Review One Piece Pirate Warrior 4 Indonesia, Masalah Minor dibalik Lompatan yang Brutal

Screenshot 9

One Piece Pirate Warrior 4 merupakan adaptasi dari serial anime serta komik milik Eiichiro Oda. Game ini sendiri memiliki Genre Musou alias mirip Dynasty Warrior. Untuk kalian yang tak tahu apa itu Musou atau belum pernah memainkan Dynasty Warrior sama sekali, genre ini merupakan bentuk lain dari permainan Hack n Slash namun dengan musuh yang ratusan kali lebih banyak serta terdapat banyak karakter yang dapat kalian gunakan.

“ Disclaimer: Perlu diketahui bahwa kami mendapatkan review Copy ini dari Bandai Namco, namun mereka tidak mengarahkan kami sehingga opini ini langsung berdasarkan pengalaman bermain.”

Setelah sebelumnya merilis sebuah game One Piece bergenre Open World yang ternyata jauh dari ekspektasi, peran Pirate Warrior 4 bisa dibilang cukup berat untuk memperbaiki image pemain terhadap game-game One Piece yang ada. Namun dengan suksesnya game One Piece di serial Pirate Warriors, bisa dikatakan bahwa genre Musou  memang sangat cocok untuk game-game One Piece. Semoga review ini dapat membantu kalian untuk menentukan apakah game ini bakal menyita waktu kalian untuk beberapa waktu kedepan.

Bukan Revolusioner, Tapi Peningkatan Mantap

Genre musou bisa dibilang serupa antara satu dan lainya, karena memang begitulah game Musou modern saat ini. Hal serupa dapat dirasakan di game Pirate Warriors seri ke 4 ini, kalian tetap disuguhkan dengan ratusan hingga ribuan musuh didepan mata, meng-capture lokasi-lokasi tertentu, serta yang paling penting harus berada ditempat yang tepat di waktu yang tepat. Namun tentu hal tersebut bukanlah hal yang negatif, karena Pirate Warriors 4 sendiri justru meningkatkan elemen gameplay yang ada di Pirate Warrior 3 sehingga gameplay terasa lebih enjoyable lagi di seri terbaru ini.

  1. Special Move Shortcut yang Menakjubkan

Elemen ini merupakan fitur terbaru yang ada di game ini, secara singkat fitur ini  merupakan bentuk bantuan bagi player untuk mengeksekusi jurus-jurus yang ada di dalam game. Namun pada skenario dalam game, fitur ini justru menjadi alat pamungkas player untuk menghabisi musuh menggunakan ultimate move. Karena pada dasarnya fitur ini menggantikan Musou Bar yang biasa ada pada game-game musou.

Sebagai cara mengaktifkan full burst a.k.a critical mode, mode transformasi, serta mengeksekusi jurus yang tak ada dalam move set standar. Hadirnya fitur ini merupakan angin segar bagi pemain Pirate Warriors, karena fitur ini membuat banyak player dapat mengkreasikan jurus apa yang dapat mereka eksekusi sesuai dengan preferensi mereka. Masih sama dengan Musou Bar, cara mengisi gauge Special Move adalah kalian harus menghantam musuh-musuh yang ada di depan kalian.

Banyak Story di Skip, Jadi Agak Bingung

Salah satu hal yang cukup disesalkan ialah banyaknya arc pada cerita One Piece yang sebetulnya krusial namun dipotong untuk mempersingkat cerita pada game ini. Tak jarang kita bingung mengapa arc ini dipilih sedangkan arc itu di lewatkan. Penyampaian story pada game ini bisa dibagi menjadi 3 cara, 1. Cutscene bergaya Komik, 2. Game Cutscene dengan Dialog, 3. Cutscene Action. Dari ketiga metode ini secara pribadi metode ke-3 lah yang setidaknya sukses memotret bagaimana cerita pada One Piece itu sendiri, selain karena metode ini terlihat keren juga ekspresi karakter serta pergerakan mulut lebih acceptable.

Terdapat 5 arc atau chapter besar pada game One Piece Pirate Warrior 4, dimana masing-masing arc memiliki lebih dari satu stage cerita. Hal itu menyebabkan banyaknya pemotongan cerita di arc lain, sehingga beberapa waktu cerita yang harusnya diceritakan di versi Anime dan Manga hanya diceritakan secara super duper singkat melalui highlights. Alhasil cerita jadi agak sedikit tak masuk akal. Cerita game ini sendiri dimulai dari Arabasta berlanjut hingga New World bahkan hingga cerita terbaru yaitu negeri Wano. Meski begitu cerita pada Wano sendiri terbilang Original Game, alias dibuat khusus untuk Gamenya dan tak mengikuti cerita pada Manga maupun Animenya. 

