Review LifeAfter: Belajar Hidup Setelah Kiamat Di dunia Penuh Zombie!

in , , , ,
Lifeafter0
Lifeafter

Jika kamu adalah penggemar game horror ataupun game survival, maka kalian harus mencoba salah satu game garapan NetEase yang berjudul LifeAfter. Game yang telah di download oleh hampir 200 juta orang di seluruh dunia ini merupakan salah satu game Open world survival yang paling populer, dimana Pemain harus berusaha keras untuk survive di dunia penuh zombie.

Lifeafter16

Kerennya lagi, NetEase baru – baru ini mengupdate season 3 dari game tersebut, menghadirkan fitur baru yang unik dan menarik. Tentunya, membuat LifeAfter semakin asik untuk dimainkan bahkan untuk pemain baru. Salah satu fitur unggulan yang di tawarkan adalah Seamless Map yang menghadirkan pengalaman bermain yang lebih smooth dibandingkan sebelumnya, pemain bisa dengan mudah mengeksplore dunia LifeAfter dimulai dari kota tempat survivor tinggal ke Gurun pasir, hingga Gunung berapi yang berbahaya hanya dengan menggunakan sebuah kendaraanmu, dan masih banyak lagi konten – konten seru yang bisa dimainkan dalam game Open World Doomsday Survival Game ini.

Season baru memberikan game yang sama dengan feel yang baru

Sebelumnya, penulis merupakan pemain lama yang telah memainkan game LifeAfter pada season – season sebelumnya. Setelah hiatus beberapa saat, pada update season ke 3nya tersebut, penulis akhirnya memiliki waktu untuk memainkan Open World Doomsday Survival ini, dan cukup terkejut dengan update yang baru dihadirkannya.

Lifeafter15

Seperti yang disebutkan sebelumnya, NetEase menambahkan fitur Seamless Map. Tak perlu lagi balik menggunakan helikopter, Pemain bisa secara langsung menjelajahi dunia LifeAfter dengan menggunakan transportasi ataupun kendaraanmu. Ya, di update tersebut pemain kini bisa mengendarai Motor Gede untuk menjelajahi dunia penuh zombie ini, tak hanya sebagai alat transport, pemain bisa menggunakan kendaraan kalian untuk berpindah ke satu map ke map lain secara langsung tanpa menggunakan helikopter. Kalian hanya perlu berbicara dengan Rachel di kota dan sepeda motor besar tersebut akan dikirimkan ke rumah kalian untuk pemain lama, pemain baru akan secara langsung mendapatkan kendaraan tersebut pada saat mengikuti tutorial dalam game.

Lifeafter (6)

Selain fitur yang diberikan oleh NetEase tersebut, Game ini juga menambahkan berbagai fitur baru dimulai dari job baru bernama treasurer, dan map baru yang bisa diakses untuk pemain.

Lifeafter (3)

Untuk kalian yang kebingungan memulai season terbarunya akan ada juga perubahan informasi dan penambahan tutorial yang diberikan untuk pemain baru, dimulai dari cutscene keren yang menjelaskan sedikit banyaknya backstory yang ada dalam game untuk mengenalkan game tersebut secara keseluruhan.

Lifeafter7

Interaksi Antar Pemain yang semakin Menyenangkan

Salah satu fitur baru yang ditanamkan dalam game ini, yaitu Structure sistem. Pemain bisa membuat struktur ataupun bangunan berupa fasilitas yang ada untuk membantu dirinya sendiri dan pemain lain..

Lifeafter8

Pemain bisa menggunakan fasilitas tersebut untuk memudahkanmu mengakses tempat – tempat yang berada di dalam game maupun secara general membantumu pada saat bermain gam. Misalkan saja Zip Line yang bisa digunakan seperti Flying fox untuk berpindah tempat dari satu tempat ke tempat lain, Gas station untuk mengisi bensin kendaraan secara gratis, Pos Box seperti yang bisa dilihat pada gambar diatas yang bisa membantu mu mengirimkan barang – barang di dalam game dan masih banyak lagi. Semua struktur yang dibuat oleh pemain lain akan diberi tanda biru di dalam map tersebut dan pemain bisa menggunakannya langsung tanpa syarat

Screenshot 1

Nah, kerennya lagi, kalian juga bisa berterima  kasih kepada pemain lain jika pemain merasa terbantu dengan memberi like kepada pemain lainnya. Like yang diberikan oleh pemain pun akan berubah menjadi point yang kemudian dapat digunakan untuk membeli item dalam game. Cukup menarik, konsep dari fitur ini sebenarnya pertama kali dirilis oleh Death Stranding dan LifeAfter menjadi salah satu game atau bahkan satu – satunya game Mobile yang mengimplementasikan fitur tersebut.

