[REVIEW] Captain Tsubasa – Rise of New Champions : Lari, Tendang, dan Berlari!

in , , ,
Captain Tsubasa: Rise Of New Champions 20200827221047

Sejak absen cukup lama dari dunia video game khususnya console, akhirnya sang Captain kesayangan kita kembali hadir lewat seri terbarunya Captain Tsubasa – Rise of New Champions. Tentunya hal tersebut menjadi kabar yang menyenangkan mengingat, game yang diadaptasi dari komik karya Yoichi Takahashi ini memiliki kepopuleran yang telah mendunia. Game yang merupakan garapan Bandai Namco dan Tamasoft sendiri ini, bisa dibilang menjawab semua rasa kerinduan akan sebuah game sepakbola yang menampilkan aksi jurus-jurus sekaligus tendang fantastis ketika berada dilapangan.

Sejak pertama kali diumumkan sendiri para fans selalu digoda dengan berbagai fitur-fitur baru yang sebelumnya tidak dihadirkan digame-game Captain Tsubasa terdahulu, baik dari segi gameplay ataupun team-team yang dihadirkan pada game Captain Tsubasa- Rise of New Champions. Dikemas dengan visualisasi yang lebih moderen serta gameplay diatas lapangan yang penuh aksi, lalu apakah yang ditawarkan oleh game yang satu ini? Akankah Game Captain Tsubasa- Rise of New Champios, sendiri akan memiliki nasib yang sama dengan game-game adapatasi anime lainnya karya Bandai Namco? Berikut review dari kami!


Story : Dua Cerita Utama yang Berfokus Pada Tsubasa

Seperti game-game Tsubasa pada umumnya, dari segi cerita game Captain Tsubasa Rise of New Champions sendiri masih menghadirkan sebuah cerita yang berfokus pada dirinya. Meskipun begitu sang pengembang juga menambahan sebuah fitur cerita baru yang bernama “New Hero League” yang akan berfokus pada karakter ciptaan mu sendiri. 

Bagi kamu fans Tsubasa tentunya akan merasa familiar dengan, Episode Tsubasa dalam game ini. Dimana dalam episode ini akan menceritakan petualangan Tsubasa mendapatkan gelar ketiga kalinya secara beruntun di Nankatsu. Sedangkan untuk episode New Hero League sendiri kamu akan berperan sebagai karakter ciptaan mu sendiri yang akan diberikan kebebasan untuk memilih 3 sekolah yang ada, diantaranya Toho, Furano, dan Musashi. Cerita dalam mode “New Hero Legaue” sendiri tergolong fresh, dimana kamu akan tampil didalam sebuah kompetisi mini yang ditujukan untuk seleski tim nasional Jepang Junior.

Meskipun keputusan pengembang cukup aneh dalam membagi dua episode yang ada, namun hal tersebut bisa dibilang tergolong cerdik, dimana Bandai Namco dan Tamsoft seolah membuat “Episode Tsubasa” seolah menjadi tutorial mode yang akan mengajarkan berbagai fitur serta, dasar-dasar bermain game. Sedangkan untuk “New Hero League” menjadi tantangan bagi mu, mengingat team-team yang disajikan dalam mode ini memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi.


Cerita Adaptasi Sempurna, Beragam Cutscene, dan Karakter yang Sia-Sia

Bisa dibilang Captain Tsubasa Rise of New Champions sendiri menjadi sebuah game adaptasi yang sempurna, karena tidak hanya berfokus kepada alur cerita Tsubasa dikesluruhan game. Dalam mode “New Hero League” sendiri kamu akan disajikan sudut pandang cerita dari tiga karakter mayor dalam serial Tsubasa, seperti Hyuga, Misugi, dan Matsuyama. Bisa dibilang fitur ini patut diacung jempol, mengingat kita akan diajak melihat perjuangan karakter-karakter tersebut dalam memimpin timnya. Selain itu berbagai scene yang muncul saat pertandingan sendiri bisa dibilang mengadopsi berbagai adegan dari serial animenya, seperti ketika Nankatsu melawan Otomo, dimana Tsubasa harus berhadapan dengan quartet mantan timnya ketika SD ataupun ketika Tsubasa berhasil menyempurnkan drive shootnya ketika melawan Hirado.

Semua hal itu bisa dengan mudah kamu dapatkan, jika kamu memiliki minimal sedikit pengetahuan dasar terhadap anime ataupun manga Captain Tsubasa. Selain itu, dihadirkannya fitur pilihan ketika cutscene berlangsung membuat game yang satu ini lebih menarik. Dimana setiap pilihan yang kamu ambil akan memberikan reaksi atau memicu berbagi cutscene saat pertandingan berlangsung. 

