[Review] NBA 2K20 – Tetap Hadir Memukau Dengan Sedikit Perubahan

in

Bercerita tentang game NBA, tentu NBA2K yang akan selalu diperbincangkan. Menjadi satu-satunya game yang membawa NBA ke dalam platform game di depan matamu tentu memberikan nilai plus tersendiri bagi 2K. Sekali lagi menghadirkan fitur-fitur seperti MyCareer, MyLeague dan tentu saja my neighborhood ditambah fitur baru lainya. Tahun ini mereka merilis seri terbaru mereka 2K20 dengan perubahan-perubahan yang akan disajikan dalam paket lengkap game basket ini. Setelah bertahun-tahun mendominasi game NBA tentunya bermunculan ekspektasi-ekspektasi tentang perkembangan game ini bukan. Simak Review NBA2K kali ini.


Memperkenalkan WNBA

Pertarungan Udara

Hal pertama yang langsung terlihat pada game NBA2k20 adalah Game mode baru WNBA. Hadir pertama kali di 2k20 tahun ini membawa angin segar bagi penikmat NBA2K20. Sebuah langkah yang cukup baik untuk memperkenalkan liga basket wanita bagi mereka yang awam akan WNBA. Menghadirkan bintang-bintang besar WNBA seperti Candace Parker, Maya Moore, dan masih banyak yang lain serta 12 team WNBA. Hal ini menjadi poin positif untuk mereka yang mengenal WNBA dan ingin mencoba bermain salah satu team dari WNBA. Sedangkan untuk mereka yang awam, mereka akan lebih mengenal apa itu WNBA dan siapa itu WNBA.

Steaaalll…
Lari menuju basket
Free Throw

Sayangnya kamu tidak bisa mencoba my career dengan karakter cewe, padahal dengan adanya WNBA masuk tentu memberikan my career dengan gender wanita tidak mustahil bukan? Bayangkan betapa serunya my neighborhood memiliki karakter cewe, setelah beberapa tahun dipenuhi oleh karakter cowo.


Tak Banyak berubah Dari Segi Gameplay dan Juga Grafis

Rival

Kemiripan dari series sebelumnya masih terasa, mulai dari dribling, assist, shoot parimeter, dan masih banyak yang lain. Hanya saja beberapa mekanik sedikit berubah, mulai dari 3 point shot yang terasa lebih mudah, mungkin di selaraskan dengan NBA asli dimana strategi 3 point memang cukup kuat. Meski demikian tetap saja kamu harus mencari celah yang cukup untuk mendapat presentase tinggi untuk masuk. Sedangkan untuk dunk tergantung dengan fisik serta attributes dunk kamu, bisa dikatakan masih sama dengan seri sebelumnya. Dan untuk lay-up drive serta yang lain sangat bergantung dengan parimeter shot, jadi terasa sedikit lebih susah untuk mendapat 2 poin dari bawah ring. Semua tentang mekanik-mekanik dasar lah, ketika kamu mencoba memainkan pasti terasa sedikit ada perbedaan.

Have Fun
Sudah terlalu sering maen My Career

Masih tentang gameplay, AI nya semakin gila, beberapa AI akan mencoba melakukan steal secara otomatis ketika kamu bermain game biasa. Setiap pass yang melewati orang kemungkinan besar akan di halangi dan terjadi steal. Tetapi ada sedikit masalah dengan auto steal, terkadang ketika memencet tombol steal, pemain yang tak berada pada controlmu akan mencoba steal yang terkadang berujung pada foul.

Lompat Huuppp…

Untuk grafis juga tidak ada perubahan yang signifikan. Tidak ada perubahan yang terlihat, kecuali ditambahnya  detail-detail kecil dan animasi-animasi shoot baru. Grafis memang tidak begitu bermasalah untuk game-game sports yang rilis setiap tahun. Hanya saja harapan-harapan tentang munculnya perubahan pada grafis tentu saja ada. Jika dilihat secara sekilas kamu tak akan bisa mebedakan kamu memainkan NBA 2k20 atau 2k19 kecuali dari UI dan beberapa.


Sajikan Fitur Baru MyBuild yang Patut Dipuji

Setelah Jadi

Siapa yang tak tahu game mode my player, sebuah game mode yang membuatmu menikmati cerita, grinding, hingga akhirnya siap tampil di dalam Neighborhood. Ada pembaruaan pada mode ini, pertama, kamu akan diperkenalkan oleh skill breakdown dimana kamu bisa rubah-rubah dengan preset yang ada, untuk mencapai bentuk permainan yang kamu inginkan dan bisa melihat status apa saja yang akan ditunjukan.

Seperti Biasa Name dan Lain-Lain
Skill Breakdown yang bakal mempengaruhi maks Attributes kalian
Build Potential dan juga membuka Badges Point
Preset Pro Players NBA

Next, bisa dikatakan ini suatu mekanik yang super keren yaitu fisik. Fisik disini benar-benar sesuatu yang berbeda dari nba-nba sebelumnya. Fisik disini tak hanya akan berpengaruh terhadap beberapa attributes mu tetapi juga berpengaruh kepada beberapa attributes yang telah dihilangkan seperti vertical, speed, acceleration dan stamina. Jadi misal berat kamu banyak maka ia akan mengurangi speed mu tapi menambah strength mu, begitu pula sebaliknya.

