Review Palworld — Keinginan Para Gamer!

Review Palworld

Review Palworld – Baru-baru ini ramai perbincangan mengenai game Palworld yang sangat populer di Internet. Game ini bahkan menyentuh total 2 juta pemain di saat bersamaan hanya dalam waktu beberapa hari saja.

Tentunya hal ini memiliki alasan. Game Openworld dengan monster-monster keren ini memikat banyak gamer yang memainkannya. Dan kali ini, Gamebrott akan memberikan Review Palworld yang fenomenal ini.

Review Palworld

Kami mencoba memainkan Palworld sejak hari perilisannya baik secara Livestream di YouTube maupun secara offstream. Berikut adalah review dan pengalaman bermain penulis memainkan game populer ini.

Story

Terdampar Dan Ditemukan Pal Yang Lucu

Survival Game tentunya tidak memiliki Story yang dijelaskan oleh game. Pemain terbangun di dunia yang misterius setelah terdampar. Karakter yang digunakan pemain adalah seorang petualang yang mencoba menjelajahi bagian dunia yang belum tersentuh yaitu pulau Palpagos.

Story Palworld berlokasi di Palpagos Island yang merupakan pulau misterius yang berisikan monster-monster unik yang disebut Pal. Sebutan karakter pemain adalah Castaway atau orang yang terdampar. Misi pemain adalah bertahan hidup dan mencari jawaban dibalik misteri dari Palpagos Island.

Lore dalam game ini tidak begitu dijelaskan melalui Story layaknya game pada umumnya. Pemain harus mencari memo yang berada di pulau ini dan memahami cerita melalui pesan-pesan tersebut. Dan sepertinya untuk para pemain yang hanya ingin menikmati permainan, Lore ini terkadang menjadi tidak begitu penting meskipun tetap menarik untuk diikuti.

Ada Beberapa faksi yang memiliki tujuan tersendiri dalam Game ini. Rayne Syndicate, Free Pal Alliance, Brothers of the Eternal Pyre, Pal Genetic Research Unit, dan juga PIDF. Setiap Faksi memiliki cerita mereka masing-masing dan tidak hanya sebatas hitam maupun putih saja.

Pemain akan mengetahui hal ini jika mengumpulkan memo-memo yang dijelaskan sebelumnya. Tidak semua faksi merupakan faksi yang baik, dan tidak semuanya merupakan faksi yang jahat. Ini semua kembali dengan ideologi masing-masing.

Gameplay

Ciptakan Karakter Di Palworld

Untuk Game Survival, tentunya akan banyak Gameplay yang perlu kita bahas. Palworld kurang lebih memiliki fitur dasar yang sama dengan game survival pada umumnya: Bertahan hidup, membangun markas, mencari sumber daya, tingkatkan peralatan dan markas hingga menjadi kuat.

Namun ada hal menarik yang membuat Palworld berbeda dengan game survival lainnya yaitu adanya Pal monster yang dapat kita tangkap dan jadikan partner ataupun pekerja pada base kita.

Pal Adalah Partner!

Partner Yang Dapat Dijadikan Pekerja

Setiap Pal memiliki keunikan dan skill mereka masing-masing. Dan Pal ini memiliki 3 skill dan juga 1 Skill unik baik yang dapat diaktifkan pemain ataupun digunakan pemain seperti menjadi glider, mount, dan bahkan memegang senjata api. Ya, monster disini juga mampu menggunakan senjata api.

Pal disini juga memiliki Work Suitability dimana mereka memiliki spesialisasi dalam pekerjaan ketika dijadikan pekerja. Terdapat banyak kategori yaitu: Kindling, Watering, Planting, Generating, Handiwork, Gathering, Lumbering, Mining, Medicine, Cooling, Transporting, Farming. Setiap suitability ini memberikan akses ke hal terkait seperti Lumbering untuk memotong kayu, handiwork untuk craft item, dan sebagainya.

Kembangkan Teknologi

Bantu Kembangkan Teknologi

Untuk teknologi, pemain dapat membuat item menggunakan 2 cara yaitu mengambil teknologi menggunakan Point yang didapat atau menggunakan Recipe yang didapat dari drop atau toko NPC. Dengan begitu, pemain dapat melanjutkan progress survival mereka.

