Review Persona 3 Portable — Berpetualang Kembali dalam Misteri Dark Hour

Review Persona 3 Portable

Review Persona 3 Portable PS4 – Masih belum berhenti antusias SEGA dan Atlus dalam merilis game Persona Series populer mereka ke platform gaming saat ini. Upaya mereka mengenalkan seri game Persona seperti Persona 3 Portable (P3P) dan Persona 4 (P4) untuk pemain baru yang bertujuan memperkenalkan game tersebut sebagai game JRPG yang masih populer bahkan hingga saat ini.

Dan kini game Persona 3 Portable sebentar lagi akan rilis pada 19 Januari 2023 di platform PlayStation 4, Xbox One, Xbox Series X/S, Nintendo Switch, dan PC (Windows). Kehadiran salah satu game legendaris dari Persona Series ini telah dinantikan oleh gamer penggemar JRPG maupun penggemar serinya dalam format remaster untuk platform modern.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan sebuah review Persona 3 Portable di platform PlayStation 4 berdasarkan pengalaman saya ketika memainkannya. Kami mengucapkan terima kasih kepada SEGA yang telah memberikan kesempatan untuk mencoba game legendaris dari seri Persona yang pertama kali rilis untuk platform PSP.

Review Persona 3 Portable

Review Persona 3 Portable

Seperti apa game Persona 3 Portable setelah rilis di platform current gen saat ini? Baiklah kita mulai saja pembahasannya!

Story

Akan ada banyak misteri kalian temukan di game Persona 3 Portable

Persona 3 Portable menceritakan sebuah misteri dimana adanya sebuah waktu yang tersembunyi ketika jam memasuki angka 00:00 yang disebut sebagai Dark Hour. Pada saat Dark Hour terjadi semuanya akan berubah, barang-barang elektronik mati seketika, manusia akan tertidur di sebuah peti mati tanpa menyadari keberadaan dari misteri ini.

Misteri seperti apa dibalik fenomena Dark Hour?

Terjadi di tahun 2009, Protagonist kembali ke kota Tatsumi Port Island setelah insiden yang terjadi 10 tahun lalu membuat kedua orang tuanya mati dalam sebuah kecelakaan. Dia merupakan murid pindahan di sekolah Gekkoukan High School dan akan tinggal di Iwatodai Dormitory atas undangan dari seseorang. Sesampainya di sana, dia bertemu dengan anak misterius dan memintamu untuk menandatangani sebuah kontrak misterius.

Tidak lama setelah pindah, Protagonist harus menghadapi monster misterius bernama Shadow yang muncul di waktu Dark Hour. Akibat kejadian tersebut, Protagonist secara naluri membangkitkan kekuatan Persona miliknya. Namun apa yang terjadi adalah kekuatan Persona miliknya berubah menjadi sosok mengerikan yang mengamuk dan menghabisi Shadow secara brutal.

PER….SO….NA

Sejak insiden tersebut, Protagonist bergabung dengan kelompok khusus bernama S.E.E.S (Special Extracurricular Execution Squad) dan harus mengungkap misteri yang ada, mulai dari Dark Hour, monster bernama Shadows, Apathy Syndrome dan masih banyak lagi. Apakah dunia bisa diselamatkan oleh sekelompok anak muda dalam mengungkap misteri yang ada? Jawaban ada di tangan kalian.

Memento Mori

Pilih Protagonist Cowok Emo atau Gadis Periang

Pilih Protagonist cowok atau cewek?

Sesuai judulnya, game ini menceritakan kembali game Persona 3 Portable yang pertama kali rilis di platform PSP yang kini telah dibangkitkan kembali untuk platform current gen. Game ini merupakan varian terakhir dari game Persona 3 dengan penambahan skenario dari sudut pandang Female Protagonist. Meskipun begitu, Male Protagonist sendiri memiliki penambahan cerita dalam game dari versi originalnya.

