Review: BenQ EW3270U, Monitor Gaming 4K HDR yang Banjir Fitur !


Follow Us

Skeptis, sebuah kata pertama yang hadir dalam benak ketika berhadapan dengan sebuah monitor high-end didepan mata. Harga serta fasilitas tak sedikit yang ditawarkan menjadi dasar keraguan ketika kami mencoba monitor EW3270U ini, akankah monitor ini bisa meningkatkan experience secara drastis kepada penggunanya ? karena memang selama beberapa tahun belakangan ini, saya pribadi beranggapan bahwa resolusi Full HD masih terbilang cukup.

Nulis artikel dibayar

Belakangan ini memang banyak sekali brand monitor yang mulai bersaing untuk mampu menyuguhkan pengalaman bermain game yang jauh lebih nyaman. Topik seputar resolusi 4K yang awalnya terbilang mubazir, bahkan sekarang telah menjadi keharusan karena memang hardware gaming seperti PC serta PS4 juga sangat mendukung kemampuan ini. So, tak ayal banyak brand monitor yang berlomba-lomba menghadirkan monitor 4k dengan fitur yang worth it serta bersaing. Akankah monitor BenQ Monitor Gaming 4K HDR yang Worth it ? lets see..

1. Penampakan Monitornya Sendiri

 

BenQ EW3270U merupakan monitor 32 inch dengan ukuran panel sebesar 31.5 inch serta mendukung resolusi sampai 3840×2160 untuk spek lengkap bisa kalian bisa lihat dibawah ini.

Bazel yang masih nampak, serta monitor yang sedikit bulky namun tidak akan terasa

Tampak luar panel monitornya terasa sangat luas, dengan bazel samping yang bisa dibilang tipis. Menilik kebawah terdapat 5 tombol pengatur On Screen Display, disana kalian bisa secara bebas menentukan bagaimana settingan monitor kalian. Terdapat satu tombol Power untuk menyala atau mematikan monitor. Terdapat juga satu tombol terakhir yang lumayan mempermudah fitur paling utama dalam monitor ini yaitu, hotkey HDR serta BI+. Satu lagi yang hal yang cukup unik, yaitu sensor didepan monitor yang terletak dibawah logo BenQ, hal ini berguna untuk mendeteksi brightness ruangan jika nantinya kalian ingin menyetting secara otomatis.

Nampak bawah terdapat dua stand yang menjadi satu, berbentuk persegi panjang memiliki finishing glossy membuat monitor EW3270U cukup berbeda dibanding pesaingnya dipasaran yang rata-rata berbentuk lingkaran ataupun melingkar. Tampak belakang terdapat logo besar BenQ yang lumayan besar, finishing plastik lebar berwarna hitam. Bagian belakang bawah monitor ini menjadi bersarang output port EW3270U. Terdapat 2 x HDMI 2.0, 1x Display Port 1.4, 1x USB Type-C (Untuk output Mac-book), serta satu jack audio 3.5 untuk menghubungkan ke-speaker ataupun audio output device lain. Masalah utama terdapat pada monitor stand pada seri ini, dimana kalian hanya mampu men-tilt kearah atas ataupun menghadap kebawah, pengaturan tinggi pendek serta rotasi benar-benar terkunci pada monitor ini.

BACA JUGA  Turnament Emulator Pertama di Indonesia, EPG Berhadiah Total Belasan Juta Rupiah
Port-port yang tersedia

Pada paket penjualan kalian juga berisi buku manual serta CD Drive guna mengoptimisasi monitor dengan PC kalian.

