Review Palsu di Steam, Valve Hapus Semua Game Milik Developer Insel Games

steam

Pada tanggal 14 Februari lalu, Jason Ruymen yang menjabat sebagai release manager Valve mengumumkan bahwa seluruh game dari Insale Games Ltd telah dihapus dari Steam. Hal ini karena pihak Insale Games telah memanipulasi review untuk game-game mereka.

Keputusan Valve untuk menghapus seluruh produk Insale Games ini merupakan tindak lanjut atas sebuah post yang viral dua hari lalu di Reddit. User reddit dengan akun bernama nuttinbutruth membagikan sebuah screenshoot e-mail dari CEO sekaligus co-founder Insale Games, Patrick Streppel, kepada seluruh karyawannya. Dalam e-mail tersebut para karyawan Insale Game diperintahkan untuk membeli game milik mereka sendiri dan kemudian menuliskan review positif.

Screenshoot email yang tersebar di Reddit

“Jadi saya meminta anda untuk melakukan hal ini: membeli game dan tunjukan bukti pembeliannya kepada saya paling akhir Jum’at malam, kemudian uang anda akan dikembalikan dalam jangka waktu 24 jam. Atau memilih untuk menjelaskan kepada saya mengapa anda tidak melakukan yang saya perintahkan” Begitu salah satu kutipan dalam e-mail tersebut.

Jason mengatakan bahwa Valve telah melakukan investigasi terhadap hal tersebut. Mereka menemukan perilaku yang tidak seharusnya dilakukan oleh Insale Games. Menggunakan banyak akun untuk memberi review positif bagi game-game mereka. Jason dengan jelas mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh Insale Games telah menyalahi aturan Steam dan menjadi masalah yang sangat serius.

Sementara itu, pihak Insale Games memberi klarifikasi dan mengatakan bahwa email untuk karyawan yang menjadi viral tersebut tidak dimaksudkan untuk meberi ancaman. Mereka mengatakan bahwa tidak ada satupun karyawan yang mendapatkan penalty meskipun mereka tidak membeli game dan menulis review seperti yang telah diperintahkan.

Mengutip Polygon, demikian salah satu klarifikasi yang diberikan oleh Insale Games, “(email) itu tidak pernah dimaksudkan untuk mengancam siapapun (karyawan) tapi merupakan sebuah statemen tentang pentingnya review di Steam. Tidak ada karyawan yang mendapat pinalti meski tidak membeli game atau memberikan review. Tidak pernah ada juga teks ataupun instruksi tertulis tentang bagaimana mereka harus menulis review.”

Meski sudah dihapus dari Steam, namun Jason mengatakan bahwa siapapun yang telah membeli game miliki Insal Games ini  masih dapat memainkannya. “Jika kamu sudah terlanjur membeli game ini, kamu masih bisa mengaksesnya dari library steam.”

Exit mobile version