[REVIEW] Athenion – Cara Baru Menikmati Permainan Trading Card Game

in , ,

Athenion: Tactical CCG adalah game kartu yang dikembangkan oleh developer game asal Thailand bernama Zero Bit. Game Athenion sendiri dirilis secara global pada November 2019 dan sudah mempunyai banyak pemain aktif didalamnya. Athenion merupakan game mobile TCG baru yang mempunyai nuansa gameplay yang berbeda dengan game TCG biasanya. Athenion menggabungkan game bergenre Trading Card Game dengan Board Game Strategy menjadi satu. Athenion dapat didownload untuk platform Android melalui Playstore dan iOS melalui Apple Store langsung.

GAMEPLAY

Nuansa Board Game akan terasa ketika pemain memulai pertempuran dalam game Athenion. Mereka berusaha mengabbungkan aspek-aspek didalam game TCG yang trend saat ini seperti Hearthstone, Eternal, dan Shadowverse kedalam pertempurang Board Game. Permainan Athenion sendiri juga cukup balance (seimbang) dengan banyaknya kartu yaitu lebih dari 400 kartu yang bisa pemain gunakan. Ada 6 fraksi yang dapat pemain gunakan dalam permainan dan setiap fraksi mempunyai strategi deck dan kartu sendiri-sendiri yang dapat pemain olah.

Jalannya pertempuran juga cukup seru dimana pemain harus berusaha untuk menjaga kartu (unit) dapat bertahan dalam arena pertempuran. Damage akan diberikan kepada hero musuh jika kartu (unit) pemain lawan dapat berthan didalam arena pertempuran setelah 1 giliran kedua pemain selesai. Jumlah Damage yang diberikan tergantung soul/mana yang dimiliki setiap kartu (unit) di arena. Dengan total HP setiap hero sejumlah 30 membuat jalannya pertempuran tidak terlalu lama dan membuat pemain tidak bosan.

GRAFIK

Sebagai game yang mempunyai genre Trading Card Game tentu saja grafik adalah salah satu aspek yang diandalkan. Begitu juga dengan game Athenion yang satu ini, Athenion mempunyai grafik yang cukup lumayan bagus dan setara dengan game TCG lainnya. Selain itu sebagai game yang baru dirilis Athenion sudah mengaplikasikan option setting untuk mengubah sesuaikan kualitas FPS dan grafik yang ingin pemain gunakan.

Hal tersebut membuat pemain yang mempunyai koneksi internet cepat dan smartphone gaming ataupun pemain dengan koneksi internet lemot dan smartphone kentang dapat memainkan game Athenion tanpa suatu kendala. Bugs dan glinch didalam gamenya pun juga tidak terlihat dan membuat developer Zero Bit tersebut benar-benar mempersiapkan game Athenion secara mendetail.

FITUR

Fitur yang disediakan dalam game Athenion cukup banyak dan menarik. Pertama ada Daily Quest dan Mission yang dapat pemain jalankan untuk mendapatkan rewards. Pihak Zero Bit juga sangat konsisten dalam memperbaharui quest dan mision yang ada. Kemudian ada mode event battle, frendly match, practice, dan normal match (ranked dan casual) didalam permainan.

Sayangnya seperti kebanyakan game bertipe grinding ada bonus mision dan quest bagi pemain yang mengupgrade akunnya menjadi permium (battle pass). Rewards yang diberikan juga akan berbeda dari yang biasanya dan terkesan istimewa. Untuk mengupgrade menjadi premium (battle pass) pemain harus membelinya terlebih dahulu dengan harga 680 diamond. Harga diamond yang dipatok adalah 32 ribu rupiah untuk 150 diamond dan 850+100 diamond dengan harga 179 ribu rupiah.

Selanjutnya juga ada cosmetic item didalam gamenya. Pemain dapat membeli dan memodifikasi card sleeve, hero skin, serta battle skin didalam game. Membuat pemain semakin semangat untuk memainkan game Athenion dan merasakan sensai bermain yang berbeda dari biasanya. Cosmetic item tersebut dapat dibeli maupun menyelesaikan misi yang ada.

LAINNYA

Hal yang menarik dari Athenion disini adalah lore permainan dan juga karakter didalam game yang mengikuti Shadowvere. Dimana karakter yang ada dibuat mirip dengan versi manga anime Jepang sehingga akan menarik banyak pemain kedalam game Athenion. Setiap karakter mempunyai Lore (jalannya cerita) tersendiri dan menggambarkan strategi deck yang mereka gunakan.

Kemudian itu pihak Zero Bit juga sepertinya sangat memperhatikan balancing didalam game, jika ada kartu yang terkesan terlalu kuat (imba) maka akan ada pembaharuan patch utuk menyeimbangkannya. Masalahnya adalah apakah mereka akan mengistimewakan para pengguna battle pass nantinya. Kekompetitifan permainan akan bergantung disana. Para pemain free to play tentu saja tidak menginginkan hal tersebut dan kemungkinan akan membuat mereka bosan untuk memainkan game Athenion.

KESIMPULAN

Game Athenion sangat cocok dimainkan oleh pemain yang menyukai game bergenre Trading Card Game terutama yang mempunyai konsep seperti Shadowverse. Athenion akan memberikan kesan yang berbeda dari sebuah game TCG biasanya karena game ini menggabungkan konsep board game serupa. Jika pemain TCG bosan dengan permainan TCG pada umumnya atau ingin memainkan konsep TCG baru maka Athenion adalah jawabannya.

Download langsung gamenya untuk Android maupun iOS


Baca juga artikel terbaru lainnya terkait Athenion atau artikel-artikel menarik lainnya dari Roni Istianto.

Roni Istianto

Written by Roni Istianto

Orang Pinggiran