2. Ready Fitur yang Super Banyak

terlihat panelnya yang tebal serta built in speaker

4K + VA Panels +31.5 inch Meski Terdapat Bazel yang Tebal

Salah satu nilai jual dari monitor high-end EW3270U ini adalah resolusi 4K-nya 32 inch-nya. Performa game memang menjadi yang utama di PC, namun nilai estetika serta experience mungkin lebih diutamakan bagi gamer PS4 ataupun PS4 Pro. EW3270U menjadi sangat worth it, selain karena resolusi 4K yang langsung support untuk PS4,  juga karena ukuran panel 31.5 inch benar-benar sangat bikin puas. Bahkan men-split monitor tersebut menjadi 3 bagian, masih terasa besar dan amat puas. Selanjutnya masuk kebagian panel, dimana monitor low-end kebanyakan orang masihlah berkutat pada panel TN ataupun IPS, setidaknya itu yang saya alami. Berbeda dengan ke-dua panel tersebut EW3270U menggunakan panel VA, dimana terasa gambar serta kontras saat menonton film ataupun game terasa lebih cerah.

 

Support Freesync serta 10 bit depth color

perbedaan freesync dengan non freesync

Fitur yang lumayan sangat krusial bagi para gamers maupun user yang mencari entertain, namun pada review kali ini belum berhasil kami ulik secara dalam. Karena ternyata fitur ini membutuhkan kabel HDMI nya 2.0, sehingga bisa terdeteksi 10 bits. Jadi bagi kamu yang ingin merasakan fitur ini pastikan dulu bahwa kabel HDMI yang kamu pakai merupakan HDMI 2.0.

HDR & BI+ Kesatuan Eye Care yang Memanjakan Mata

Low Blue Light Sesuai Kegiatan

Fitur utama yang sangat memanjakan penggunanya ialah BI+, Brightness Intelegence Plus mengatur settingan brightness monitor berdasarkan suasana ruangan kalian saat mengoprasikan monitor. Sensor berwarna hitam dibawah monitor menjadi alat yang akan mengolah keadaan ruangan kalian, sehingga secara otomatis menyesuaikan Brightnes monitor kalian guna menghindari ketidaknyamanan cahaya monitor.

Sensor pendeteksi cahaya ruangan

Terdapat teknologi yang mereka sebut sebagai Low Blue Light, dimana sistemnya teknologi ini berkerja mengurangi cahaya biru yang membuat mata letih dan gangguan lain. Terdapat beberapa profile yang sesuai dengan kegiatan yang sedang kalian kerjakan, mulai dari web surfing, multimedia, hingga membaca. Perubahaan warna yang lumayan drastis dari tiap profile memang cukup membantu, terlebih lagi penggunaan mode web surfing dimalam hari mata terasa nyaman.

BACA JUGA  Seorang Ayah "Tarik" Anaknya dari Sekolah Demi Terjun ke Esports, Berikut Penjelasannya
Hotkey HDR & BI+

HDR memang menjadi topik game yang cukup panas diakhir tahun 2018 kemarin, bagaimana teknologi ini bisa membuat game menjadi jauh lebih realistis membuat banyak gamers rela merogoh kocek untuk mendapatkan fitur tersebut. Monitor ini memfasilitasi tidak hanya fitur HDR namun juga hotkey HDR itu sendiri pada tombol hotkey monitor mereka. Tekan sekali untuk menyalakan HDR, tekan dua kali untuk menyalakan BI+ dan seterusnya secara berulang. Untuk perbandingan ke-4 gambar tersebut kalian bisa melihat perbandingan dibawah ini.

3. Benar-benar Best Gaming Monitor PS4

Bermain PS4 PRO, Dengan Experience yang PRO juga

Kami juga mencoba fitur HDR serta BI+ kedalam game PS4 PRO yaitu Spider-Man (2018), terlihat kualitas gambar yang memang amat drastis, kalian bisa bandingkan dibawah ini. Cukup plug dan masuk ke settingan PS4 pasang automatic HDR maka kalian tinggal play untuk menikmati fitur 4K HDR yang terasa sangat mudah.