Kustomisasi seru dengan beragam pilihan outfit yang keren!

Lifeafter1

Pertama – tama, pada saat memainkan game tersebut, pemain akan diberikan pilihan untuk membuat karaktermu sendiri. Pemain dapat memilih gender yang diinginkan untuk hidup di dunia penuh tantangan dan zombie tersebut. Kerennya lagi, pembuatan karakter ini tak kalah dengan pembuatan karakter di game – game PC dengan kustomisasi yang detail dan spesifik.

Lifeafter2

Pemain bisa merubah detail yang ada dari muka dimulai dari alis yang berada di atas matamu, hingga bentuk bibir dan warna yang kalian inginkan. Pilihan dari kustomisasi tersebut pun sangat beragam sehingga pemain bisa menghabiskan waktu yang cukup lama dalam membuat karakter mu sendiri.

Lifeafter3

Binatang peliharan yang akan setia menemanimu berpetualang!

Lifeafter5Salah satu fitur yang paling penulis sukai pada saat bermain game ini adalah adanya seekor anjing pengikut yang lucu dan menggemaskan. Si anjing juga bisa menggigit para zombie yang menghalangi pemain dalam mencari sumber daya di dalam game. Umumnya, game – game open world seperti LifeAfter menggunakan anjing sebagai maskot dalam game yang tak berguna selain menjadi pemanis buatan di dalam game. Sehingga penulis merasa terkejut saat mendapati anjing yang dimilikinya menemukan beragam sumber daya seperti kayu, iron, dan mineral untuk membantu para pemainnya.

Lifeafter4Tiap – tiap anjing yang dimiliki oleh pemain juga akan memiliki job/rolenya sendiri, dimulai dari Rescue dog yang akan memberitahumu dimana Zombie berada dan menyerangnya. Search dog yang akan mencari sumber daya dan memberikannya kepadamu, dan Therapy dog yang dapat melakukan berbagai trik unik yang lucu sebagai maskot dalam game mu.

Gameplay yang menarik dan tidak membosankan

Lifeafter11

Akan ada banyak sekali hal yang bisa kalian lakukan di LifeAfter, dimulai dari berpetualang dan membunuh para zombies di dalam map, bertarung dengan pemain lain untuk memperebutkan sumber daya, membangun rumah dan komunitas, hingga bercocok tanam dan beternak. Game ini menghadirkan pengalaman, komunitas tak hanya akan mengkhianatimu, namun juga akan membantumu dalam dunia setelah kiamat yang penuh dengan zombie.

Kalian juga bisa membangun sebuah camp beranggotakan banyak pemain untuk bersama – sama melawan boss yang ada di dalam game dan bertukar barang. Tak hanya itu, tiap – tiap daerah juga dibekali map yang sangat luas dan indah yang penuh dengan hal yang bisa kalian jelajahi tanpa batas. Kalian hanya perlu menggunakan kendaraan terpercaya mu dan mengarungi dunia LifeAfter karena kalian bisa menjelajahi map satu ke yang lain tanpa batas. Terlepas dari kejaran para zombie yang akan membunuh mu di tiap belokan.

Fitur – fitur yang ada dalam LifeAfter yang tentunya sangat menarik untuk dibahas satu persatu, seperti:.

Seamless Map: Fitur ini menjadi salah satu fitur baru yang diterapkan di LifeAfter pada season ke 3 nya. dengan fitur ini, pemain bisa bebas menjelajahi dunia LifeAfter dan map yang ada dengan keindahannya tanpa batas dan tanpa loading sama sekali. Pemain hanya perlu menjelajahi batas border yang ada dari tiap map untuk pergi ke map lain dengan gampangnya. Selain itu, perubahan iklim ataupun musim yang ada di tiap map pun akan secara langsung berefek pada pemain. Jadi bagaimana kesiapan pemain untuk menjelajahi dunia ini juga akan di pertanyakan.

Lifeafter (5)

Day and Night: Menjelajahi dunia LifeAfter yang memiliki fitur seamless map ini, pemain tentunya akan menghabiskan waktu yang cukup panjang. Untuk meningkatkan kesan realistis ataupun nyata di dalam game, NetEase mengimplementasikan fitur Day and Night. Selain terlihat nyata, fitur ini juga akan meningkatkan spawn zombie dimalam hari, dan spawn resource yang berbeda tergantung dari pagi dan malam hari.

