Review Disgaea RPG — RPG Dengan Angka Absurd.

Disgaea RPG

Disgaea RPG

Disgaea RPG baru saja rilis untuk pasar global beberapa waktu lalu. Game ini merupakan Seri terbaru dari franchise Disgaea yang rilis untuk perangkat mobile. Disgaea RPG mengusung sistem Turn-based RPG walaupun game-game Disgaea lainnya memiliki sistem Tactical RPG. Game ini telah dirilis terlebih dahulu untuk region jepang pada tahun 2019. Dan pada 13 April 2021 ini, Boltrend Games membawa Disgaea RPG ke server global. Game ini dapat kalian mainkan di Android dan iOS.

Penulis sudah memainkan game ini dari hari pertama rilis hingga detik review ini ditulis. Review ini mungkin bisa menjadi pertimbangan untuk kalian yang ingin bermain game android dengan genre RPG ataupun para fans Disgaea yang masih belum memainkankan game ini. Kalau begitu, kita langsung saja Review game ini, Dood!

 

Gacha

Tentu saja, Game RPG mobile ini memiliki fitur gacha. Gacha pada game ini bisa dibilang cukup baik dikarenakan rate SSR unit pada game ini sama seperti mayoritas game gacha lainnya, yaitu 3%. Dan juga game ini memiliki Event Badass Fest dimana rate gacha untuk unit SR dan SSR meningkat 2 kali lipat.

Gacha juga terbagi 2 tipe, yaitu Free Gacha dan Paid Gacha. Free gacha adalah gacha menggunakan Nether Quartz (Mata uang Gacha) yang kalian kumpulkan sepanjang permainan. Dan Paid Gacha merupakan Gacha dengan menggunakan Paid Nether Quartz yang Pemain beli dengan mata uang asli.

Gacha game ini juga dipisah oleh Banner yang cukup banyak serta karakter limited yang hanya akan hadir di banner tersebut. Seperti Event limited character, Badass Character dan juga Collab Character. Untuk versi jepang, sudah ada kolaborasi keren seperti anime The Seven Deadly Sins dan juga Re:Zero yang nanti juga akan mampir ke server global.

 

Story

Disgaea RPG memiliki 3 tipe story. Yang pertama adalah Main Story dimana pemain menyelesaikan cerita utama yang dibuat khusus untuk game mobile ini. Story memiliki 3 tinggkat kesulitan yaitu Easy, Normal, dan Hard. Ceritanya juga tidak begitu berat dikarenakan seri ini selalu memberikan bumbu humor yang cukup banyak untuk setiap chapternya. Sehingga pemain tidak akan bosan dan pastinya akan terasa terhibur ketika membaca ceritanya.

Story yang kedua adalah Netherworld History, yang merupakan cerita dari setiap seri Disgaea yang ada. Jadi untuk para pemain baru yang belum sempat memainkan seri Disgaea, tidak perlu takut kebingungan karena di bagian story ini pemain akan memahami setiap cerita dari semua seri. Untuk Server Global sendiri baru tersedia Story untuk Disgaea I saja. Namun untuk kedepannya akan ada update secara berkala untuk setiap seri Disgaea yang masih belum kebagian Netherworld Story.

Dan Story yang terakhir adalah Event Story. Disini, pemain dapat menyeselaikan cerita baru yang hanya ada selama 2 minggu. Cerita di Event Story ini juga tidak begitu penting sehingga kalian bisa skip ceritanya dan langsung menyeselaikan eventnya.

 

Gameplay

Sesuai dengan nama gamenya, Disgaea RPG mempunyai sistem Turn based RPG yang berbede dengan seri utamanya yang memiliki sitem Tactical RPG. namun hampir semua fitur unik seri Disgaea ada di game ini. Pemain yang sudah menjadi fans Disgaea tentunya merasakan nostalgia dengan fitur fitur tersebut.

Karakter dalam game ini terbagi 2 tipe, yaitu Humanoid dan Monster. karakter Humanoid dapat menggunakan berbagai macam senjata yaitu Sword, Spear, Axe, Bow, Gun, dan Staff. Sedangkan karakter monster hanya memiliki 2 tipe senjata yaitu Physical Equipment dan Magical Equipment. Equipmentnya tidak jauh berbeda dengan seri utamanya dimana setiap karakter memiliki 1 slot weapon dan 3 slot equipment.

Dark Assembly, merupakan fitur yang unik dari seri Disgaea hadir pada Disgaea RPG. Fitur ini merupakan fitur dimana pemain dapat mengajukan berbagai macam permohonan yang nantinya akan disidangkan oleh para senator monster untuk diterima atau tidak. Pemain dapat menyogok para senator dengan item agar mereka menyetujui permohonan yang pemain ajukan. Namun sedikit berbeda dengan Disgaea lainnya, untuk versi mobile pemain tidak dapat memaksa para senator untuk menyetujui permohonan dengan cara kekerasan.

Item Worlds juga merupaka fitur unik yang juga hadir di Disgaea RPG. Item Worlds adalah fitur dimana pemain dapat masuk ke dunia yang ada didalam equipment yang pemain miliki. Pemain dapat meningkatkan level equipment mereka dengan menyelesaikan setiap lantai yang ada pada Item World dari equipment mereka. Didalam Item World, pemain juga bisa bisa mendapatkan equipment yang lebih kuat dari equipment yang mereka kunjungi. Beberapa equipment memiliki monster khusus yang disebut Innocents. Para Innocents ini nantinya dapat ditangkap dan memberikan efek passive untuk equipment tersebut. Dan yang lebih kerennya, Innocents ini dapat ditransfer ke equipment lain yang memiliki slot innocents.

