Review Persona 3 Reload – Game Remake yang Sangat Memuaskan

Review Persona 3 Reload

Review Persona 3 Reload – Setelah dibuat penasaran, akhirnya game Persona 3 Reload telah rilis secara resmi bagi para gamer di seluruh dunia, terlebih penggemar seri Persona. Setelah Gamer digoda dengan banyak trailer yang memperlihatkan banyak konten baru dan perubahan grafis dari versi original, rasa penasaran pun akhirnya telah hilang.

Persona 3 Reload adalah game Remake dari Persona 3 yang menghadirkan kembali cerita petualangan para member S.E.E.S dalam upaya menyelamatkan dunia terhadap fenomena misterius The Dark Hour yang memicu banyak korban yang disebut dengan Apathy Syndrome.

Dalam sebuah kesempatan, Gamebrott mencoba memainkan game Persona 3 Reload lebih cepat dari perilisan resminya. Kami berterima kasih kepada SEGA yang telah memberikan kesempatan luar biasa ini kepada kami untuk mencoba game Remake dari Persona 3.

Ada banyak pengalaman luar biasa yang saya rasakan ketika memainkan game ini, mulai dari rasa nostalgia ceritanya, banyaknya penambahan konten, dan kembali bertemu dengan para member S.E.E.S yang ikonik, mulai dari Yukari, Junpei, Mitsuru, Akhikiko, dan lainnya.

Pada kesempatan ini kami akan membagikan apa saja yang akan kalian temukan di game ini dalam Review Persona 3 Reload. Artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman saya yang merupakan penggemar berat seri Persona dan juga telah memainkan beberapa versi Persona 3 sebelumnya, seperti Persona 3 FES dan Persona 3 Portable.

Review Persona 3 Reload

Review Persona 3 Reload

Baiklah kita mulai saja pembahasan Review Persona 3 Reload.

Story

P3 Reload kembali menceritakan petualangan kelompok S.E.E.S dalam upaya menyelamat dunia

Persona 3 Reload menceritakan sebuah fenomena misterius bernama The Dark Hour yang muncul ketika waktu jam menunjuk angka 00:00. Pada saat itu terjadi, dunia akan berubah menjadi gelap menunjukkan eksistensi dunia yang tersembunyi pada waktu tengah malam.

Untuk menginvestigasi The Dark Hour, sebuah kelompok khusus bernama Specialized Extracurricular Execution Squad atau disingkat S.E.E.S dibentuk untuk mencari tahu fenomena tersebut dan menyelamatkan dunia dari ancaman kehancuran dan monster bernama Shadow yang muncul pada waktu tengah malam.

Si Emo Arisato Minato Yuki Makoto is back baby!!!

Cerita akan berfokus pada Protagonist (Player) yang bergabung dengan kelompok S.E.E.S dengan kampuan khusus yang dia miliki. Bersama teman-teman dari S.E.E.S dan kekuatan jalinan hubungan kuat antar mereka, apakah mereka bisa menyelamatkan dunia dari ancaman The Dark Hour? Semua itu akan terjawab di Persona 3 Reload.

Cerita Nostalgia yang Bikin Kangen

MY BOYYYYY

Sebagai penggemar berat seri Persona dan Player yang telah memainkan game Persona 3 selama puluhan jam di versi yang berbeda, hal yang paling saya rasakan adalah dalam cerita di Persona 3 Reload adalah bagaimana saya jadi merasakan nostalgia terhadap game ini.

Mulai dari premis cerita yang ikonik ketika Protagonist merasakan fenomena The Dark Hour, petualangan sebagai anggota S.E.E.S dan momen-momen aktifitas sekolah, semuanya membuat saya jadi teringat kembali dengan versi lamanya, baik itu versi PSP maupun versi PS2.

Momen epic memanggil Persona 3 versi Remake

Hal yang paling membuat saya kaget adalah bagaimana cerita di game ini dibuat lebih bagus dalam eksekusi maupun persentasi lewat beberapa cutscene-nya. Bahkan saya terkadang bertanya-tanya, “wait, cutscene ini gak ada di versi original” atau “saya tidak ingat ada cutscene seperti ini”.

Saya tidak akan memberikan banyak spoiler dalam review ini, jadi kalian bisa menikmatinya sendiri dengan memainkan game Persona 3 Reload. Terlebih bagi kalian penggemar seri Persona yang sebelumnya sudah memainkan versi original, FES, maupun Portable.

Gameplay

Tampilan UI Battle yang lebih simpel seperti Persona 5

Gameplay Persona 3 Reload masih menghadirkan sistem Turn Based RPG sama seperti seperti versi sebelumnya. Namun apa yang paling mencolok dari gameplay di game ini adalah banyaknya peningkatan dari segi UI dan juga accessibilty yang lebih simpel namun dengan tampilan keren khas Persona 5.

