[Review] Autonauts – Grafis Sederhana Dengan Gameplay yang Tak Sederhana

in ,

Sebuah developer dari scotland berhasil menciptakan sebuah game Autonauts. Game ini termasuk game indie yang membawa tema seperti minecraft, tycoon dan sejenisnya. Memang tidak terlalu baru secara tema, namun game ini bakal memberimu suatu pengalaman yang cukup berbeda dari game-game yang lain. Game ini hadir di steam sejak pertengahan oktober lalu.  Mungkin bisa dikatakan game ini adalah game pertama dari developer scotland ini. Membawa grafis serta soundtrack yang bisa dikatakan sangat kartun. Tanpa babibu lagi mari simak review game bernama Autonauts ini.


Kamu Adalah Seorang Astronot?

Jika menggabungkan antara judul yang sangat mendekati kata astronot serta setiap mengawali game kamu akan menaiki roket berwarna merah, mungkin benar tokoh utama adalah astronot. Setelah mencapai tempat tujuan kamu adalah Seorang astronot yang memiliki tujuan untuk membentuk sebuah koloni di luar sana. Sebuah koloni yang akan terdiri dari macam-macam jenis.

Setelah mendarat ketika kamu mencentang tutorial maka kamu akan melakukan beberapa tutorial yang harus kamu ikuti hingga selesai. Setelah selesai kamu bisa melakukan tutorial lagi, namun tutorial disini terasa seperti quest-quest yang kamu lakukan. Setelah tutorial atau quest itu selesai kamu akan dihadiahi barang-barang yang bisa kamu crafting mulai dari Baju dan yang lain.


 Achievement Memberikan Banyak Hadiah

Game ini memiliki achivement yang bisa kamu penuhi. Achivement itu bermacam-macam, dan disetiap achivement yang kamu selesaikan kamu akan mendapat berbagai macam item. Mulai dari blueprint-hingga pakaian yang bisa kamu pakai. Selain itu achivement-achievement ini mungkin adalah sebuah quest yang bisa kamu selesaikan jika kamu ingin memiliki sebuah tujuan dalam bermain game ini. Alias game ini adalah game yang sangat bebas kamu bisa menyelesaikan achivement atau hanya ingin membentu sebuah koloni yang sangat masive. Tapi ingat bahwa achivement bisa memberimu berbagai macam hadiah.


Robot dan Bahan Baku Atau Resources

Seperti biasa game macam ini membutuhkan banyak bahan baku untuk membuat sesuatu. Dan untuk membuat sesuatu yang lebih lanjut kamu perlu membangun berbagai macam sesuatu yang lain. Game ini hanya membangun-membangun dan membangun. Bahan baku sendiri ada berbagai macam, semua bisa ditemukan diseluruh sudut penjuru dunia yang kamu pijak, namun apakah bahan-bahan tersebut terbatas?

Di game ini kamu bisa terus mendaur ulang setiap bahan yang ada. Itu menjadi salah satu keunggulan game ini, kamu bisa menghabiskan seluruh bahan bakunya, tetapi kamu juga bisa membuat ulang bahan-bahan tersebut. Setiap sumber daya yang ada membutuhkan alat berbeda pula untuk mengambilnya. Seperti pohon butuh kapak, batu butuh belencong dan lain-lain, mirip harvest moon gitu.

Di sisilain pekerjaan kamu akan dibantu oleh robot yang telah kamu buat. Robot-robot tersebut mampu menjadi seorang pekerja untuk mengumpulkan resources dan yang lain. Dia adalah temanmu yang bisa meringankan setiap pekerjaaanmu. Berbeda dengan kurcaci di harvest moon yang hanya bisa kamu suruh kamu bisa mengatur pekerjaan robot sedemikian rupa supaya bisa sempurna, atau sesuai dengan standart pekerjaanmu. Baik itu untuk mengumpulkan bahan baku, mendaur ulang bahkan untuk membuat suatu tools.


Bukan Game Casual yang Sederhana

Saya berharap bahwa game ini adalah game simple macam tycoon atau harvest moon. Namun yang terjadi adalah game ini sangat rumit. Dengan gambar pixel art yang lucu, game ini justru terasa rumit, karena kamu wajib mengatur semunya agar berjalan mulus tanpa kendala. Game ini sangat membutuhkan tutorial, ketelitian dan lain sebagainya, karena jika tidak mungkin ditengah jalan kamu akan kebingungan dengan apa yang harus dilakukan, kecuali kamu memang pernah bermain sebelumnya.

Berikutnya untuk command terhadap robot juga dirasa sangat rumin, pertama kamu harus membuat robot, menjalnkannya untuk merekam pekerjaanmu, save, beri tools dan jalankan. Melakukan hal itu ternyata tidak sesimple yang kalian kira untuk game ini, banyak hal yang harus dipikirkan, mulai dari menggali tanah, daur ulang pohon, membuat tools untuk kerja dan itu luar biasa pusing, dan salah satu hal yang membuat game ini membosankan adalah kamu lebih sering mengatur robotmu dari pada melakukan eksplore game ini. Meski demikian ketika kamu menggunakan tutorial kamu akan dibimbing sedemikian rupa untuk menyelesaikan setiap achivement yang bisa diselesaikan mulai dari A hingga Z.

