REVIEW EaseUS Todo PCTrans: Aplikasi Yang Mudahkan Kamu Migrasi Game Antar PC

in ,
Screenshot 2

EaseUS Todo PCTrans adalah sebuah aplikasi yang mungkin saat ini banyak dibutuhkan semua orang yang bekerja dan memiliki intensitas tinggi dalam menggunakan komputer. Aplikasi ini akan sangat membantumu, karena dia memiliki beragam fitur yang kamu butuhkan.

Untuk menggunakan aplikasi ini juga terbilang sangat mudah. Kamu hanya perlu melakukan instalasi aplikasi dalam beberapa langkah saja.

Pertama, kamu harus mengunduh aplikasi ini pada situs resmi EaseUS Todo PCTransfer, atau bisa klik disini.

Setelah kamu menjalankan installer, akan ada prompt dari Windows yang mengonfirmasi apakah kamu mengizinkan installer mengubah status sistem. Klik Yes untuk melanjutkan, tak perlu khawatir karena proses ini seluruhnya aman.

Setelah itu, kamu harus melakukan instalasi seperti biasa, prosesnya juga sangat mudah bahkan untuk kamu yang tidak begitu paham mengenai proses instalasi program pada komputer.

First Impression

Dalam proses instalasi, aplikasi ini terbilang sangat mudah untuk dipahami sehingga sangat membantu bagi para pengguna yang tidak begitu paham mengenai proses instalasi suatu program.

Tampilan menu dari EaseUS PCTrans juga sangat simple dan sederhana. Menampilkan fitur-fitur utama dengan icon-icon yang juga terlihat sederhana.

Pada ujung kanan atas, terdapat sebuah icon teared down dimana didalamnya terdapat informasi seperti riwayat penggunaan, pengaturan bahasa, dan beberapa informasi tambahan lainya.

Memindahkan Game 

Salah satu fitur yang sepertinya bisa kita ‘highlight’ dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk memindahkan game antar komputer. Ketika kami mencoba untuk memindahkan sebuah game, disini kami mencoba memindahkan Poin Blank yang memiliki size 6.10 GB. Hebatnya EaseUS Todo PCTrans dapat melakukanya dengan lancar, hanya membutuhkan waktu sekitar 8 menit saja. 

Untitled

Selain itu, EaseUS Todo PCTrans bisa memindahkan hingga pada instalasi game tersebut. Sehingga kami bisa langsung memainkan gamenya tanpa perlu melakukan proses instalasi ulang pada komputer baru kami.

Fitur Utama

Sebagai aplikasi trasfer data, EaseUS Todo PCTrans memiliki keunggulan dari aplikasi serupa  pesaingnya, yaitu kemudahan dalam penggunaan. Saat proses pengujian, kami tidak menghadapi hambatan apa pun saat menggunakanya untuk memindahkan data.

Screenshot 3

Nah, berikut fitur yang telah kami uji coba.

PC to PC

Fitur ini merupakan salah satu fitur utama yang bisa digunakan untuk mentransfer file, aplikasi termasuk game yang kamu install pada komputer lama milikmu ke komputer baru. Dengan menggunakan EaseUS, kamu tak perlu lagi khawatir akan data milikmu, karena aplikasi ini mampu memindahkan hingga ke akar-akarnya.

Untuk menggunakanya juga mudah, kamu hanya perlu menginstall EaseUS dikedua komputer serta menghubungkan kedua komputer kamu dalam satu jaringan, baik itu menggunakan kabel LAN ataupun nirkabel menggunakan WiFi. Atau kamu klik link ini untuk mendapatkan tutorial lebih lengkap

Image Transfer

Ini juga memungkinkan pengguna untuk membuat file ISO dari program dari komputermu sebagai cadangan. Dengan menggunakan fitur ini, kamu dapat mengarsipkan data jika kamu nantinya perlu memulihkannya. Ini juga akan membantu pengguna yang ingin memigrasi data dari satu PC ke PC lain yang tidak dapat berada di jaringan yang sama.

App Migration

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memindahkan lokasi aplikasi dari komputermu. Apabila kamu tengah membutuhkan space atau ruang tambahan pada direktori di pc kamu, dengan menggunakan aplikasi ini, kamu tak perlu khawatir karena EaseUS bisa memindahkanya pada direktori lain tanpa hambatan.

Sebenarnya masih ada fitur pendukung lainya yang berfungsi untuk membersihkan file junkies. Ini merupakan fitur tambahan yang cukup berguna, namun kami merasa jika fitur ini tak perlu dijelaskan karena memiliki fungsi yang sama seperti pada aplikasi lain.

Performa serta User Experience

Kami mengujinya pada beberapa cara, salah satu hal yang menguntungkan adalah EaseUS Todo PCTrans dapat digunakan dalam beberapa cara. Yang pertama dan tercepat  adalah mode PC ke PC yang memungkinkan kamu mentransfer segala sesuatu di antara komputer yang terhubung ke jaringan (kabel atau nirkabel) yang sama. Kecepatan transfer datanya juga terbilang cukup mumpuni apabila kamu menggunakan jaringan nirkabel, sedangkan ketika menggunakan kabel LAN, kecepatanya menjadi lebih cepat.

Penggunaan HDD dan SSD juga mempengaruhi kecepatan dari proses transfer. Dimana ketika kami mengujinya, pemindahan data pada komputer yang menggunakan SSD memiliki performa lebih baik.

Bagi siapa pun yang tidak memiliki jaringan LAN atau tidak ingin melakukan hal semacam itu, ada opsi untuk menyimpan semuanya sebagai file ISO dan menyalinnya secara manual. Kami juga merasakan kemudahan dalam penggunaan aplikasi ini, sehingga orang awam sendiri mampu dalam menggunakanya.

Kesimpulan

Menurut kami, aplikasi EaseUS Todo PCTrans merupakan aplikasi yang sangat mudah pengoperasianya. Kami akan merekomendasikan tools ini bagi kamu yang sedang mencari sebuah tools untuk memindahkan data dari komputer lamamu ke komputer baru tanpa ribet. Terlebih untuk kamu yang cukup awam tentang program-program komputer.

Sayangnya, pada versi pro harga yang ditawarkan tidak semua orang bisa membelinya. EaseUS membanderol tools ini dengan harga $49.95 per bulan. Sedangkan untuk versi gratisanya, terdapat limit transfer file yaitu sebesar 500 Mb saja. 

Akan tetapi tenang saja, EaseUS memberikan diskon 50% apabila kamu tertarik membeli tools ini, kamu hanya perlu klik disini. Dengan mengklik link tersebut, kamu hanya perlu membayar biaya tahunan sebesar Rp 413 ribu rupiah.

 

Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki

For tech news, tech review, and press release, please contact me at: [email protected]
Rizki Arif Priyanto Nugroho

Written by Rizki Arif Priyanto Nugroho

Seseorang yang mencoba untuk mengamati tentang perkembangan teknologi dan pecinta ponsel pintar berbasis Android, for more information contact : [email protected]

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.