Monitor ini memang benar-benar terasa dibuat untuk gamer console, ditambah terdapat built-in speaker bikin experience bermain game semakin gak ribet. Monitor ini sendiri memiliki view angel sampai 178 derajat, kami mencoba menonton film di monitor ini dari bawah, samping, pinggir, atas, tidak ada masalah sama sekali. Bermain game sport ditambah teman-teman menonton sangat cocok untuk monitor ini karena layar 32 inch memang sangatlah luas. Hal yang menjadi keunggulan lain ialah, monitor ini cukup baik dalam menghalangi pantulan cahaya ataupun bayangan, karena banyak monitor biasa yang gambar akan memantulkan refleksi sehingga terkadang tarasa mengganggu.

Spider-Man PS4

Menjajal salah satu game terbaik di tahun 2018, dikembangkan oleh Insomniac game Spider-Man ini terlihat sangat indah sekali di setting resolusi 4k HDR. Mencoba perbandingan seluruh fitur mendapati hasil paling cocok adalah dengan setting HDR & BI +, kedua fitur ini terbukti bukanlah isapan jempol belaka. Warna putih pada gamenya tidak terasa lebay, gambar serta suasana terasa lebih cinematic.

God of War 2018 PS4

Game ke-2 masuk kesalah satu game yang sangat GOT Worthy yaitu God of War. Selain karena armor Athreus lebih terasa detail, fitur  HDR ON ditambah BI+ ON sangat membuat gambar terasa detail dan juga tidak terlalu biru. Kalian bisa lihat perbandingan diatas.

BACA JUGA  Lebih Imut, Murah, Serta Penuh Warna, Switch Lite Jadi Konsol Terbaru Nintendo

4. Opini & Monitor Ini Buat Siapa Sih ?

Harga monitor ini memanglah tidak murah bagi saya pribadi, namun harga tersebut bisa dibilang sangatlah worth it untuk mendapatkan monitor seperti ini. Dengan harga 7.3 Juta kalian mendapatkan resolusi 4k dengan ukuran 32 inch sangatlah bersaing. Hotkey pada HDR serta fitur Brighnes Intelegence benar-benar sangat membuat-ku kagum, kalian akan merasa bahwa monitor ini seperti berkata “i do my job” disaat kalian “you do your job”.

Bazel yang tidak tipis serta bentuk monitor yang terkesan bulky membuat beberapa user mungkin tidak cocok dengan monitor ini, monitor jadi terasa gak futuristik. Namun finishing glossy dari stand serta dasar stand monitor ini cukup mengimbangi desain monitor ini.

Finishing plastik dengan logo belakang BenQ

Bagaimana kesan plug and play benar-benar dirasakan untuk Player PS4 serta terdapat 2 hdmi membuat gamer lebih leluasa untuk menikmati hari diruangannya. Kalau bosan bermain tinggal switch back ke PC menonton film, bosan lagi ganti ke hdmi 2 kembali bermain game, its so easy. Bagaimana kombinasi 4K serta HDR yang awalnya kerap aku kesampingkan, sekarang malah membuat kangen. Kangen akan bagaimana warna pada monitor ini terasa sangat kaya, kangen melihat detail wajah dalam film dan PS, serta kangen akan luasnya monitor yang sejalan dengan luasnya workspace sehingga meningkatkan kinerja selama menjadi pengguna monitor EW3270U ini.

Monitor EW3270U sangat cocok untuk kalian yang memiliki PS4 Pro dan serta keseharian work space atau entertaintment. Kalian yang seorang movie maniac bisa bebas menonton film dari sudut manapun. Kalian yang merasa puas dengan layar super luas pasti akan sangat cocok dengan monitor ini. Ditambah banyak fitur seperti built in speaker serta type-c slot, kalian akan dimanjakan dengan konsep plug & play.

Berminat untuk meminang monitor gede ini untuk teman bermain PS4 kalian?

Cari info lanjutnya disini : Benq EW3270U Official Website

Dan bila kamu langsung berminat membelinya cari tempatnya Disini 


Jangan lupa baca juga info-info menarik lainnya tentang Video Game atau artikel-artikel gak umum lainnya dari Kusumo Aji Suryo.


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item