[REVIEW] Override: Mech City Brawl Switch – Tarung Robot Dimana Saja dan Kapan Saja!

453930

Perlahan namun pasti, Nintendo Switch semakin mampu membuktikan kapasitasnya sebagai console hybrid yang menarik. Meski bisa dikatakan terlambat bersaing dengan Xbox One dan PlayStation 4, Switch tetap mampu menarik minat gamer. Salah satu alasan pastinya? jelas karna ia merupakan hybrid yang bisa jadi console rumahan sekaligus handheld console.

Kini telah banyak developer dan publisher melirik pasar Switch, mereka berlomba-lomba menciptakan game baru atau porting game lawas mereka ke console tersebut. Salah satu yang cukup ambisius menarget pasar Switch adalah Modus Games. Publisher dibalik kesuksesan franchise Trine ini kini telah melebarkan sayapnya dengan membuka cabang baru di Brazil. Dan langkah pertama yang dilakukan cabang baru Modus Games tersebut adalah membawa game mereka – Override: Mech City Brawl kedalam Nintendo Switch.

Pertama kali mendengar pengumuman langkah tersebut, kami sendiri cukup antusias dengan kehadiran game tarung robot tersebut. Akan menarik tentunya sebuah game tarung robot yang mengutamakan fitur local co-op dan multiplayer kini hadir di console portable yang bisa dibawa kemana-mana. Namun benarkah ekspetasi positif kami tersebut terbayar dengan manis? dan apakah versi Switch ini lebih pantas dilirik dibanding versi PC, Xbox One, & PlayStation 4? review ini akan membahasnya lebih lanjut.

Pertama, kita hendak memberikan konklusi langsung terhadap game yang sebenarnya telah rilis setahun silam ini.

Kelebihan:

  • Mode multiplayer dan co-op yang variatif
  • Combat yang simple dan mudah dipelajari siapa saja
  • Tiap mecha terasa balanced dengan kekurangan dan kelebihan masing-masing
  • Desain dan ability para mecha yang menarik
  • Tingkat kesulitan yang variatif

Kekurangan:

Verdict: 75/100

Itu adalah konklusi Override: Mech City Brawl yang telah kami mainkan di versi PCnya. Sebagai versi porting, kita akan membahas peningkatan, kenyamanan, performa, dan daya tarik lebih yang hendak ditawarkan Modus Games pada versi Switchnya ini.

Secara konten gameplay dan konten, Override: Mech City Brawl versi Switch ini masih sama dengan ketiga platform rilis lainnya, yang membadakannya adalah kesempatan untuk memainkannya dimana saja dan kapan saja secara handheld. Pengalaman kembali menghajar para robot dan monster di tengah kota tetap saja terasa menarik untuk kembali dicoba. Apalagi versi Switch ini datang dalam versi Super Charged Mega Edition, yang telah berisikan seluruh ekspansi dan DLC yang telah rilis sebelumnya.

Control yang terasa cocok dan tetap responsif, serta visual yang yang tetap nyaman dipandang jadi nilai plus versi portingan yang satu ini. Controlnya tetap terasa familiar dengan versi console maupun PC, mengingat joy con dari Switch juga punya banyak bagian tombol yang serupa. Tiap aksi yang diinput juga tetap terasa responsif, meskipun kerap kali didera framrate issues, yang nantinya juga akan kami bahas lebih jauh.

Sayangnya, ekspetasi tertinggi kami tentang bermain game ini dengan kedua joy con secara terpisah ternyata harus kandas. Meskipun punya kontrol yang sangat simple, nyatanya versi Switch ini tak bisa dimainkan secara local multiplayer dengan berbagi kedua joyjon yang telah tersedia. Untuk bermain local multiplayer kalian harus menggunakan joystick terpisah maupun sepasang joy con tambahan.

Untuk bermain local multiplayer diperlukan tambahan sepasang joy con atau joystick.

Tentunya hal ini cukup mengecewakan, dimana awalnya kami berharap dapat memainkan game ini bersama teman secara praktis dimana saja. Namun sayangnya, sepasang joy con yang bisa dibagi menjadi dua controller terpisah untuk mengakses mode local multiplayer ala game Switch kebanyakan ternyata tak berlaku disini.

Untuk tampilan visual, versi Switch ini tentu tak seindah di versi PC maupun PS4 dan Xbox One. Namun tetap harus diakui, bahwa visualnya tetap mampu memanjakan mata. Dari segi efek seperti pencahayaan dan partikel kecil lainnya tetap terlihat cukup memukau. Tiap pertarungan yang ada dibalut dalam presentasi visual yang cukup imersif, lengkap dengan berbagai efek ledakan dan kehancuran yang tetap terlihat apik. Sebagai buktinya? kalian bisa melihat deretan screenshot Override: Mech City Brawl versi Switch yang telah kami abadikan di sepanjang review kali ini.

Namun sayangnya, penyakit langganan framerate issues khas Switch lagi-lagi juga menghampiri game ini, dimana ia tak mampu berjalan dengan stabil. Versi Switch ini memang telah dilock pada 30 FPS, namun gangguan seperti FPS drop dan stuttering masih sering kami jumpai, terutama pada mode handheld. Terkadang pertarungan yang punya efek dahsyat seperti ledakan dan gedung runtuh menimbulkan lag hingga stuttering sepersekian detik.

Tak membuatnya jatuh ke taraf hingga sama sekali tak bisa dimainkan memang, namun masalah ini tentunya sangat mengganggu experience permainan. Apalagi bagi kalian yang sangat performance demanding dan tak kuat berhadapan dengan framerate 30 FPS atau dibawahnya.

Conclusion

Override: Mech City versi Switch ini akan menyuguhkan pertarungan robot yang simple dan unik bagi kalian yang belum sempat mencicipinya di versi PC, PlayStation 4, & Xbox One. Meluncur langsung sebagai Super Charged Mega Edition, versi Switch ini telah membawa seluruh DLC lengkap yang telah rilis sebelumnya.

Namun sayangnya, versi Switch ini tetap jauh dari kata sempurna, beberapa masalah seperti framerate issues terasa cukup mengganggu experience permainan. Belum lagi daya tarik lebih yang sempat kami harapkan di versi Switch ini ternyata tak hadir. Potensinya sebagai game multiplayer yang asik dimainkan bersama dengan teman sedikit terhambat dengan joy con yang tak bisa dibagi menjadi dua controller terpisah.

Namun jika kalian telah punya sepasang joy con ataupun joystick tambahan, tentu versi Switch ini merupakan pilihan yang tepat bagi kalian yang ingin bersenang-senang dengan teman ataupun keluarga melalui mode local multiplayernya. Versinya yang portable kini juga memunkinkan kalian untuk mengakses pertarungan robot simple ini dimana saja dan kapan saja. Memang saat ini cukup berat rasanya untuk membeli game ini di harga penuh, kami sendiri pun akan lebih menganjurkan untuk melirik Override: Mech City versi Switch ini di masa diskon mendatang.


Baca juga berita atau artikel menarik lainnya dari Author.

Exit mobile version