebut melalui party mode. Sesuka hati, tanpa batasan apapun. You’re the master.

Sayangnya, saat saya mencoba game ini, saya hanya bisa menikmati mode single-playernya saja dengan beberapa kreasi unik. Sementara mode pvpnya belum bisa saya coba sama sekali karena pada saat memainkannya, gamenya belum dirilis. Namun saya mendapatkan sedikit gambaran umum seperti apa mode pvpnya melalui segelintir video tutorial yang disediakan.

65Mode balapan akan berfungsi seperti mode balapan dengan power up. Dimana player akan bisa mengambil power up di tengah permainan untuk mengaktifkan beberapa senjata yang telah dipasang.

Contoh Proses Balapan
Salah satu contoh mode balapan yang diberikan dalam tutorial.

Kamu juga bisa membuat trek balap sendiri dengan dua tipe: trek satu arah atau putaran/lap. Satu arah bisa dikreasikan dengan berbagai kelokan dan lompatan. Kamu juga bisa membuatnya lurus saja seperti arena drag race biasa. 

Pembuatan Trek Balap One Way Dan Lap
Kamu bisa memilih untuk membuat trek satu jalur atau one-way dan lap saat pembuatan trek balap.

Sementara perputaran atau lap miliki fitur yang sama namun dengan bentuknya yang memutar. Ragam fitur kreasi treknya yang bebas bisa membuatmu tak perlu dibatasi untuk membuat jenis apapun. Baik dengan kelokan super sulit, hingga penuh lubang.

Competitive Astracraft
Beberapa mode yang ada di versus.

Mode selanjutnya adalah versus yang terdiri dari banyak mode: Infinite Arena, Rumble, Storm, King of the Hill, dan Building. Kamu bisa menggunakan beberapa kreasi yang telah dibuat atau yang telah disediakan. King of the Hill menjadi salah satu mode dimana saya bisa memainkannya bersama bot.

Kesimpulan

App Store Images 2Astracraft sekilas menjadi game yang termasuk dalam too good to be true untuk platform mobile. Namun NetEase dan timnya berhasil mengaplikasikan tema kreativitas yang menjadi visi utama mereka.

Gamenya memiliki banyak sekali fitur kreasi yang dijamin akan menggugah kreativitasmu demi membuat apapun yang kamu inginkan. Mulai dari robot, mobil, hingga drone. Semua kreasimu bahkan bisa dikustomisasi dengan lebih detil menggunakan decal atau stiker, warna, hingga skin yang disediakan atau membelinya.

App Store Images 3Saya menghabiskan waktu cukup lama hingga berjam-jam hanya untuk membuat battle fortress meskipun pada akhirnya masih belum puas dengan hasilnya dan mungkin akan saya ubah lagi setelah beberapa hari. Game ini sangat cocok bagi kamu yang suka membuat sesuatu, terutama kamu yang memiliki imajinasi liar dan ingin merealisasikannya dalam bentuk 3D.

Bagi kamu yang tertarik untuk mendownloadnya, kamu bisa langsung unduh gamenya melalui link berikut, gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Japanese related video games articles. I have no friends. Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below.