Menjajal Demo Doraemon Story of Seasons Friends of the Great Kingdom

review demo doraemon story of seasons friends of the great kingdom

Menjajal Demo Doraemon Story of Seasons Friends of the Great Kingdom

Review Demo Doraemon Story of Seasons Friends of the Great Kingdom — Beberapa waktu yang lalu Story of Seasons telah memperkenalkan game barunya yang membawa karakter Doraemon untuk kedua kalinya.

Kini, setelah selang beberapa waktu sang pengembang akhirnya telah melepas versi demo untuk game yang diberi judul Doraemon Story of Seasons Friends of the Great Kingdom (FotGK) tersebut.

Review Demo Doraemon Story of Seasons Friends of the Great Kingdom

Game yang satu ini merupakan sequel dari Dorameon Story of Seasons yang dirilis pada 2019 lalu. Dan untuk seri Friends of the Great Kingdom ini sendiri direncanakan bakal rilis pada 2 November 2022 mendatang.

Namun, sebelum kamu benar – benar dapat menikmat full versionnya, developer memberimu kesempatan untuk mencicip versi demo-nya terlebih dahulu. Versi demo ini sendiri sudah tersedia di berbagai platform seperti PC, PlayStation 5, dan Nintendo Switch.

Diberi fasilitas yang bakal sulit kamu dapatkan di versi full

Sebagai awalan, demo Doraemon Story of Seasons Friends of the Great Kingdom ini hanya berlangsung selama 7 hari (in-game). Di dalam demo, kamu akan dibekali item yang sebetulnya belum dapat kamu akses di versi full game.

Beberapa fitur dan events mungkin akan disajikan berbeda dengan versi full-nya.

Tanpa berlama – lama lagi, yuk langsung nyelam aja ke reviewnya!

Story

Petualangan Nobita dan kawan – kawan ke planet Illuma

Demo Doraemon Story of Seasons Friends of the Great Kingdom dibuka dengan intro yang berisikan scene dan kejadian dari versi full game-nya, yang mana hanya dihadirkan secara eksklusif di demo ini.

Dalam sebuah perjalanan, Nobita dan kawan – kawan sampai di sebuah planet yang subur bernama “Illuma”. Di sana, mereka bertemu dengan seorang anak kecil yang terluka bernama “Lumis”.

Setelah mengobati dan berteman dengannya, Lumis bercerita bahwa dia memiliki mimpi untuk menghidupkan kembali pertanian mendiang ayahnya yang sudah usang dan rusak. Mengetahui hal ini, Nobita and the gank memutuskan untuk membantu wujudkan impian Lumis.

Mau hidupin perkebunan ayahnya Lumis

Selagi Nobita mengurus kebun, teman – teman yang lain berpencar mencari pekerjaan di setiap toko yang ada di kota itu. Giant membuat furnitur di workshop, Suneo membantu di Inn, dan Shizuka di klinik.

Tak lama, Nobita bertemu dengan seorang gadis bernama Luana, yang menawarkan dirinya sendiri untuk ikut membantu mereka. Dan, petualangan mereka pun dimulai!

Bagi – bagi tugas

Tujuannya kurang lebih sama seperti Story of Seasons: Friends of Mineral Town atau serial Story of Seasons lain yang ingin menghidupkan perkebunan warisan sang kakek.

Namun, mengingat Story of Seasons kali ini menjadikan Doraemon dan kawan – kawan sebagai tokoh utama, saya sedikit menaruh harapan tinggi akan petualangan menakjubkan mereka dalam mengupas misteri apa saja yang ada di Illuma.

Berharap kita bisa temukan kejutan dan hal tak terduga di versi full-nya mendatang.

Graphic

Visual grafisnya indah banget!

Demo Doraemon Story of Seaons Friends of Mineral Town ini menyajikan grafis yang kurang lebih serupa dengan dengan versi pertamanya. Masih on point dan keren banget. Banyak warna warni pemandangan namun tidak membuat sakit mata karena beberapa tempat didominasi oleh warna hijau yang menenangkan.

