[REVIEW] One Punch Man The Strongest – Game Mobile RPG yang Ramah Bagi Free Player

in , , ,
Opm Thmbnl

Siapa yang tidak mengenal Saitama tokoh utama dari anime One Punch Man? Setelah sukses dengan anime dan manganya, kini One Punch Man memiliki game resminya untuk perangkat mobile. Dipublish oleh FingerFun Limited yang dirilis pada 14 Juni kemarin di PlayStore dan open server pada 16 Juni 2020. Game yang diadaptasi dari anime yang tokoh utama Saitama ini tentunya sangat dinantikan oleh para fans karena seperti yang kita tau Saitama ini adalah orang sangat over power yang bisa mengalahkan musuhnya hanya dengan sekali pukul.

ONE PUNCH MAN: The Strongest, Game Strategi Kartu Dari FingerFun ...

Dan pada post kali ini saya akan memberikan sedikit review menurut pengalaman saya mengenai game One Punch Man ini setelah bermain sekitar kurang lebih satu minggu.

  1. Pengisi Suara Hero

    Screenshot 20200625 143137

    Hal pertama yang membuat saya suka dengan game ini adalah pengisi suara hero dalam game One Punch Man ini sama dengan pengisi suara karakter dengan anime aslinya. Mulai dari Saitama, Sonic, Genos, Mumen Rider, Silverfang dan masih banyak lagi dan tentunya menggunakan bahasa Jepang. Ini seperti memberikan sebuah experience yang sama dengan menonton animenya saat bermain game ini. Nuansa anime nya berasa banget deh. Apalagi saat karakternya mengeluarkan skill ada animasinya yang mana diambil dari scene di anime aslinya. Mantap dah

  2. Story Mode

    Screenshot 20200625 143107
    Story Mode

    Karena game ini mengangkat dari story anime aslinya, tentunya tersedia juga story mode nya dalam game ini. Namun story mode ini tidak langsung terbuka begitu saja, melainkan harus memenuhi syarat yaitu mengumpulkan stars untuk bisa membuka tiap level dari story mode ini. Dan tentunya story nya juga berututan seperti story pada anime aslinya. Jadi bisa kembali ngikutin story dari anime nya lagi melalui game ini.

  3. Gameplay

    Screenshot 20200625 143750
    Gameplay dari game One Punch Man ini menggunakan sistem RPG yang mana menggunakan BP sebagai tolak ukur kekuatan sesorang. Kalau kalian pernah main NInja Saga maka kalian tidak akan asing dengan gameplay di game ini. Dimana kita harus upgrade karakter, skill, gear, dan lain lain untuk menambah jumlah BP kita. Menjalankan misi juga menjadi hal yang wajib untuk menambah exp agar naik level dan level menjadi sebuah syarat untuk membuka berbagai fitur. Karena ini game RPG, game ini menggunakan sistem gacha untuk merekrut hero baru.

  4. Saitama bukan Character Playable

    Screenshot 20200625 143207Salut dengan game ini karena tidak menjadikan Saitama sebagai karakter yang bisa dimainkan, karena jika bisa dimainkan maka akan membuat game ini menjadi tidak balance. Tapi bukannya Saitama tidak bisa dimainkan sama sekali. Saitama tetap bisa digunakan sebagai bantuan untuk mengalahkan musuh kuat. Dan tentunya hanya dengan sekali pukul musuhnya langsung koit. Selain sebagai bantuan, Saitama juga bisa digunakan untuk menjalankan misi investigasi guna mencari material. Dan Saitama pun juga memiliki menu tersendiri, dimana dalam menu ini kita bisa menyelesaikan puzzle bergambar scene dalam anime nya. Puzzle ini dapat memberikan stat tambahan ketika sudah menyelesaikannya.

  5. Kustomisasi

    Screenshot 20200625 143653
    Mengganti backsound
    Screenshot 20200625 143844
    Disable anime

    Seperti pada game game RPG lainnya dalam game ini kita juga bisa mengkustomisasi beberapa hal misalnya seperti mengganti background music jika kalian bosan dengan music yang itu itu aja, mengatur game speed atau mau di skip saat battle agar tidak bosan menunggu, disable anime jika kalian ingin menghemat waktu, dan tentu saja yang paling penting adalah mengatur profile dan karakter yang ditampilkan dalam game. Tentunya dengan adanya fitur seperti ini pemain tidak akan cepat boring.

  6. Gak Pay to Win banget

    Memang kalau dengar kata RPG itu identik dengan Pay to Win. Ya ga salah juga sih. Tapi kalau menurut saya yang sudah memainkan game ini seminggu lebih ternyata walau game ini RPG game ini tidak terlalu Pay to Win. Ningkatin BP nya juga mudah dan tidak terlalu bergantung dengan uang (beli item in game). Semuanya kembali ke kebijaksanaan pemain dalam mengatur strategi dan mau apa yang lebih dulu di upgrade. Walau dimainkan secara Free to Win game ini masih layak banget dimainkan bagi Free Player seperti saya karena masih bisa bersaing dengan pemain lain tanpa harus keluar kocek.

  7. Kesimpulan

    Menurut saya game ini sebagai perkembangan untuk meningkatkan para fans One Punch Man agar tidak cepat dilupakan. Mungkin bisa juga game ini sebagai bentuk untuk memuaskan para fans One Punch Man kembali yang mana para fans OPM sebelumnya sempat kecewa pada saat anime ini merilis season 2 nya yang dinilai sangat turun jauh kualitasnya dari season pertama. Btw game ini masih belum menghadirkan beberapa karakter, seperti Metal Knight, Zombie Man, Blast, Garo dan lain lain. Semoga nanti ada update untuk tambahan hero di game ini.

Demikian review game dari saya kali ini. Kalau ada yang ingin ditambahkan bisa langsung diskusikan dikolom komentar. Mohon maaf jika ada kesalahan dan seperti biasa terimakasih sudah membaca.

#budayakanmembaca

Ahmad Rafi

Written by Ahmad Rafi