Sayangnya adaptasi yang sempurna tersebut justru berimbas pada karakter ciptaan mu sendiri. Dimana pada bagian kedua dari mode “New Hero League” saat karakter mu sudah beraksi di timnas Junior Jepang, dirinya seolah-olah tidak memiliki peran apapun disegi cerita. Berbagai dynamic scene yang muncul lewat story challenge sendiri berfokus kepada karakter-karakter asli dalam Captain Tsubasa. Sehingga membuat karakter ciptaan mu seolah hanya menjadi “tempelan” dibagian kedua dari mode “New Hero Legaue”. Hal ini tentunya berbanding terbalik didari game-game adaptasi anime karya Bandai Namco, yang selalu memasukan karakter buatan mu kedalam cerita yang ada, seperti dalam game One Punch Man : A Hero Nobody Know.


Visual : Penuh Aksi dan Fantastis

Tidak bisa dipungkiri daya tarik utama dari game Tsubasa sejak dahulu adalah aksi-aksi serta jurus-jurus fantastis yang dipamerkannya. Animasi jurus dalam Captain Tsubasa Rise of New Champions layak diacungi jempol, pasalnya selain menampilkan sebuah scene yang fantastis ketika mengeluarkan special shoot dari tiap karakter, efek-efek animasi memukau juga disajikan dengan begitu apik dan indah, sehingga jurus yang dikeluarkan terkesan begitu hidup. Menariknya animasi jurus tersebut bukan hanya tersedia pada sebuah tendangan saja, sang pengembang juga menghadirkan berbagi efek animasi pada umpan, tendangan kombinasi, tackle, arial attack, serta penyelamatan dari kiper. Tiap jurus tersebut diesksekusi dengan baik oleh Tamsoft, sehingga jurus-jurus yang kamu keluarkan tidak akan membuat permainan sepakbola yang disajikan tertanggu. Sehingga kamu tidak akan keberatan mengekskusi berkali-kali tiap jurus dari karakter-karakter yang ada. 

Meskipun begitu, dari segi visual Captain Tsubasa Rise of New Champions bukanlah tanpa celah. Dari segi cutscene yang ada karakter-karakter yang ditampilan lebih seperti ditempelkan dibackground yang ada. Selain itu selama melakukan review di PS4 Pro, saya masih menjumpai beberapa isu gambar yang belum terender secara sempurna khususnya dibagian pre-match. Kekurangan dari segi visual juga saya jumpai dari, banyaknya layar gelap yang disertai narasi dibagian mode story Tsubasa ataupun New Hero League. Seolah sang pengembang “malas” untuk menyajikan sebuah tampilan visual yang justru bisa membuat narasi yang disajikan lebih hidup ketimbang menampilakan layar gelap. Namun kekurangan-kekurangan tersebut tidak terlalu menggangu jalannya permainan dan berhasil ditutupi oleh aksi-aski fantastis diatas lapangan.


Musik & Audio : Serasa Menonton Serial Anime

Meskipun lagu dari serial animenya yaitu dari Dragon Screamer dari DA PUMP absen dalam game yang satu ini, dari segi dialog karakter yang hadir lewat cutscene membuat mu serasa sedang menonton animenya, karena tetap mempertahankan pengisi suara aslinya didalam game Captain Tsubasa Rise of New Champion. Sehingga cutscene yang disajikan sendiri terasa lebih hidup dan familiar bagi para fans-fans serial animenya. Selain itu efek-efek suara yang muncul ketika mengeksekusi berbagi jurus yang ada, membuat aks-aksi sepakbola fantasi ala Tsubasa tergambarkan dengan baik. 

Walapun hanya muncul dibagian credits title ketika kamu berhasil menyelesaikan game, opening legendaris dari Captain Tsubasa, yaitu  Moete Hero yang dibawakan oleh Takayuki Takemoto menjadi hadiah terbaik  dan membangkitkan kenangan nostalgia bagi kamu yang masa kecilnya diwarnai oleh aks-aski Tsubasa. Selain itu, kekurangan lain dari segi audio adalah, komentator saat petandingan yang tekesan repetitif, sehingga tekesan membosankan. Peran komentator sendiri tidak memberikan nilai lebih secara gameplay, karena seolah-olah hanya jadi pelengkap saja. Meski tidak ada yang spesial dibagian audio, piihak pengembang patut diapresiasi dengan tetap mempertahankan pengisi suara asli dari serial animenya dalam game yang satu ini.


