Lebih dari 2.400 Akun Kena Restriksi karena Dukung Review Negatif Game di Steam

Review Negatif Game di Steam

Review Negatif Game di Steam – Steam review diperkenalkan dengan maksud membantu pengguna mencari game yang menarik untuk dibeli. Namun sejak perilisannya, fitur ini lebih menjadi ajang komedi putar ketimbang benar-benar memberikan rekomendasi game.

Tak jarang Steam Review disalahgunakan oleh penggunanya dengan banyak membanjiri review negatif tanpa memberi konteks dan penjelasan yang tepat akan mengapa mereka tidak merekomendasi game tertentu.

Review yang negatif dipandang sebagai spam sering diberantas oleh Valve, dan pengguna di balik review tersebut juga tak jarang mendapatkan hukuman. Namun mungkin tak ada yang menyangka kalau mengklik “membantu” pada review negatif ini bakal membuat mereka kena imbasnya juga.

2.439 Akun Ikut Kena Restriksi karena Klik “Helpful” pada Review Negatif Game di Steam

2.439 Akun Ikut Kena Restriksi karena Klik “Helpful” pada Review Negatif di Steam

Dilansir dari PC gamer, sebanyak 2.439 akun mendapatkan mendapat hukuman karena mengecap review negatif seseorang sebagai “membantu” pada game Warlander di Steam.

Warlander merupakan game free-to-play dengan elemen hack-and-slash dan jugga kompetitif online. Layaknya game multiplayer pada umumnya, Warlander memasang anti-cheat untuk mengurangi potensi pemain curang. Namun implementasinya mengundang keresahan dari gamer.

FREEDOMS117 menuliskan sebuah review negatif di awal tahun ini yang menjelaskan secara detil betapa mencurigakan sistem anti-cheat yang diimplementasi oleh game online tersebut. Singkat cerita, menurutnya anti-cheat “tetap berfungsi meski game telah dimatikan, banyak secara paksa di tray icon.”

Game ini juga disebut mengirim data ke IP Jepang mau itu saat bermain atau juga sedang bermain. Hal ini tentunya sangat mengundang keresahan pemain karena melanggar privasi dan berpotensi bahaya untuk komputer.

Saking kesalnya, FREEDOMS117 memberikan penjelasan secara detil cara menghapus anti-cheat itu dari game hingga ke registry. Review ini dianggap begitu membantu pemain yang telah terlanjut install dan mainkan game, oleh karenanya menjadi review teratas di laman game tersebut dengan 2.439 vote.

Review yang dihapus oleh moderator Steam

Pada bulan April ini, moderator Steam memberikan hukuman blokir 30 hari kepada pengguna tersebut karena telah “melanggar terms of service Steam”. Review tersebut masih dapat diakses, tetapi teks di dalamnya sudah tidak dapat dibaca lagi.

Sementara itu, akun yang memberi dukungan “membantu” pada review tersebut itu ikut terkena imbas karena semuanya mendapat restriksi selama 30 hari tidak dapat memberi vote ke review apapun.

2.439 pengguna ikut kena imbas

Telah Direspon oleh Steam

Warlander

Menjadi pembicaraan di media sosial khususnya Reddit, Steam akhirnya mencabut hukuman tersebut dan juga terhadap 2.439 akun lainnya. Perusahaan mengakui kalau mereka melakukan kesalahan dalam moderasi mereka.

Mereka awalnya berasumsi kalau review tersebut lebih ke tentang cara menghindari program anti-cheat agar dapat bermain curang, dan bukan karena konteks implementasi dari developer yang mencurigakan.

Tahapan yang sampai-sampai menyuruh mengakses file registry menambah asumsi buruk dari moderator Steam karena dianggap mengajak pengguna lain melakukan hal yang berpotensi merusak komputer mereka jika tidak tepat.

Hingga sekarang, review tersebut masih tersembunyi. Tetapi akun yang bersangkutan disebut sudah tidak lagi terkena blokir 30 hari. Sementara itu, untuk Warlander sendiri, Steam mengungkapkan bahwa mereka ingin menghubungi developer akan klaim yang dibuat oleh FREEDOMS117 tersebut.

Publisher dari Warlander, Plaion juga telah memberi respon atas masalah ini yang di mana mereka menyebut kalau klaim yang dipermasalahkan adalah bug yang membuat anti-cheat terus aktif bahkan setelah game selesai dimainkan.


Baca pula informasi Gamebrott lainnya tentang Steam beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version