Tapi untuk masalah kerumitan mungkin bisa diatasi dengan belajar. Tapi untuk skala yang masih kecil saja sudah terasa rumit, apalagi untuk skala masive, dimana game ini memiliki map yang sangat luas. Tentu saja hal itu membuat sebuah koloni skala masive tidak mustahil. Jadi bisa terbayang bukan berapa rumitnya game ini, karena kamu harus melakukan gerakan yang sama berulang-ulang hingga semuanya berjalan lancar. Karena itu game ini memang terkesan repetitif, dalam artian kamu akan banyak melakukan hal yang sama berkali-kali.

Selain itu dari berbagai auto yang telah berjalan, ketika kamu menemukan eror terkadang sangat sulit untuk diperbaiki, mulai dari kamu harus menurunkan barang yang telah ia pegang, hingga melakukan record ulang. Hal seperti itu tidak terjadi 1-2 kali dan itu sangat menyusahkan ketika untuk menjalankan auto saja prosesnya sangat rumit. Jika kamu pernah melakukan coding mungkin automatis di game ini memang harus dijaga sesempurna mungkin. Tapi seiring game ini muncul mereka telah melakukan beberapa patch yang dirasa mengurangi kerumitan dari game ini.


Menjadi Seorang Pimpinan dari Koloni yang Kamu Ciptakan

Menjelaskan lebih lanjut gameplay dari Autonauts. Mungkin terdengar konyol namun ketika kamu menginginkan manusia lain di planetmu, kamu perlu menciptakannya sendiri. Ya, kamu tidak bisa berharap ada tetangga kecuali kamu menciptakan-nya sendiri. Prosesnya dirasa cukup konyol karena kamu membutuhkan beberapa bahan yang kemudian dimasukan mesin untuk dijadikan embrio, embrio tersebut harus kamu masukan mesin lagi agar terolah lagi yang kemudian menjadi bayi. Sungguh proses yang konyol bukan? dimana dalam game seperti ini mungkin ada proses mating namun tidak ada.

Kamu juga bisa beternak di game ini. Masukan 2 sapi kedalam barn maka akan muncul 3 sapi. Luar biasa buka?. Lalu apa yang dihasilkan oleh sapi. Tidak lain dan tidak bukan adalah sumber daya untuk mencapai achievement selanjutnya. Lalu semua itu harus kamu atur sedemikian rupa hingga semua berjalan lancar tanpa hambatan dari robot hingga yang lain. Jadi tujuan game ini adalah menjalankan planet yang kamu temukan kemudian dunia itu akan berjalan otomatis tanpa hambatan.


Terlihat sangat lucu dengan misi yang serius

Untuk masalah gambar game ini memang memiliki animasi yang bisa dikatakan cukup lucu, dimana kamu akan dihadirkan dengan gambar-gambar yang sangat kartunis. Untuk masalah warna, warna yang dihadirkan di game ini cukup tajam hingga jika kamu terlalu lama bermain yang mungkin akan terasa sakit jika contrast tinggi. Tapi overall warnanya cukup sesuai dengan tema yang kartunis. Game ini juga memiliki sistem pagi, malam dan juga hujan terang.


Sound yang Sangat Standart

Daari segi soundtrack dan effect game ini terasa sangat biasa saja. Tidak ada sesuatu yang ikonik, tidak memiliki sound yang terlalu mewah. Tapi pada dasarnya game ini memang menjual gameplaynya dari pada suara-suara yang dihasilkan. Namun tetap saja sound dari sebuah game tetap menjadi penyempurna dari suatu game. Autonauts justru terkadang memiliki frekuensi yang cukup memekakan telingan yang terkadang cukup mengganggu. Overall memang tak terlalu memuaskan tapi tidak terlalu buruk.


Kesimpulan

Game ini memang termasuk game yang tidak memiliki sisi yang terlalu istemewa kecuali sistem auto nya atau bisa disebut memiliki robot pekerja. Namun selain itu game ini tidak punya hal lain yang bisa diunggulkan. Tapi game ini terasa sangat menyenangkan bagi kalian yang suka melakukan bangun-membangun dan mau sedikit disusahkan dengan sistem auto yang terbilang sangat tidak simple. dan sistem auto itu akan semakin susah jika kamu sudah menjalankannya secara masive.

Jadi untuk kalian yang ingin mendapatkan pengalaman seperti Harvest Moon atau Tycoon, mungkin akan terasa sulit untuk menemukannya disini. Karena justru game ini memberimu sebuah game yang sangat berbeda seperti motonya Build, Create Automate. Game ini memang berfokus terhadap membangun, menciptakan dan membuat semua menjadi automatis. Tapi jelas game ini mampu memberikan pengalaman yang cukup berbeda dengan game lain. Karena game ini penuh dengan logika agar semunya berjalan lancar.


Avatar

Written by Jendra