Gameplay : Bukan Game Simulasi Sepakbola Biasa

Meskipun game ini sendiri dirancang menjadi sebuah game simulasi sepakbola yang menghadirkan berbagai fitur seperti, mengganti formasi, mengganti pemain, pilihan strategi, serta fitur-fitur ala game sepakbola seperti PES dan FIFA, nyatanya Captain Tsubasa Rise of New Champion tetaplah sebuah game simulasi sepakbola yang berberbeda dengan 2 game tersebut.

Saya sendiri memilih judul review kali ini dengan cuplikan lagu opening Captain Tsubasa   “Lari, Tendang, dan Berlari” bukan tanpa alasan, karena memang pada dasarnya secara gameplay game yang satu ini menawarkan hal tersebut. Hal tersebut terjadi karena tidak adanya wasit dalam game Captain Tsubasa Rise of New Champion, sehingga pertandingan sendiri akan berjalan dengan cukup “brutal” dengan aksi-aksi berebut bola dengan sliding tackle dari kedua team. Dengan tidak adanya wasit dalam game ini, jangan harap kamu menenmukan pelanggaran yang menghasilkan free kick ataupun kartu kuning dan kartu merah karena tackle-tackle brutal yang dilancarkan.

Hal kedua yang membuat game ini bukanlah game sepakbola biasa, adalah mekanisme mencetak goal yang disajikan. Dimana jika dalam game-game serupa kamu hanya perlu mencari sudut tertentu atau menggunakan strategi tertentu untuk mencetak goal, dalam game Captain Tsubasa Rise of New Champion, jangan harap kamu bisa melakukan hal tersebut. Pasalnya sekuat apapun tendangan yang kamu miliki jika tidak berhasil menguras tenaga dari sang kiper maka mustahil untuk mencetak goal. Berdasarkan pengalaman saya selama melakukan review ini, ada dua cara dalam mencetak goal dalam game yang satu ini, yang pertama adalah menguras tenaga sang kiper dan yang kedua adalah mencoba memancing sang kiper sedikit begerak meninggalkan gawanganya lalu melakukan shoot kearah gawang. Meskipun begitu cara kedua tersebut tergolong cukup sulit untuk dilakukan.


Dengan Satu Tombol dan Manajemen Spirit yang Baik Bisa Jadi Juara

Perubahan mencolok dari segi gameplay Captain Tsubasa Rise of New Champion ketimbang game-game pendahulunya adalah, terletak pada cara memicu jurus-jurus yang ada dalam game ini. Jika digame-game sebelumnya kamu memerlukan berbagai kombinasi tombol yang harus kamu tekan untuk memicu jurus yang ada, dalam game yang satu ini kamu hanya perlu menekan satu tombol tertentu untuk memenangkan pertandingan.Seperti dalam melakukan tendangan, kamu hanya perlu menekan tombol kotak dan menunggu bar merah hingga penuh untuk melancarkan jurus rahasia dari tiap karakter. Begitu juga dengan melakukan dribble, kamu hanya perlu menekan satu tombol untuk memicu gerakan dribble khas dari tiap pemain yang berguna untuk melewati lawan-lawan mu. 

Semua hal tersebut diatur melalui sebuah bar spirit yang menjadi “bahan bakar” ataupun stamina dari para pemain untuk memicu dribbble, sliding ataupun tendangan yang dimiliki. Sehingga kemampuan mu mengatur stamina dari tiap pemain dan timing mu menekan tombol baik menyerang atapun bertahan akan memainkan peran kunci untuk memangakan permainan.  Selain itu hadirnya fitur V-zone sendiri menjadi sebuah pembeda dalam game yang satu ini. V-zone sendiri adalah sebuah buff spirit yang akan aktif dalam waktu terbatas dan memberikan efek kepada seluruh team. Saat V-zone aktif, skill-skill dari tiap pemain bisa dengan mudah kamu picu, seperti tendangan yang mudah membobol gawang atapun penyelamatan spesial dari penjaga gawang yang mampu menghentikan spesial shoot dari tiap pemain.

Meskipun begitu dari segi Ai, Captain Tsubasa RIse of New Champion memiliki beberapa kekurangan. Para Ai ini sendiri tekesan begitu liar, sehingga dalam memicu sebuah serangan kombinasi akan diperlukan sebuah tenanga ekstra. Selain terlalu liar, para Ai ini sendiri terkesan kurang responsif sehingga strategi yang kita inginkan kadang tidak berjalan dengan semestinya. Meskipun begitu, secara gameplay Captain Tsubasa menjadi sebuah game yang menawarkan permainan sepakbola yang fun. Sehingga rasa frustasi diawal permainan akan hilang setelah kamu berhasil beradaptasi dengan fitur-fitur yang disajikan oleh game yang satu ini.