Pemain dapat membangun markas dengan teknologi yang telah didapatkan. Markas ini berguna sebagai tempat pemain untuk mengumpulkan sumber daya serta memproses sumber daya tersebut dan menahan serangan dari pihak-pihak lain baik NPC ataupun pemain jika bermain secara online.

Pertarungan yang Cukup Simpel

Saatnya Berpetualang

Karakter pemain memiliki status yang dapat ditingkatkan setiap meningkatkan level maupun menggunakan equipment. Karakter juga dapat melakukan tindakan seperti game Action Open World RPG pada umumnya seperti Gliding, Climbing, Swiming, dan lainnya.

Setiap Pal juga memiliki elemen mereka masing masing. Elemen dalam game ini ada cukup banyak, basic element yaitu air, api, tumbuhan, tanah, listrik. Dan elemen lanjutan adalah Es, Naga, Kegelapan, dan juga Netral.

Pertarungan disini sama seperti game survival umumnya namun tentunya pemain dapat menggunakan Pal mereka untuk membantu menyerang Pal atau musuh lainnya. Untuk Pal yang dilawan, pemain dapat menangkapnya menggunakan Pal Sphere jika darah pal sudah rendah.

Namun ada yang cukup disayangkan untuk saat ini. Pal dalam Palworld tidak dapat berevolusi seperti layaknya game monster-monster lainnya yang juga populer. Mungkin saja Developer dapat melakukan sesuatu tentang hal ini.

Graphic

Grafik Yang Baik Namun Masih Kaku

Secara Grafik, Palworld menghadirkan grafis yang cukup kartunis namun masih memberikan detail yang bagus untuk sekelas game Early Access. Memang masih ada beberapa bug grafis terlihat namun dapat dimaklumi karena status game ini.

Untuk desain Pal nya sendiri, sedikit sulit mengatakan bahwa game ini benar-benar orisinal. Beberapa Pal terlihat seperti terinspirasi dari game-game lainnya yang serupa meskipun tidak mirip sepenuhnya.

Untuk Markas sendiri bangunannya cukup kaku sehingga terkadang pemain merasa kurang nyaman berada di markas dalam waktu lama. Hal ini karena sistem penempatan base yang sedikit kaku namun tidak 100% menggunakan grid sehingga terlihat aneh secara estetika.

Animasi Pal serta efek serangan masih cukup simpel karena game masih dalam status Early Access. Hal ini mungkin dapat menjadi lebih baik lagi ketika game telah rilis secara penuh di platform yang disediakan.

Kesimpulan, Game yang Diinginkan Gamer

Asik Bermain Dengan Teman

Palworld merupakan game Open World Survival dengan Monster yang menarik untuk dimainkan. Dan sepertinya game ini merupakan game yang diingkan banyak gamer selama ini yaitu game survival dengan fitur monster keren yang dapat menjadi Partner.

Secara keseluruhan, game ini memiliki banyak fitur yang dicampur menjadi hal keren. Namun sayangnya karena game masih berstatus Early Access, masih terdapat beberapa hal yang masih kurang memuaskan. Namun kembali lagi, ini hal yang cukup wajar dalam status gamenya. Dan untuk game seharga 200 Ribu Rupiah, ini cukup bagus.

Kami merekomendasikan Palworld untuk para gamer yang menyukai game Survival ataupun game dengan monster yang dapat ditangkap. Untuk para gamer yang penasaran dengan game ini, tidak ada salahnya untuk mencobanya karena harganya cukup murah.

Palworld

Palworld merupakan game Open World yang sangat menarik dan bisa dikatakan ini adalah mimpi dan keinginan para gamer sejak dulu.

87%

SCORE

PROS

  • Monster Lucu

  • Tema Monster dan Senjata yang unik

  • Progresi Masuk Akal

  • Asik Dimainkan Bersama Teman

CONS

  • Sedikit Clunky

  • Pertarungan Monster Biasa Saja

REVIEW BREAKDOWN

Story

85%

Gameplay

95%

Graphic

85%

Sound

85%


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Game Review atau artikel lainnya dari Javier Ferdano. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version