Seperti yang sudah diperlihatkan oleh Atlus pada video trailer dan juga informasi resminya, Persona 3 Reload mengalami peningkatan besar dari segi gameplay, tidak hanya menu UI-nya saja, bahkan sistem Battle yang lebih simpel mengadaptasi hal-hal apa saja yang bagus dari game Persona sebelumnya seperti yang ada di Persona 4 maupun Persona 5.

Mengingat dari segi serinya, Persona 3 merupakan game lama dari ketiga game Persona modern. Maka dari itu peningkatan fitur gameplay di game ini sangat penting agar Player baru maupun Player lama bisa nyaman untuk memainkannya.

Lebih stylish dari versi sebelumnya

Bisa dibilang Persona 3 Reload adalah versi terbaru dari seluruh sistem game gameplay seri Persona, namun tetap mempertahankan elemen apa saya yang tetap dipertahankan dan apa yang perlu dihilangkan dari Persona 3. Seperti kata pepatah, “pengalaman adalah guru yang paling berharga”.

Ada banyak fitur baru dan peningkatan yang ingin saya bagikan dalam review Persona 3 Reload selain membahas menu UI, mulai dari sistem Battle, eksplorasi Tartarus, kehidupan sehari-hari di sekolah, dan juga elemen-elemen kejutan yang bakal kalian temukan yang tidak ada di versi Persona 3 sebelumnya.

Jadi bagi kalian Player yang baru saja mencoba memainkan game Persona 3, Persona 3 Reload adalah pilihan yang tepat untuk kalian mainkan dari versi-versi sebelumnya. Meskipun ada beberapa hal yang tidak ada versi sebelumnya, tetapi kalian masih bisa menikmati game ini pada cerita utama dari Persona 3.

Graphic

Tampilan model karakter yang lebih bagus

Jika kita membicarakan grafis pada game Persona 3 Reload, saya pribadi tidak banyak mempermasalahkannya. Bahkan game ini bisa hadir dengan peningkatan grafis yang jauh lebih baik dari Persona 3 sebelumnya yang diketahui menggunakan Unreal Engine 4.

Setiap model karakter, monster Shadow, dan environtment yang akan kalian kunjungi dibuat baik sedemikian rupa dan tetap mempertahankan konsep aslinya. Bahkan untuk ekspresi karakter di Persona 3 Reload terlihat bagus dalam beberapa cutscene, seperti saat ketawa, sedih, marah, dan lainnya.

Dari apa yang saya lihat, pergerakan mulut dari karakter dengan suaranya terlihat selaras menambah nilai plus dari segi grafis pada model karakternya. Belum lagi dengan tampilan lokasi Tartarus yang mendapat make-over secara besar-besaran dengan tetap mempertahankan elemen misterius dan juga mencekam dari menara tersebut.

Sound

Tenang, musik Mass Destruction masih bisa kalian dengar di game ini dengan aransemen baru dari komposernya

Tidak lengkap rasanya jika membuat review game Persona tanpa membahas musik ataupun lagu Soundtrack yang ada di dalam game. Sekadar informasi, komposer Persona 3 Reload dikerjakan oleh Atsushi Kitajoh. Dia adalah komposer yang berbeda dari game Persona 3 sebelumnya yang dikerjakan oleh Shoji Meguro.

Meskipun begitu, Persona 3 Reload masih mempertahankan genre music Hip-hop dan Rap-Rock khas Persona 3 buatan Shoji Meguro. Hal ini berlaku untuk beberapa list lagu barunya maupun aransemen ulang koleksi lagu Persona 3 versi komposer Atsushi Kitajoh.

Kalau menurut saya pribadi, beberapa musik baru maupun aransemen ulang versi Atsushi Kitajoh terasa lebih lembut beat hip-hopnya dari versi original. Namun bukan berarti sound atau musik di game ini tidak memberikan pengalaman yang seru saat bermain, terlebih pada saat bertarung.

Kesimpulan

Persona 3 Reload

Setelah kalian mengetahui ulasan atau review Persona 3 Reload di atas, kalian pasti bertanya-tanya, “apakah game ini worth dimainkan atau tidak?”. Jawabannya adalah iya, kalian harus memainkan game remake Persona 3 ini.

Seperti yang sudah dijanjikan oleh tim developer sebelum gamenya dirilis, Persona 3 Reload menghadirkan kembali petualangan cerita Persona 3 dengan banyak sekali penambahan dan peningkatan konten dengan tetap mempertahankan elemen apa saja yang penting di game ini dan tidak. Terlebih game ini hadirkan gameplay yang mengadaptasi banyak elemen dari Persona 5 maupun Persona 4 mengingat Persona 3 adalah seri paling lama diantara mereka.

Kalau kalian bertanya apa saja kekurangan di game ini, ada beberapa hal yang ingin saya bahas. Pertama-tama adalah mode eksplorasi saat jam The Dark Hour. Control karakter di game ini terasa sedikit kurang nyaman dan perlu adaptasi terlebih dahulu.

Maksud saya disini adalah ketika ingin menebas musuh, beberapa kali saya sering meleset mengenai mereka. Control untuk mengarahkan arah tebasan karakter ke musuh ataupun objek yang ada di Tartarus terasa ada yang aneh bagi saya.