Fitur Reincarnation juga ada pada Disgaea RPG namun berbeda dengan seri utamanya. Pada game ini, setiap karakter awalnya memiliki level cap 100, dan dapat melakukan renkarnasi ketika sudah sampai pada level cap tersebut. Setelah melakukan renkarnasi, karakter tersebut akan kembali menjadi level 1 dan mendapatkan bonus status serta Mana yang akan digunakan untuk meningkatkan level cap weapon mastery karakter atau basic status serta meningkatkan level cap sebanyak 100 untuk setiap renkarnasinya. Pada seri Disgaea lainnya, perubahan job hanya dapat dilakukan ketika melakukan reincarnation, namun pada game ini karakter dapat meningkatkan job mereka dengan cara meningkatkan bintang rarity dari karakter tersebut dengan cara menumbalkan 5 karakter lain dengan rarity yang sama dengan karakter tersebut.

Fitur unik seperti Towering dan Throwing juga ada untuk Disgaea RPG. Towering adalah sistem dimana karakter dapat mengangkat karakter lain sehingga karakter yang diangkat tidak dapat diserang oleh musuh. Sementara Throwing merupakan fitur dimana karakter yang telah mengangkat karakter lain dapat melemparkan karakter yang diangkat tersebut ke arah musuh. Fitur ini cukup unik dikarenakan ketika kita melemparkan monster Prinny (yang merupakan maskot dari seri Disgaea), prinny tersebut akan meledak memberikan damage kepada musuh dan prinny tersebut akan mati.

Disgaea tentunya bukan Disgaea jika tidak ada Grinding. Mengerjakan stage pada game ini membutuhkan Stamina. Grinding pada Disgaea RPG lebih mudah dibanding seri Disgaea lainnya karena memiliki fitur speed, auto, dan juga skip ticket. Untuk farming material item untuk reincarnation, HL(mata uang Disgaea), dan juga level sudah disediakan Gate khusus yang mempermudah pemain. Sayang sekali tidak fitur ada auto repeat untuk story sehingga kita tidak dapat grinding secara AFK. Akan tetapi Grinding pada Item Worlds tidak membutuhkan stamina dan juga kita bisa menggunakan fitur Auto Advance dan Auto Subjugate Innocents sehingga kita bisa membiarkan game berjalan secara auto.

Tentunya, ciri khas Disgaea yang pastinya hadir pada game ini, Status yang sangat amat absurd. Kalian dapat meningkatkan status HP, Attack, Defense, Resistance, dan Intellegence karakter kalian sehingga bisa memberi serangan hingga miliaran bahkan triliunan damage. Penulis rasa fitur ini merupakan hal yang membuat Disgaea sangat digemari oleh banyak fans nya.

Fitur original yang hanya ada pada Disgaea RPG. Kalian dapat mengganti background tampilan Lobby kalian serta mengganti musiknya juga. Jika kalian bosan dengan tampilan yang sedang dipakai, kalian dapat menggantinya dengan tampilan baru yang nantinya kalian dapatkan setelah melakukan permohonan di Dark Assembly.

Dan yang terakhir adalah fitur Overlord Tower dimana pemain dapat menyelesaikan setiap lantai tower yang cukup menantang dengan hadiah yang sangat menarik. Fitur ini membuat Disgaea RPG tidak hanya game yang serba auto karena dibutuhkan strategy untuk menyelesaikan setiap lantai towernya.

 

Graphic

Tidak banyak yang perlu dibahas untuk grafis pada game ini. Disgaea RPG menggunakan grafis 2D sprites yang rata – rata merupakan grafis yang sudah ada pada seri sebelumnya. Walapun seperti itu, Grafis yang ditampilkan pada game ini cukup nyaman jika kalian suka bermain game – game Classic JRPG.

 

Music

Music pada Game Disgaea RPG kebanyakan merupakan musik yang ada dari seri seri sebelumnya. BGM Lobby yang dapat diubah membuat kalian tidak akan bosan ketika kembali ke lobby serta BGM ketika bermain juga tidak begitu membosankan. Akan tetapi, Sound Effect yang dikeluarkan oleh beberapa karakter ketika diserang sedikit ‘Menegangkan’ sehingga lebih baik dikecilkan saja ketika bermain di tempat umum.

 

Kesimpulan

Disgaea RPG memberikan suasana baru untuk para fans Disgaea dan juga para pemain baru yang belum pernah mencicipi seri ini. Masih banyak fitur lainnya yang telah hadir duluan pada versi Jepang yang nantinya akan hadir satu persatu untuk server Global. Bagi penulis, terlalu banyak fitur yang dirasa cukup kompleks menjadi hal yang membuat para pemain baru enggan memainkan game ini. Grinding yang cukup berat juga membuat para pemain casual menjadi malas memainkan gamenya karena akan memakan waktu cukup banyak. Tetapi, untuk para fans sejati seri Disgaea, ini merupakan game yang cukup fun dimainkan dan juga menjadi hal – hal nostalgia. Penulis memberikan nilai 7 dari 10 untuk itu.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Game Android atau artikel lainnya dari Javier Ferdano. For further information and other inquiries, you can contact us via javier@gamebrott.com

Exit mobile version