New Project

Cuaca yang extrim: Seperti yang dijelaskan di fitur seamless map tersebut, akan ada fitur cuaca yang extreme yang harus dilalui oleh pemain di tiap tempat yang mereka jelajahi. Fitur ini bergantung pada musim di tiap tiap tempat, misalkan fall forest yang memiliki musim gugur, hingga Mount snow dengan musim dingin. Uniknya lagi, setiap musim tersebut akan merubah cuaca dalam map tersebut. Dimulai dari Angin puting beliung, Badai Salju, Badai Pasir, hingga Hujan petir dan angin pun akan ada di dalam game tersebut. Parahnya lagi, setiap cuaca tersebut akan memberikan debuff yang cukup berefek pada kemampuan survivalmu. Misal, ketika berada di bawah hujan angin, pemain akan terkena flu yang akan mengurangi kecepatan gerakmu.

Lifeafter12

Body Temperature: Mengingat adanya Pagi dan malam, disertai dengan cuaca serta iklim yang extrim dalam game tersebut, tentunya tak mengherankan bukan, jika LifeAfter menambahkan fitur body temperature yang akan membuatmu semakin sulit bertahan hidup. Pemain yang terlalu kedinginan ataupun kepanasan, akan mendapatkan pengurangan health setiap detiknya, yang bisa kalian lakukan disini adalah dengan mencari tempat berlindung, memakan makanan hangat, hingga menggunakan pakaian hangat.

Jobs/Career: LifeAfter menjadi salah satu game paling unik, job yang dimiliki oleh pemain akan berefek pada komunitas tempat kalian bernaung, atau bisa dibilang sebagai camp di dalam game tersebut. Pemain bisa memilih 1 dari banyaknya job yang ada di dalam game dengan kemampuannya sendiri. Job di dalam game ini dibagi menjadi 3 bagian menurut penulis, dimulai dari Crafter yang membuat senjata “Gunmaker”, “Armorer”, “Furniture Master”, Gatherer “Hemp Picker”, “Miner”, “Logger” dan Combat “Rifleman”, “Sniper”, “Warrior”, dan “Virus Expert”. Masing – masing memiliki kegunaannya dan tidak ada yang lebih unggul dibandingkan yang lain. Kerennya lagi, tergantung dari komunitas dan servermu, kalian terutama untuk Gatherer dan Crafter, kalian bisa menjual barang jualan kalian untuk mendapatkan Gold Bar yang lebih banyak lagi.

Lifeafter17

Mastery: Setiap kali melakukan sesuatu di dalam game, baik itu crafting, gathering, maupun combat. Pemain akan mendapatkan EXP yang bisa digunakan untuk mengupgrade skillmu. Kerennya lagi, setiap skill yang dimiliki oleh pemain, akan membantumu bertarung di map yang memiliki zombie yang lebih kuat. Tergantung dari levelmu, kalian bisa mengetank serangan zombie, dan menghancurkan kepala mereka dengan sekali serang.

Lifeafter6

Drone: Yap, anda tidak salah baca, alat keren yang umumnya digunakan untuk shoot video ini, hadir di LifeAfter sebagai pembantu setiamu, selain anjingmu tentunya. Drone memiliki beragam fungsi, dimulai dari membunuh musuh ataupun zombie, memberimu heal, hingga mencari barang yang kamu butuhkan. Tergantung dari chip yang kamu pasang, kalian bisa membuat drone yang kalian inginkan untuk menjadi budak mu.

Crafting: Sama seperti game survival lainnya, pemain juga bisa membuat berbagai macam alat untuk membantumu di dalam game. Dimulai dari crafting senjata, membuat armor, membuat peluru, hingga akhirnya membuat makanan dengan buff yang dapat membantumu in game. Literally, karena ada buff yang meningkatkan efek gathering dan efek menyerang dalam game. Uniknya lagi, weapon yang telah kalian buat itu juga bisa diupgrade dengan menggunakan reagent, crystal, dan masih banyak lagi barang untuk menambahkan status dan serangan serta damage dalam game. Ada pula beberapa senjata yang bisa di evolve untuk mendapatkan versi yang lebih kuatnya.

Lifeafter (4)

PVP: Tak mengherankan bukan jika game ini memiliki fitur player vs player. Yep, pemain bisa bertarung satu sama lain, mencuri item musuh, dan mengambil peralatan yang pemain inginkan karena LifeAfter memberikan satu ataupun beberapa map untuk itu. Seperti yang dibilang sebelumnya, sama seperti film zombie yang ada di tvmu, hal yang perlu kalian takutkan adalah sesama manusia lainnya.