Fitur Segar Sang Pahlawan Baru

Dari sekian banyak fitur yang disajikan dalam Captain Tsubasa Rise of New Champions, mode “New Hero League” hadir dengan sebuah angin segar yang menawarkan sebuah sistem kustomisasi dengan kebebasan baik secara tampilan maupun skill yang akan dimiliki karakter ciptaan mu. Bisa dibilang fitur yang satu ini adalah mode wajib yang ada digame-game adaptasi anime karya Bandai Namco yang memberikan mu kebebasan untuk menciptakan karakter terkuat versi mu sendiri.

Mode yang satu ini dikemas cukup apik dan tidak akan membuat mu ketergantungan dengan pemain cipataan mu, pasalnya saat pertandingan pun kamu akan tetep mengendalikan keseluruhan tim. Layaknya mode Become Legend dalam PES ataupun Joruney pada FIFA, karakter ciptaan mu ini akan memilki rating yang akan meningkat saat kamu berhasil melakukan dribble, passing, ataupun shoot yang menghasilkan goal. Semua hal tersebut akan mempengaruhi stats yang didapatkan, jika pemain mu mendapatkan rating SSS saat pertandingan.

Selain itu hadirnya fitur friendship memungkinkan mu untuk membuka berbagai jurus-jurus dari karkater yang ada dalam franchise Tsubasa. Sistem yang digunakan sendiri, mirip dengan sistem kartu, dimana sebelum pertandingan kamu akan diberikan kesempatan mu memilh karakter-karakter mana saja yang ini kamu tingkatkan friendship poinnya. Semakin tinggi freindship poin mu dengan pemain tersebut, kamu akan membuka skill dan cutscene dari karakter tersebut. Misalnya kamu mencoba meningkatkan friendship poin Hyuga dan Ishizaki, maka kamu bisa mempelajari teknik Tiger Shoot dan Ganmen Block untuk karakter ciptaan mu. Selain jurus-jurus tendangan, dribble, tackle, dan passing, kamu juga bisa membuka berbagai skill yang akan memperkuat pemain mu. Setiap skill sendiri akan memiliki efek yang berbeda-beda, seperti meningkatan stats power, merecovery spirit mu saat sukses melakukan dribble, ataupun, memberikan pentunjuk extra event pada setiap pertandingannya.

Sayangnya,  seperti yang sudah saya sebutkan dibagian review ini, bahwa karakter ciptaan mu tak lebih hanya sekedar pelengkap pada mode “New Hero League”. Walapun perannya begitu dominan saat bagian awal fitur ini, saat sudah memasuki bagian kedua, karakter tak lebihnya hanya sebagai pelengkap, dimana dia tidak memiliki peran signifikan dibagian story saat memasuki arc timnas Jepang yang berlaga dikejuaraan Internasional. 


Kesimpulan

Captain Tsubasa : Rise of New Champions sendiri telah berhasil menjadi sebuah game yang mengobati kerinduan game sepakbola yang menawarkan aksi-aksi memukau dengan berbagai jurus-jurus yang dikemas dengan tampilan yang apik. Berbagai fitur baru, baik dari segi cerita serta kemudahan gameplay yang ditawarkan membuat game yang satu ini memberikan rasa candu ketika kamu telah berhasil menguasai mekanisme yang ditawarkan. Meskipun begitu Bandaii Namco dan Tamsoft bukannya tanpa celah, pasalnya game yang satu ini masih memiliki beberapa kekurangan baik dari segi Ai yang tergolong tidak responsif, suara komentator yang terlalu repetitif, serta minimnya peran karakter ciptaan di mode New Hero League dari segi cerita, membuat kenikmatan permainan sedikit terganggu.

Namun, semua kelemahan tersebut seolah tertutupi dengan berbagi fitur yang telah kami sebuatkan diatas, secara keseluruhan Bandai Namco dan Tamsoft berhasil membangkitan kerinduan serta nostalgia terhadap serial Captain Tsubasa yang dikemas dengan apik melalui sebuah video game.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Video Game serta artikel keren lainnya dari Andi Permana.

For any further collaboration, Contact me at [email protected]

Andi Permana

Written by Andi Permana

Semenjak aku megenal kerja lembur,aku berhenti percaya dengan sarapan pagi dan cinta pada pandangan pertama!