[REVIEW] Olympic Games Tokyo 2020 – Pesta Olahraga Penuh Kejutan!


Follow Us

Olimpiade musim panas merupakan event 4 tahunan layaknya piala dunia pada sepak bola, dimana berbagai negara dari belahan dunia saling berkompetisi melalui berbagai cabang olah raga bergengsi. Tak terasa, setelah olimpiade terakhir yang terselenggara di Brasil 3 tahun lalu, kini akhirnya ajang olah raga terbesar tersebut siap diselenggarakan kembali di tahun depan dengan Jepang sebagai tuan rumah.

Nulis artikel dibayar

Menariknya lagi, pada event olimpiade musim panas tahun depan juga turut diramaikan dalam industri game. Ya, melalui sebuah game – Olympic Games Tokyo 2020 (OGT 2020), SEGA hendak menghadirkan euforia terkait pesta olah raga tersebut. Lantas, apakah game tersebut benar-benar layak dan mampu membangkitkan euforia para gamer dalam menantikan olimpiade musim panas tahun 2020 mendatang? review singkat ini akan membahasnya lebih jauh.

Pesta Olahraga yang Lengkap dan Adiktif!

Ibarat sebuah makanan, OGT 2020 bagaikan hidangan paket komplit, sebagai game bernuansa olah raga, ia mampu mengemas berbagai ajang dengan lengkap dan menarik. Ada setidaknya belasan perlombaan yang dapat kalian mainkan, mulai dari aquatics, badminton, baseball, basketball, boxing, balap sepeda, sepak bola, lompat jauh, tennis meja, volley, sprint, hingga hammer throw. Sementara perlombaan seperti judo, climbing, dan lainnya akan menyusul via update gratis di masa mendatang.

Penuh dengan pilihan perlombaan.

Tak seperti game olah raga kebanyakan, OGT 2020 dibungkus dengan friendly dan dapat dinikmati semua kalangan. Meskipun punya menghadirkan banyak sekali ajang perlombaan, kesemua mode perlombaan tersebut terlihat digarap dengan serius dan mampu memberikan keunikan dan keseruannya masing-masing.

BACA JUGA  CDPR Tak Yakin Cyberpunk 2077 Dapat Dirilis untuk Nintendo Switch

Seperti perlombaan BMX ini misalnya, yang memungkinkan kalian bersaing menjadi yang terdepan sembari melakukan gaya dan lompatan. Atau perlombaan renang misalnya, yang memiliki gaya permainan ala game rytm, dimana kalian harus menekan tombol yang muncul secara tepat.

Setiap perlombaan punya efek dan gameplay uniknya masing-masing.

Gameplay yang dihadirkan pun terasa simple dan mudah dipahami, tiap perlombaan terkadang hanya memerlukan beberapa tombol saja untuk ditekan. Seperti badminton ini misalnya, dimana kalian hanya perlu menggerakan karakter dengan analog dan menekan tombol X saja untuk melakukan toss, sementara untuk melakukan special move, kalian hanya perlu menekan L1+X saja.

Terasa simple dan hanya membutuhkan beberapa tombol saja.

Menariknya lagi, OGT 2020 membawa elemen “ala anime” didalamnya, dimana kalian dapat melakukan berbagai gerakan pamungkas. Hampir semua olah raga memungkinkan kalian mengakses gerakan pamungkas tersebut, seperti sepak bola misalnya, dimana ketiga bar yang berada di pojok bawah sisi terisi penuh, kalian dapat menembakannya dengan penuh tenaga ala captain Tsubasa misalnya.

“Tendangan pemecah keheningan!”

Atau pada perlombaan tinju misalnya, yang menghadirkan 3 varian bar berbeda, 1 bar untuk pukulan keras, 2 bar untuk pukulan fatal, dan 3 bar untuk pukulan pamungkas yang membuat lawan langsung terkapar. Elemen tersebut terasa sangat segar dan membuat game olah raga yang biasanya terasa serius, kini justru terasa unik dan semakin menyenangkan.

“Ora ora ora ora!”

