Review Konsol PlayStation 5: Pesona Next-Gen dengan Segudang Gebrakan

in , ,
Review PlayStation 5

Bagi siapapun yang sudah pernah merasakan indahnya pengalaman bermain game sejak era PS1, menjumpai detik-detik kehadiran konsol PlayStation 5 di Indonesia pastinya adalah hal yang terasa mendebarkan. Bagaimana tidak ? Kita semua telah menjadi saksi hidup dari munculnya teknologi virtual yang semakin lama bisa membuat mata menjadi semakin termanja.

Dari sanapun, kami akhirnya dibolehi mendapat kesempatan untuk merasakan konsol terbaru buatan Sony satu ini. Seperti apa reviewnya ? Simak ulasan kami di bawah.

 

Konsol Putih yang terlihat berbeda ?

Konsol Playstation 5

Seperti yang sudah kalian ketahui, konsol PlayStation 5 ditampilkan dengan nuansa desain yang boleh dibilang cukup futuristik. Bagian lembaran putih yang menghimpit menjadi kulit utama yang menopang bagian isi berwarna hitam glossy mesin dari konsol ini. Pengaplikasiannya sengaja dibuat sedikit melekuk demi memunculkan kesan unik.

Dalam hal menancap-nancap, terdapat satu port Type A-dan satu port Type-C yang akan bisa kamu jumpai di bagian depan konsol. Sementara dua port Type-A, satu port kabel LAN, satu port DC-IN, dan satu Kensington Lock ada pada bagian belakang. Dari sana pun, PS5 tak ketinggalan juga memiliki ukuran yang terlampau gemuk serta lebih besar dari konsol-konsol pendahulunya. Walau bisa ditempatkan secara berdiri maupun tidur, kamu tetap wajib menyediakan space tempat yang cukup lapang untuk konsol ini.

 

Homescreen yang Praktis Nan Elegan

PS5 Homescreen

Pertama kali menyalakan konsol, PS5 pun hadir dengan tampilan homescreen yang elegan. desain UI untuk yang dibawakan memang terlihat berderet-deret seperti di dalam PS4. Namun, kehadiran card justru menjadi suatu hal segar betul-betul segar di sini. Apalagi dari perannya yang akan selalu muncul bila kamu menekan tombol home Playstation dan punya fungsi untuk membantu segala hal yang kamu perlukan tidak hanya dalam bernavigasi, tetapi juga bermain game.

Ya, kamu tidak salah dengar. Sistem Card ini bisa secara otomatis memberikanmu berbagai informasi perihal game yang kami mainkan. Baik itu cara untuk menyelesaikan level, mengalahkan, seperti layaknya panduan guide atau bahkan walkthrough. Keunikan tersebut benar-benar terintegrasi lewat cara aksesnya yang sangatlah praktis dan mudah sekali untuk diaturkan sedemikan rupa.

 

Bermain game tanpa perlu lama menunggu

Demon's Souls 20210217001754
Saat bermain Demon’s Souls

Memainkan game dengan loading yang super cepat adalah satu bentuk pesona era next-gen yang saat ini ingin ditunjukan. Melalui tenaga SSD, kalian tidak perlu menunggu waktu hingga sampai setengah menit untuk mulai menjalankan sesi bermain gamemu.

Bahkan melalui prosesor AMD Ryzen Zen 2 8 Cores yang up to 3.5 GHz dan GPU Radeon RDNA, Konsol PS5 sudah menargetkan pengalaman bermain di 60 FPS pada sebagian besar game dengan maksimal resolusi 8K. Keberadaan dukungan fitur Fidelity Mode di kumpulan game-game eksklusif memberikan suatu opsi yang begitu manja bagi pemain agar bisa menikmati kebolehan teknologi Raytracing walau dengan jumlah FPS yang dibatasi untuk 30 saja.