Setelah memainkan game ini, saya sendiri tidak menemukan adanya perubahan yang signifikan dari segi story jika dibandingkan dengan P3P versi PSP. Jadi bisa dikatakan game ini merupakan sebuah port dengan beberapa peningkatan performa dan grafis menyesuaikan platform current gen.

Beberapa dialog akan ada perbedaan diantara versi Protagonist laki-laki dengan perempuan

Tetapi, jika kalian sebelumnya sama sekali belum pernah bermain game P3, P3FES maupun P3P, tidak ada salahnya kalian mencoba mengikuti cerita yang ada pada game ini. Dengan opsi 2 Protagonist, yaitu Male Protagonist atau Female Protagonist, kalian akan menemukan beberapa hal menarik dari kedua sisi. Terlebih dari Female Protagonist yang terlihat lebih ceria dibandingkan Male Protagonist berdasarkan opsi dialog dalam game.

Gameplay

Sistem battle kembali ke Basic

Gameplay Persona 3 Portable hadirkan fitur gameplay turn based RPG yang sama dengan game Persona lainnya. Kalian akan diberikan kesempatan untuk melakukan aktifitas sekolah, menjalin hubungan perteman dengan orang yang dikenal dan masih banyak lagi.

Sistem battle pun masih sama dimana kalian akan menghadapi musuh bernama Shadows dengan bantuan kekuatan Persona. Setiap Persona yang dimiliki karakter memiliki keunggulan dan kelamahannya masing-masing. Dan untuk Protagonist sendiri, dia memiliki kekuatan khusus dimana sang karakter utama dapat mengganti kekuatan Persona agar bisa menyesuaikan kondisi pertarungan. Maka dari itu, kalian harus bisa beradaptasi dengan musuh yang dihadapi, temukan kelemahan mereka dan habisi mereka.

Tidak lengkap rasanya jika game Persona tidak menghadirkan fitur Social Link dengan melakukan pertemanan dengan banyak orang. Dengan adanya 2 variasi Protagonist, Persona 3 Portable memiliki perbedaan satu sama lain terlebih pada pilihan karakter yang menjadi Social Link nantinya.

Tidak hanya dari segi Social Link, bahkan beberapa event dan dialog dalam game memiliki perbedaan antara Male Protagonist dan Female Protagonist. Namun pada akhirnya game ini akan tetap menghadirkan fitur yang masih sama, perbedaannya ada pada eksekusi tiap Protagonist.

Kembali ke Fitur Basic

Gamer lama pasti tahu maksud dari ini, jangan lupa diganti, ya….

Sebagai pengingat buat kalian yang sudah terbiasa dengan sistem gameplay dari Persona 4 Golden maupun Persona 5/Persona 5 Royal, beberapa fitur keunggulan dari kedua game tersebut tidak akan kalian temukan pada game ini. Itu karena game ini benar-benar menghadirkan fitur basic dan harus kalian adaptasi selama bermain.

Kalian akan menemukan fitur game ini merupakan hasil peningkatan dari gameplay Persona 3/Persona 3 FES dan Persona 4. Beberapa fitur tersebut mulai dari karakter party bisa dikendalikan, kemampuan karakter untuk melindungi Protagonist dari serangan fatal yang bisa membuatnya mati.

Bagi para pemain baru, mungkin ini sedikit sulit dan mereka perlu beradaptasi dengan fitur yang ada di P3P. Sementara bagi gamer yang sudah memainkan game P3FES, P4 maupun P3P, fitur seperti ini akan memunculkan rasa nostalgia ketika dulu memainkannya. Itulah yang saya dapatkan ketika memainkan kembali Persona 3 Portable di platform current gen PlayStation 4.

Dan salah satu fitur yang dapat memanjakan para pemain adalah kini game Persona 3 Portable menghadirkan opsi memilih suara dub English atau dub Jepang. Jadi kalian pecinta pengisi suara karakter Jepang, bisa segera menggantinya di Option pada menu utama dalam game.