Namun, sayangnya, karena punya banyak mode perlombaan didalamnya, OGT 2020 menjadi sebuah game yang kurang fokus. Dimana tiap perlombaan yang hadir tentu tak punya pergerakan gameplay yang sehalus dan sefluid game olahraga lainnya, hal tersebut seolah-olah membuat tiap perlombaan pada OGT 2020 terasa seperti mini game. Tetapi walaupun demikian, secara keseluruhan OGT 2020 masih tetap punya mekanisme gameplay yang unik, adiktif, dan menghibur.

BACA JUGA  Perkembangan eSports Indonesia, serta Peluangnya di masa Depan!
Dengan banyaknya mode perlombaan yang ada, sayangnya beberapa olahraga tak bisa memberikan efek pergerakan karakter yang halus.

Kustomisasi Super Unik

Ada hal lain yang membuat OGT 2020 terasa jauh lebih menarik daripada sekedar mini game, salah satunya adalah sistem kustomisasi didalamnya. Kalian menciptakan karakter sesuai dengan keinginan kalian, mulai dari karakter yang sekedar terlihat keren, hingga karakter yang terlihat elegan dan menawan seperti karakter kami yang satu ini misalnya.

Perlengkapan berenang sang juara.

Tak hanya sekedar mengkreasikan bentuk tubuh dan wajah saja, kalian juga dapat memberikan kostum dan aksesoris pada karakter kalian. Menariknya lagi, kostum dan aksesoris yang kalian gunakan tersebut dapat dipakai pada semua jenis perlombaan.

Say no more dude…….

Pada beberapa perlombaan yang harus dilakukan secara tim, seperti basket dan sepak bola, kalian juga dapat melakukan kustomisasi pada karakter tim kalian tersebut. Tentunya fitur kustomisasi unik dan kocak ini memberikan warna menarik yang tak jarang berakhir mengundang tawa.

Keseruan Bermain Bersama

Dengan semakin banyaknya game berbasis online & single player,tak dapat dipungkiri bahwa kini game yang menghadirkan sistem local multiplayer semakin jarang ditemui. Namun untungnya, SEGA kali ini membawa sistem penuh nostalgia tersebut kedalam game racikannya yang satu ini.

Bermain bersama jadi salah satu opsi paling menyenangkan.

Keseruan maksimal OGT 2020 memang jauh lebih terasa jika dimainkan bersama dengan teman atau keluarga, dimana kalian dapat saling berkompetisi secara langsung. Namun, jika tak dapat memainkannya secara local, kalian juga dapat bermain dengan 2-4 orang player random lainnya secara online. Bermain secara online juga tak kalah serunya, salah satunya adalah daya tarik dimana kalian dapat melihat karakter “gila” yang dikreasikan para player lain.

BACA JUGA  Koei Tecmo Akui Ingin Hidupkan Kembali Fatal Frame!
Bermain secara online, bersiaplah menemui berbagai “spesies” unik lainnya.
………………….

Conslusion

OGT 2020 merupakan sebuah game pesta olahraga penuh warna dan keseruan didalamnya, ia mampu membungkus beragam ajang perlombaan dengan unik dan menarik. Dengan banyaknya game bertema olahraga yang terasa serius, OGT 2020 berani keluar dari zona nyaman dan memberikan game olahraga yang terasa segar.

Namun walaupun demikian, OGT 2020 tetaplah bukan sebuah game yang sepenuhnya sempurna, ia masih memiliki beberapa kekurangan yang tak bisa diabaikan begitu saja. Seperti beberapa perlombaan yang masih tampil kurang dipoles misalnya, dimana pergerakan karakter yang hadir terlihat kurang fluid.

Tetapi, terlepas dari kekurangan tersebut, OGT 2020 merupakan sebuah game simple, ringan, dan penuh keseruan, sangat cocok bagi kalian yang menginginkan hiburan yang ringan tanpa harus banyak berfikir. Game tersebut juga terasa bersahabat bagi seluruh kalangan, dan tentunya akan lebih menyenangkan jika dimainkan bersama dengan teman ataupun keluarga.


Baca juga berita atau artikel menarik lainnya dari Author.

Contact: erenhartd@gamebrott.com


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item