 

Gebrakan dari DualSense

DualSense

Selain pengalaman untuk memainkan game yang serba cepat melalui tenaga SSD serta performa grafis memanjakan mata, hal menarik lain yang tentu tidak boleh ketinggalan untuk kami singgung jelas berasal dari adalah DualSense.

Dengan desainnya yang lebih dominan putih dan doff, kamu mungkin perlu akan menjaga sekaligus menempatkannya di tempat yang lebih nyaman karena rentan kotor. Namun sebagai kontroller yang menggantikan Dualshock PS4, DualSense sendiri muncul dengan sejumlah gebrakan yang memberi banyak rasa baru di dalam bermain. Khususnya demi mendekatkan diri pada aspek realisme dan keimersifan.

Astro's Playroom 20210216235614
Mengutilisasikan banyak fitur DuelSense di game Astro Playroom

Melalui teknologi yang biasa mereka sebut dengan haptic Feedback, kontroller ini memiliki sensasi getaran yang akan sangat bervarian di saat sedang melakukan aksi hingga berada di area-area tertentu. Bahkan sampai ada bunyi yang bisa muncul dari kontroller tersebut. Misal ketika melangkah, mengayunkan pedang, senjata, dan masih banyak lagi.

Keunikan DualSense tersebut juga semakin diperkuat dengan adanya fitur tombol trigger yang begitu adaptif pada tombol R2. Dalam praktek untuk melepaskan sesuatu, selalu ada bentuk respon tekanan tombol yang begitu berbeda menyesuaikan apa yang sedang kamu lakukan di layar, seperti saat melepaskan tembakan atau anak panah.

 

Keluhan tentang koneksi internet

Rocket League® 20210214220654

Dibalik  powerful dan inovatifnya konsol baru PlayStation 5, satu-satunya hal yang mungkin menjadi nilai minus dari kami lebih berasal dari tingkat stabilitas untuk bisa terkoneksi secara lancar dengan internet. Dalam kasus ini, kami mengalami sedikit kendala masuk ke internet dengan menggunakan Wifi.id.

Entah apakah murni masalah dari provider, atau dari stabilitas koneksi ke hardware yang masih kurang sempurna, kami juga mendapatkan masalah perihal kecepatan Download game yang terlampau lama ketika sudah susah payah terkoneksi. Semoga saja masalah ini bisa segera dibenahi melalui suatu update firmware nantinya.

 

Kesimpulan

Img 20210217 091229

Secara keseluruhan, konsol PlayStation kami anggap sukses memberi suatu ekspektasi yang tergolong tepat sasaran kepada pemain. Konsol ini banyak menawarkan segudang pengalaman bermain video game yang benar-benar pantas dinantikan terlepas dari adanya permasalahan di bagian Koneksi hingga mungkin keberadaan game eksklusifnya yang masih bisa dihitung dengan jari.

Baik itu dari inovasi loading yang serba cepat, tingkat grafis yang semakin dipertajam, hingga kejutan DualSense yang penuh gebrakan benar-benar sangat begitu menjawab kenapa konsol PS5 ini secara normalnya dibanderol dengan harga 7,3 juta Rupiah untuk versi khusus Digital dan 8,8 juta Rupiah pada versi standar.

Bila membahas lebih lanjut mengenai harga, bagi kami ini adalah harga yang sangat fair plus sebisa mungkin untuk perlu kamu dapat dalam situasi apapun. Di atas itu karena pertimbangan fenomena kelangkaan stok, scalper, dan sebagainya, kami tetap bersikeras menyarankan agar kalian lebih berpatokan saja dengan harga resmi yang sudah Sony tetapkan di region Indonesia.

Jadi, tetaplah bersabar dan percaya bahwa itu adalah hal yang lebih pantas untukmu.

Ido Limando

Written by Ido Limando

Just an ordinary gamer who currently in love with Warframe. Also Football, Badminton, and Pro Wrestling enthusiast. Contact: [email protected]