Uniknya, bakal ada perubahan angle kamera di beberapa tempat seperti di Sunswept Hill atau Lustre Cape. Tentu point utama di tempat ini adalah pemandangannya yang indah menyejukkan jiwa. Kalian bisa melihat pemandangan langit yang berubah sesuai waktu. Cukuplah untuk memberi asupan jiwa indie-mu itu, brott.

Panorama di Sunswept Hill. Angle kameranya langsung berubah

Namun, untuk beberapa pemain, perubahan angle kamera ini mungkin akan menyebabkan motion sickness dan pusing sehingga tidak betah untuk bergerak lama – lama di tempat ini.

Selain visualisasi grafis, soundtrack maupun background music yang dibawakan Doraemon Story of Seasons: Friends of the Great Kingdom ini cukup eargasm, calming, tidak berisik, dan bisa bantu kamu fokus.

Pemandangan malam hari yang indah di Lustre Cape

Aransemennya kurang lebih sama dengan versi asli Story of Seasons, namun tentunya ada beberapa perubahan nada. Pokoknya, sangat menggambarkan kehidupan pertanian banget, deh!

Yang menjadi nilai tambahan dari Doraemon Story of Seasons: Friends of Mineral Town adalah pengadaan dubbing untuk masing – masing karakter yang mana fitur ini tidak muncul di serial Story of Seasons lain. Meskipun setiap karakter hanya mengucapkan sepatah dua patah kata saja, itu sudah cukup memenangkan hati saya.

Gameplay

Gameplay Doraemon Story of Seasons Friends of the Great Kingdom

Demo Doraemon Story of Seasons Friends of the Great Kingdom ini menghadirkan fitur gameplay simulasi farming yang tidak jauh berbeda dengan game Story of Seasons.

Kalian akan diminta untuk menghidupkan perkebunan mendiang ayah Lumis dengan cara bercocok tanam, mengurus peternakan, dan lain sebagainya. Saat keluar dari rumah, kalian akan langsung disuguhkan ladang yang berantakan.

Perkebunan kalian ini juga dilengkapi dengan kandang ayam, sapi, domba, kuda, dan alpaca. Jadi, sudah jelas ya disini kalian tidak hanya sekedar tanam – menanam saja.

Namun, tentu saja Doraemon Story of Seasons Friends of the Great Kingdom miliki perbedaan dengan Story of Season lain.

Mengumpulkan Serangga dan Ikan

Serangga dan Ikan bisa dikumpulkan dan masuk ke dalam book of collection

Di sini, kalian bisa menangkap berbagai jenis serangga dan ikan. Dan alat untuk menangkapnya sendiri bisa kalian dapatkan setelah berbicara dengan beberapa penduduk di planet tersebut.

Menangkap serangga!

Serangga dan ikan yang berhasil ditangkap akan masuk ke dalam book of collection. Namun, belum diketahui apakah kita bisa mendapatkan achievement jika sudah berhasil mengumpulkan seluruhnya.

Sistem Waktu yang Berbeda

Bandingkan waktu di gambar ini dengan gambar di atas. Berbeda kan, brott? Masih di rumah yang sama lho padahal.

Jika di Story of Season waktu berjalan terasa cepat, maka hal ini tidak berlaku di Doraemon Story of Seasons Friends of the Great Kingdom. Setiap 1 jam di game = 1 menit di real life. Jadi, kalian membutuhkan waktu sekitar 24 menit untuk menyelesaikan 1 hari di game ini.

Dan waktu akan terus berjalan meskipun kalian sudah masuk ke dalam ruangan. Jadi, manfaatkan waktu sebaik mungkin, ya!

Map yang Luas

Banyak banget lokasi baru yang unik!

Selain itu, map yang dihadirkan di Doraemon Story of Seasons Friends of the Great Kingdom jauh lebih luas daripada yang biasa kita temukan. Ada banyak tempat dan lokasi unik yang bisa kalian jelajahi.

Naik kuda kemana – mana

Dengan luasnya map di game ini, maka kalian diizinkan untuk menaiki kuda sebagai alat transportasi kalian. Sehingga gameplay kalian bakal semakin asik dan seru!

To-Do List

To-Do List berhadiah

Tidak seperti Story of Seasons lain, Doraemon Story of Seasons Friends of the Great Kingdom punya fitur bernama “To-Do List”. Fitur ini berguna banget buat kalian yang masih bingung harus melakukan apa di game ini.