Team: Sama seperti game story ataupun game Open World lainnya Life After juga mengimplementasikan fitur Team. Pemain bisa membuat team beranggotakan 4 orang untuk menyelesaikan beragam story yang ada di dalam game tentunya dengan hadiah yang semakin menguntungkan terutama untuk pemain baru. Contohnya Miska University yang memiliki difficulty yang berbeda dengan tantangan yang berbeda sesuai dengan beragam hadiah termasuk dengan Gold Bar yang bisa digunakan untuk membeli barang premium di dalam game.

Lifeafter

Map baru tantangan baru: Setiap map memiliki tantangannya sendiri, misalkan di fall forest merupakan zona santai yang aman tentram, Sand Castle merupakan jona yang lebih menantang karena memiliki badai pasir yang akan menghalangi jalan dan pemandanganmu. Ada pula Snow Hight yang bisa membuat mu kedinginan, dan masih banyak lagi. Bagaimana kamu mempersiapkan karaktermu sendiri juga menjadi tantangan baru karena hanya ada beberapa barang saja yang bisa kalian gunakan dalam game tersebut.

Whatsapp Image 2020 11 11 At 02.10.38

Boss Battle: Dalam mengexplore dan mengikuti cerita yang ada di LifeAfter, akan ada Boss monster yang akan menghalangi mu mencari dan menyelesaikan virus zombie tersebut. Umumnya boss zombie ini bisa di kalahkan bersama dengan team musuh, namun kalian bisa menantang diri kalian untuk mencoba mengalahkan nya seorang diri

Daily Quest: Banyak sekali quest yang bisa dilakukan dalam game yang akan memberikanmu beragam item seru yang bisa meningkatkan pengalaman bermain mu, sehingga ada saja hal baru yang bisa kalian lakukan setiap login di dalam game.

Lifeafter (2)

Home/Camp: Disini kalian bisa membuat rumah kalian sendiri, Pemain bisa membangun tempat tinggal kalian agar bisa tenang. Dimulai dari membuat perabotan, tempat tidur, dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, disini kalian juga bisa membuat tempat untuk bercocok tanam, beternak, dan mining dengan menggunakan sumber daya yang telah kalian temukan dan beli di kota. namun jangan berharap kalian akan selamat di rumah kalian, karena akan ada zombie yang akan muncul dan menghancurkan rumah kalian secara berkala di dalam game. Jadi lindungilah rumah kalian. Selain itu, pemain juga bisa membangun sebuah komunitas ataupun guild dengan nama camp di dalam game. Disini, pemain bisa bermain bersama dengan teman kalian yang memiliki goal yang sama untuk maju bersama.

Lifeafter10

Kualitas grafis yang setara dengan game konsol lainnya

Berbeda dengan season sebelumnya, terjadi peningkatan grafis yang cukup tinggi seperti yang bisa dilihat pada gambar character creation diatas. Penulis sendiri merupakan pemain casual season 1 game LifeAfter, dan pada saat melihat update grafis di Season 3, penulis seperti bermain di game yang berbeda.

Lifeafter

Meskipun memiliki esensi yang sama, grafis yang dimiliki oleh LifeAfter mendapatkan peningkatan yang cukup signifikan dan bisa dibilang setara dengan game – game konsol dengan budget tinggi.Sayangnya peningkatan grafis akan berakibat ke performa serta FPS yang ada di game tersebut, terutama jika pemain menggunakan smartphone yang memadai saja seperti penulis, namun NetEase memberikan opsi penurunan kualitas grafis untuk performa.

Kesimpulan


Tak hanya gameplay, grafis pun menjadi hal yang ditawarkan oleh NetEase untuk pemain game survival tersebut. Ada banyak sekali hal yang bisa kalian explore, dan NetEase sendiri pun kerap melakukan update terkait dengan fitur – fitur baru maupun map yang ada di dalam game tersebut, meningkatkan variable yang ada sehingga kalian tak akan pernah bosan memainkan game zombie survival ini.

Jika kalian tertarik dengan game LifeAfter ini, Pemain bisa mendownloadnya sekarang juga secara gratis di Android Google play store, dan iOS Appstore!


Baca lagi artikel menarik lainnya mengenai Game Mobile dan artikel lain dari penulis kita Jay!

Avatar

Written by Jay