Apalagi ketika mencoba melakukan Dash dan berlari ke arah Shadow yang posisinya selalu bergerak, kalian mungkin akan beberapa kali sering gagal untuk menyerang mereka terlebih dahulu. Bahkan tidak jarang musuh yang justru bisa menyerang duluan ketimbang kalian yang ingin mengambil kesempatan terlebih dahulu. Itulah yang saya alami ketika di awal permainan.

Beberapa kali saya sering miss saat mau menyerang musuh duluan

Saya sendiri masih bingung apakah ini memang bagian dari game atau sayanya yang sudah terlalu terbiasa dengan fitur menyerang musuh di Persona 5. Namun jika diingat-ingat lagi, Persona 3 memiliki gerakan lebih terasa reflek dan gampang mengarahkan posisinya untuk bisa menyerang musuh ketimbang versi Persona 3 Reload.

Kekurangan lainnya adalah mungkin menjadi keluhan tersendiri bagi kalian yang sudah terbiasa dengan fitur Persona 5. Ada banyak fitur klasik Persona 3 masih dipertahankan di sini, terlebih dalam hal menaikkan Social Link berhubungan dengan karakter lain dan juga menambahkan Stats Protagonist.

Jika di Persona 5 ada banyak cara bisa kalian lakukan untuk menaikkan Stats ataupun Socal Link lebih efektif, siap-siap saja di Persona 3 kalian harus lebih bisa memperhitungkan waktu yang ingin kalian gunakan setiap harinya.

Walaupun sedikit, tapi butuh waktu yang lama agar bisa sampai maksimal

Di Persona 3 dikenal memiliki waktu yang sangat terbatas untuk menjalankan aktifitas sampai misi penting ataupun akhir cerita. Hal ini juga berlaku di Persona 3 Reload karena beberapa fitur untuk menaikkan Stats dan Social Link masih terlihat sama dengan versi sebelumnya.

Dan untuk mencari uang, Persona 3 Reload akan lebih menekan Player untuk bisa memperhitungkan pengeluaran mereka. Itu karena kalian tidak akan mendapatkan uang setelah menghadapi musuh. Sebagai gantinya material drop item dari musuh bisa dijual sama seperti game Persona 3 sebelumnya.

Meskipun game ini masih menghadirkan Shuffle Time seperti di Persona 3, namun jumlah yang kalian dapatkan tidak terlalu banyak. Entah ini perasaan saya saja atau memang salah, saya merasa uang yang didapatkan dari memilih kartu Shuffle Time terasa lebih sedikit dari versi sebelumnya.

Kalau dulu saya dengan mudah mendapatkan banyak uang dari Shuffle Time sehingga bisa mengisi stok item di Shop maupun persediaan equipment untuk karakter dan itupun masih bersisa banyak meski harganya mahal.

Namun untuk versi Persona 3 Reload, saya merasa ada ada semacam perubahaan agar uang yang bisa didapatkan Player jadi lebih balance setiap mendapatkan kartu di Shuffle Time setelah mengalahkan musuh di area blok Tartarus. Sudah berapa kali saya mengalami krisis uang saat ingin membeli equipment karakter dan juga item penyembuhan di awal game. Setidaknya sistem part-time di sini masih bisa membantu ketika butuh uang.

Jadi secara keseluruhan, Persona 3 Reload menjadi game remake Persona 3 yang bagus banget sesuai dengan apa yang sudah dijanjikan oleh tim developer. Game ini menghadirkan banyak peningkatan dan penambahan menyesuaikan elemen-elemen dari game Persona 5 maupun Persona 4 dengan tetap mempertahankan elemen penting yang ada di versi Original.

Secara keseluruhan, Persona 3 Reload adalah game remake yang bagus diantara versi lainnya

Persona 3Reload

Persona 3 Reload memberikan pengalaman Remake dari Persona 3 dengan berbagai macam penambahan dan peningkatan fitur membuat permainan jadi terasa berbeda dari sebelumnya.

87%

SCORE

PROS

  • Peningkatan dalam fitur Gameplay yang lebih modern dan bisa diterima Player lama maupun baru.

  • Grafis lebih bagus dibandingkan versi pendahulunya.

  • Versi terbaik dari Persona 3 saat ini dengan banyak fitur baru maupun peningkatan dari game sebelumnya.

CONS

  • Awal permainan yang kurang balance antara pendapatan dan kebutuhan uang untuk membeli equipment

  • Masih menunggu dulu Episode The Answer Aegis.

REVIEW BREAKDOWN

Story

85%

Gameplay

90%

Graphic

85%

Sound

90%

Jika kalian ingin tahu jalan cerita yang ada di Persona 3, maka memainkan game versi Persona 3 Reload adalah opsi yang tepat buat kalian. Jadi, apakah kalian siap untuk memainkan kembali Persona 3 di versi terbarunya Persona 3 Reload?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Persona 3 Reload atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version