Basic Fisik Kalian, bebas milih yang mana
Berat badan nambah Strenght mengurangi accel
Mengurangi tinggi badan menambah speed dan accel, namun mengurangi strenght

Jadi maksimal pada attributes di atas berpengaruh terhadap bentuk fisik yang akan kamu build dan akan meningkat seiring attributes seperti shoot, def, inside, dan lain-lain ditingkatkan. Disisi lain kamu juga tidak perlu menghabiskan VC untuk menambah attributes fisik tersebut. Cukup fair bukan, jadi seluruh tinggi dan berat badan memiliki keunggulannya sendiri-sendiri. Cukup fair sih. Selain itu kamu juga bisa memilih preset dari pro player yang telah disediakan, dimana kamu akan mendapatkan status seperti pemain-pemain bintang NBA yang ada.

Setelah attribute upgrades abis

Selain itu setiap attributes, type play hingga fisik akan berpengaruh juga akan badges yang bisa kamu dapatkan. Jika kamu seorang all-rounder yang berfokus pada shoot dan playmaking serta inside score. Kira-kira kamu akan mendapat 20 badges point, 11 playmaker point, 20 finishing, paling tidak itu yang kudapat dari build diatas. Beberapa badges baru juga muncul seperti steady shoot dan lain-lain. Hal ini tentu menambah pengalaman bermain yang lebih baik dari NBA 2k19.

Terakhir tentu memilih Takover

My Build sendiri bisa kamu coba. Setelah kamu membuat karakter seperti yang kau inginkan, kamu bisa melakukan test terhadap karakter tersebut, agar kamu mengetahui kekuatan dari karakter yang kamu bentuk. Jika sesuai maka gas. Jika tidak maka edit hingga kamu mendapat kenyamanan yang kamu inginkan


Cut Scene Semakin Banyak, Cerita Tetap Membawa Khas NBA 2K

Let’s Go

Ini adalah kelanjutan dari MyBuild, setelah kamu selesai dengan segala pembentukan karaktermu, seperti biasa kamu akan disajikan oleh cerita ala NBA2K tentang seorang yang strugle untuk mencapai NBA. Dalam game ini kamu akan bermain sebagai Che yang telah membuang kesempatan emasnya untuk simpati dan solidaritas, yang ujungnya hampir menghancurkan seluruh karirnya. Hingga ia kembali mulai dari nol dan akhirnya mencapai sesuatu yang sangat ia inginkan yaitu masuk NBA.

Summer League
Negosiasi
Event Dari Beats

Namun banyaknya cutscene-cutscene kecil setelah story asli mycareer selesai.  Membuat cerita Che seolah masih sangat panjang di game ini. Mulai dari hinaan penonton, pujian penonton, masuk tim inti, wawancara, datang ke pesta dan  masih banyak lagi. Sesuatu yang bakal kamu skip juga pada akhirnya ketika telah meng-eksplorasi tentang cerita-cerita kecil yang disajikan.


Bermain Online Tunjukan Skillmu

With Someone i dont even know

Jika kita tak membahas tentang my neighborhood tentu tidak mantap. Pertama-tama kita bahas area. Area di my neighborhood 2K20 juga tidak banyak mengalami perubahan. yaps, saya sendiri merasa tempat itu masih tempat yang sama. Lokasi gym, lokasi spin, dan lain-lain tetap ada di tempat yang hampir sama. Masih dengan court 2 vs 2 dan 3 vs 3.

Screen For Live

Seperti biasa di sini kamu bisa bermain game dengan orang lain secara online atau hanya sekedar menggunakan daily spin ataupun Gym. Setelah kamu berlatih di gym selama beberapa waktu, karakter kamu akan beberapa boost status fisik seperti strength, vertical dan lain-lain yang dikatakan saya berguna untuk digunakan  baik itu untuk career ataupun bermain online.

Dapet Sepatu Gratis ya di Klaim donk

Untuk grinding entah hanya saya atau orang lain merasa juga. yang jelas menurut saya NBA kali ini lebih ramah grinding. Hanya saja mereka yang telah grinding mati-matian di seri sebelumnya belum tentu merasakan hal yang sama. Ya, karena saya merasa pada NBA sebelumnya untuk menyentuh overall 80 saja susahnya minta ampun. Di NBA 2K20 ini saya bermain sebagai three point spesialist, dan untuk setiap harinya bisa mendapat bonus daily quest sebesar 3000. Angka yang cukup tinggi sih menurut pribadi.


Soundtrack

Tidak bisa dipungkiri bahwa NBA2K selalu membawa nama-nama besar dari industri musik untuk hadir dalam game mereka. Nama-nama seperti Sia, Post Malone, Zedd dan masih banyak yang lain. Tentu saja musik-musik tersebut dipilih dengan baik untuk membawa tema ala NBA. Jadi tidak terdapat masalah tentang soundtrack untuk game ini. Memang super duper dope.


Kesimpulan

NBA 2K20 tetap hadir dengan menawan dan menawarkan beberapa pembaruhan. Meskipun tidak ada hal major yang berubah kecuali WNBA, NBA 2k20 tetap terasa mempesona. Untuk masalah bug yang muncul pada game ini tentu pihak 2K akan berkeja semaksimal mungkin untuk memperbaiki dengan menggunakan patch-patch yang akan muncul seiring berjalanya waktu.

LeBron

Dengan hadirnya fitur my build yang sangat memukau tentu membawa angin segar untuk mereka yang menyukai my career dan dengan adanya sistem test build kamu juga bisa memaksimalkan semua potensi agar sesuai dengan playstyle kamu. Overall, game NBA 2K20 tetap datang dengan khasnya. Sebagai penggemar basket tentu saja memainkan game ini cukup menyenangkan dan menghabiskan cukup banyak waktu untuk eksplorasi serta untuk menjadi yang terbaik.



Baca juga informasi menarik lainnya terkait dengan Review Game, atau artikel keren lainnya dari Rajendra.

Avatar

Written by Jendra

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.