Otw dub Jepang

Dari segi performa di konsol PS4 sendiri, P3P hadir dengan hasil yang sangat baik. Setiap loading dan eksekusi dalam game hadir tanpa kendala yang dapat mengganggu kalian bermain. Itulah yang saya dapatkan ketika memainkannya.

Graphic

Grafis terlihat lebih mulus dan tidak ada jagged edge dalam game

Grafis Persona 3 Portable terlihat lebih baik dan lebih mulus dibandingkan versi PSP. Model karakter dan monster yang akan kalian temukan dalam game terlihat tidak adanya jagged edge atau grafis yang pecah.

Environtment pada beberapa lokasi seperti Tartarus juga ditingkatkan lagi menyesuaikan resolusi untuk platform current gen. Jadi meskipun model karakternya menggunakan model lama, tetapi untuk grafis pecah tidak terlalu terlihat dalam game.

Sound

ALL OUT ATTACK

Untuk soundtrack-nya sendiri, kalian tidak akan dibuat bosan. Karena setiap lagu yang ada di game ini masih diaransemen oleh Shoji Meguro. Tidak ada yang berubah ataupun berbeda dari P3P sebelumnya.

Jika kalian belum tahu, dengan hadirnya 2 variasi Protagonist dalam game menghadirkan beberapa list lagu yang berbeda antara satu sama lain. Misalnya saja lagu battle versi Male Protagonist yang ikonik dengan lirik BABYBABYBABYBABY berjudul Mass Destruction. Sementara untuk versi Female Protagonist, lagu battle-nya akan berjudul Wiping All Out yang tidak kalah asyik kalian dengar ketika menghadapi Shadow.

Kesimpulan

Game penuh nostalgia bagi penggemar seri Persona

Perilisan Persona 3 Portable untuk platform current gen, mulai dari PlayStation 4, Xbox One, Xbox Series X/S, Nintendo Switch, dan PC (Windows) hadir dengan optimal dan memuaskan. Game ini cocok untuk pemain baru yang belum pernah memainkan salah satu game legendaris Persona. Sedangkan untuk pemain lama, game ini bisa menjadi momen nostalgia dimana kalian akan merasakan kembali bagaimana elemen cerita game Persona yang masih emo dan juga edgy pada zamannya.

Dengan hadirnya 2 opsi Protagonist, yaitu Male dan Female Protagonist, kalian akan dibuat penasaran ingin mencoba cerita dari salah satu atau kedua karakter utamanya dengan keunikan dan ciri khas mereka masing-masing. Jika berdasarkan pengalaman saya pribadi ketika memainkan game ini di PSP, perkiraan durasi yang kalian butuhkan untuk menamatkan kedua Protagonist bisa sekitar 40 jam dan akan lebih jika kalian ingin melengkapi semua koleksi Persona, Social Link ataupun ingin mendapatkan achievement yang ada di masing-masing platform.

She’s cute

Itulah review Persona 3 Portable dari saya berdasarkan pengalaman memainkan kembali game klasik ini di platform PlayStation 4. Apakah kalian tertarik untuk memainkan game klasik dari Persona ini?

Persona 3 Portable

Persona 3 Portable kembali hadir untuk platform PlayStation 4, Xbox One, Xbox Series X/S, Nintendo Switch, dan PC (Windows) dengan peningkatan mengajak pemain baru dan pemain lama nostalgia.

73%

SCORE

PROS

  • Cerita yang dark dan masih khas ala game Persona lama.

  • Opsi 2 Protagonist yang menarik dengan karakteristiknya masing-masing.

  • Karakter Party bisa dikendalikan, tidak ada seperti versi sebelumnya.

  • Peningkatan grafis yang mulus tidak ada pecah seperti di versi PSP.

CONS

  • Perlu beradaptasi bagi gamer yang sudah terbiasa dengan fitur Persona 5.

  • Model karakter dalam game masih menggunakan yang lama.

REVIEW BREAKDOWN

Story

80%

Gameplay

70%

Graphic

70%

Sound

75%


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Persona, Persona 3 atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version