Jika kamu mentrigger cutscene, maka kamu juga berkemungkinan besar akan menerima quest baru untuk dituntaskan.

Feature

Fitur di Doraemon Story of Seasons: Friends of the Great Kingdom

Mungkin kalian bertanya – tanya, fitur lain apa saja yang dihadirkan oleh Demo Doraemon Story of Seasons Friends of the Great Kingdom. Berikut beberapa fitur lainnya yang bisa kalian temukan:

Secret Gadget Doraemon

Salah satu secret gadget-nya Doraemon

Kalian bisa menggunakan Secret Gadget Doraemon untuk membuat kehidupan bertani kalian lebih nyaman dan menyenangkan.

“Mini Raincloud” bisa digunakan untuk menyirami tanaman. Dan “Farm Restaurant” bisa digunakan untuk memanen tanaman tersebut dan menjadikannya makanan yang lezat. Atau “Gro-Quik Powder” biar bisa mempercepat pertumbuhan tanamanmu,

Semakin banyak alat Doraemon yang kamu pakai, semakin seru pula permainanmu!

Bisa Kerja Sama dengan Karakter Doraemon Lainnya

Dibantuin nebang pohon sama Doraemon, nih!

Doraemon Story of Seasons Friends of the Great Kingdom punya opsi mode multiplayer dimana kalian bisa mengajak teman kalian untuk bermain bersama. Kalian bisa bekerjasama untuk mengurus kebun, memanen lobak raksasa bersama, atau bahkan mancing ikan bareng. Pokoknya, sangat mempermudah kerjaanmu.

Mode co-op ini juga bisa kamu nikmati meskipun sedang bermain solo, lho. Cukup bicara saja dengan salah satu karakter di Doreaemon, dan pilih opsi “Go Together”. Jika ingin pisah, tinggal pilih “Split Up”. Semudah itu~

Mode Dekorasi

Bisa dekorasi kebun sesuai kreatifitas!

Kalian bisa dekorasi perkebunan kalian dengan menambah furnitur seperti kursi, pagar, pepohonan, dan masih banyak lagi. Materialnya juga gampang banget didapatkan bahkan bisa kalian temukan di kebun sendiri.

Gunakan kreatifitasmu untuk memperindah warisan ayahnya Lumis ini, brott!

Hot-Keys untuk Menggunakan Alat dengan Instan

Fitur hot-keys biar semakin gampang kerja

Dalam demo-nya, kalian sudah diberi backpack dengan kapasitas besar yang cukup untuk menampung peralatan dan item yang kalian dapatkan.

Fitur Hot-Keys dihadirkan untuk mem’bookmark’ alat yang kerap kalian gunakan. Sebagai contoh, jika kalian lebih sering menggunakan water can, kalian bisa letakkan di hot-key atas. Semakin mempermudah kinerjamu dalam menghidupkan perkebunan, deh!

Kesimpulan

Kesimpulan

Demo Doraemon Story of Seasons Friends of the Great Kingdom menjadi pengalaman baru bagi saya. Terlebih lagi dengan banyaknya fitur serta konten yang tidak saya temukan sebelumnya di serial Story of Seasons lain.

Sekilas, game ini mengingatkan saya akan Stardew Valley karena mapnya yang luas banget. Namun, tentu saja Doraemon Story of Seasons FotGK ini dikemas dengan gameplay yang berbeda pula.

Ada banyak perubahan dari segi mekanisme gameplay-nya yang menurut saya pribadi adalah sebuah peningkatan.

Sayangnya, karena game ini berfokus pada karakter dari serial Doraemon, maka tentunya kalian tidak bisa melakukan interaksi romansa dengan penduduk lain. Namun, itu bukan masalah besar karena misi kita berfokus pada kisah yang ditawarkan Doraemon Story of Seasons Friends of the Great Kingdom.

Buat kalian yang sudah memainkan game ini, boleh banget untuk bagikan pendapat kalian di kolom komentar. Dan nantikan terus berita terbarunya hanya di Gamebrott~


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Berita Game atau artikel lainnya dari Sofie Diana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version