Kamera Serta Locking yang Bermasalah

Kamera pada One Piece Pirate Warrior 4 ini memang bisa dibilang sedikit aneh, nyaris semua pergerakannya perlu kalian rotasikan secara manual. Namun masalah utama pada game ini justru terletak pada saat kalian melawan Boss pada tiap cerita, sistem lock untuk bos ini sangat sering sekali lepas tanpa alasan. Kalian akan sering kehilangan lokasi boss saat bertarung, berkali-kali kalian harus menekan tombol tersebut untuk kembali me-lock bos tersebut cukup mengganggu. Namun masalah ini tentu dapat diperbaiki dengan patch khusus hotfix.

Desain Online System yang Cukup Aneh

Kami sendiri memainkan One Piece Pirate Warriors 4 ini di PS4, banyak sekali masalah koneksi yang kami alami selama bermain game ini. Seperti laporan dari beberapa rekan kami yang sulit meng-invite teman sendiri. Salah satu masalah utama yang terjadi adalah ketika kalian masukan ke dalam session orang, dan katakan kalian berada di ujung misi sehingga tinggal satu bos lagi yang perlu kalian kalahkan. Saat itu pula koneksi kalian terganggu, maka kalian perlu mengulang stage tersebut dari awal lagi, hal ini cukup mengganggu terutama kalian yang harus bermain bersama orang random. 

Terdapat keanehan yang kami temui selama kami mereview game ini, dimana fitur co-op online yang diterapkan ternyata tidak full realtime. Kalian akan melawan bos yang sepertinya berada di lokasi yang berbeda, meski begitu nyawa yang berkurang akan diakumulasi dan tetap terasa seperti permainan co-op. Hal ini terjadi mungkin untuk mengurangi lag saat bermain Co-op, atau setidaknya itu yang kami rasakan saat bermain di PS4.

Stage Indah yang Buat Tak Bosan

Indahnya dunia One Piece sendiri sebenarnya sudah menjadi permulaan yang baik bagi stage di game Pirate Warrior 4. Kesuksesan pengembang dinilai dari imajinasi mereka kala mereplikasi dunia One Piece itu sendiri. Stage-stage super unik seperti Water 7, rumah Big Mom, hingga Kerajaan Wano cukup tereplikasi sesuai dengan lokasi-lokasi penting yang ada dalam cerita. Kalian yang menjadi penggemar One Piece bakal mudah untuk menyebutkan lokasi mana ini. Pada beberapa skenario bahkan terdapat map-map yang menghadirkan obstacle untuk mempersulit pergerakan, hal ini cukup diapresiasi karena bisa dibilang genre Musou akan sangat terasa repetitif apabila variasi map sangatlah minim.

Kalian Bisa Menghancurkan Bangunan dan Objek

Salah satu fitur yang cukup diapresiasi dari Pirate Warrior 4 adalah interaksi pada dunianya. Dimana menghancurkan satu atau dua objek, memang menjadi salah satu fitur yang biasa ada di game-game Musou sebelumnya, namun pada Pirate Warrior 4 ini berbagai macam bentuk perumahan, pohon, hingga beberapa bangunan dapat kalian hancurkan. Hal ini terasa sangat menarik ditambah dengan hadirnya tipe-tipe hero Giant seperti 4 Yonko. Fitur tersebut membuat game ini terasa sangat destruktif, terdengar simpel memang, namun kalian akan terkejut dengan berapa bangunan yang bisa kalian hancurkan didalam game.

Kesimpulan

Dibalik masalah-masalah minor pada game ini, seperti koneksi, locking system kamera, yang bisa diperbaiki dengan patch maupun yang cukup mengganggu seperti pemotongan story, secara keseluruhan game ini terasa sangat solid. Peningkatan fitur-fitur seperti special move, variasi armor state, serta tipe-tipe karakter yang lebih diseriusi membuat game ini tak monoton dan rewarding untuk meningkatkan banyak karakter. Kemampuan kalian untuk menghancurkan banyak objek seperti Rumah membuat karakter raksasa seperti 4 Yonko, terasa sangat destruktif dan keren. 

Design stage indah dengan misi mendetail pada tiap stage, serta hilangnya mekanisme gacha untuk mengumpulkan koin-koin membuat game ini terasa jauh lebih baik dibanding seri sebelumnya. Kalian penggemar Pirate Warriors 4 ataupun penikmat serial One Piece akan sangat direkomendasikan bermain ini, bahkan kalian yang menyukai genre Musou sekalipun juga akan dengan mudah menyukainya. Namun untuk yang bukan diantara kedua kategori tersebut, kalian tak perlu takut untuk mencoba game ini apabila ingin mengicip bagaimana rasanya sebuah game Musou. Perlu diperhatikan memang bahwa cerita pada game ini akan sedikit tak masuk akal bagi kalian yang bukan penikmat serial One Piece. 

Dengan rilisnya seri Pirate Warrior 4 ini bisa dibilang Bandai Namco bermain aman. Namun melihat game ini dieksekusi dengan baik dari segi gameplay, membuat fans yang sempat kecewa dengan World Seeker bisa diam sebentar dan menikmati game satu ini. 

Exit mobile version