Review Persona 5 Royal — The Phantom Thieves Kembali Beraksi!

Review Persona 5 Royal

Review Persona 5 Royal – Akhirnya game JRPG populer buatan Atlus berjudul Persona 5 Royal datang juga. Setelah sebelumnya rilis di PS4, game tersebut akhirnya menuju berbagai platform gaming current gen dan next gen, mulai dari PS5, Xbox One, Xbox Series, Nintendo Switch, dan juga PC (Windows). Tentu saja game ini mendapatkan sambutan baik oleh para gamer terlebih penggemar game JRPG dan juga franchise seri Persona.

Persona 5 Royal hadir sebagai versi terbaru dari Persona 5 dengan banyak peningkatan dan juga penambahan konten yang menambah keseruan bermain kalian. Dan yang paling terpenting adalah game ini hadir dengan performa yang lebih baik di platform gaming next-gen dan juga PC.

Review Persona 5 Royal

Persona 5 Royal

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan review Persona 5 Royal yang baru saja rilis di PS5, Xbox One, Xbox Series, Nintendo Switch, dan juga PC (Windows) pada 21 Oktober 2022. Kami mengucapkan terima kasih kepada SEGA© dan juga ATLUS© yang telah memberikan kami kesempatan untuk mencoba game Persona 5 Royal.

Review ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi penulis dan memainkannya di konsol PS5. Jadi banyak hal menarik yang bisa kalian dapatkan di dalam game, baik itu yang sudah pernah memainkan versi Original sebelumnya ataupun pemain baru.

Buat gamer yang belum pernah memainkan game Persona 5 maupun Persona 5 Royal, kalian tidak perlu khawatir. Karena review ini bersih dari spoiler mengenai isi cerita penting sampai plot twist agar kalian bisa menikmati sendiri pengalaman bermain mengikuti petualangan para The Phantom Thieves.

Mari kita mulai saja pembahasan mengenai review Persona 5 Royal!

Story

Story Persona 5 Royal

Persona 5 Royal menceritakan sebuah insiden dan fenomena misterius yang terjadi di Tokyo yang berfokus pada sekelompok anak remaja SMA dari sekolah Shujin Academy dimana mereka memiliki kesamaan satu sama lain, yaitu ditindas oleh orang dewasa.

Berawal dari insiden yang tidak disengaja, Protagonist dan temannya memasuki dunia lain bernama Metaverse. Dunia tersebut merupakan dunia yang terbentuk dari manifestasi hasrat alam bawah sadar manusia. Karena keinginan mereka untuk bebas dari tindasan orang dewasa, Protagonist dan teman-temannya mendapatkan kekuatan misterius bernama Persona.

Ryuji, salah satu teman dan anggota The Phantom Thieves

Seiring berjalannya waktu, mereka pun mulai beraksi sebagai anggota kelompok vigilante bernama Phantom Thieves of Hearts atau biasa disebut The Phantom Thieves. Tugas mereka adalah mencuri hati dan hasrat buruk orang-orang dewasa yang terlalu ambisius dengan kemauannya serta menyelamatkan banyak yang telah menderita. The Phantom Thieves harus menghadapi sosok dari manifestasi hasrat target mereka di dunia Metaverse dan dipenuhi para monster misterius bernama Shadow.

Namun dibalik aksi para The Phantom Thieves, masih banyak misteri lain yang harus mereka pecahkan untuk mengungkap dibalik rahasia asal usul kekuatan hasrat manusia dan juga tujuan dari munculnya dunia Metaverse.

Salah satu Boss yang akan dihadapi Player

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, game Persona 5 Royal turut menghadirkan banyak konten baru, terlebih dari segi ceritanya. Dengan menambahkan beberapa event cerita disertai kehadiran karakter baru, game ini menjadi versi yang lebih sempurna dari Persona 5. Ibaratkan versi antara Persona 4 dengan Persona 4 Golden. Kalian yang sebelumnya sudah pernah memainkan versi original, bisa memainkan Persona 5 Royal dengan penambahan cerita yang menarik dan juga seru.

Cerita Lebih Gelap dan Suram Dibandingkan Persona 3 dan Persona 4

Game ini memiliki cerita yang lebih gelap dan suram dari pendahulunya

Persona 5 memiliki cerita yang lebih gelap dari para pendahulunya seperti Persona 3 dan Persona 4. Jika Persona 3 menceritakan sebuah dunia misterius bernama Dark Hour yang muncul akibat sebuah eksperimen dan Persona 4 menceritakan sebuah kasus misteri pembunuhan, bisa dibilang Persona 5 hadir dengan cerita yang berfokus pada salah satu sifat keburukan manusia, yaitu hasrat.

Tone cerita pada game ini juga terasa lebih suram karena menceritakan bagaimana keluhan anak remaja yang ditindas oleh orang dewasa dan mereka tidak bisa melawan. Bahkan ada juga yang menyinggung bagaimana anak remaja tidak kuat menahan tekanan tersebut hingga harus melakukan hal-hal berbahaya bagi diri mereka sendiri. Banyak hal yang membuat Player merasa simpati dengan para korban yang ada di game.

Review Persona 5 Royal — The Phantom Thieves Kembali Beraksi! 27

Suasana cerita seperti ini seakan-akan Atlus kembali membuat game Persona memiliki kesan sedikit dark dan suram seperti game pertama dan kedua. Hal ini mengingat game tersebut masih berstatus sebagai spin off seri Shin Megami Tensei (SMT). Atlus berhasil membuatnya cerita game baru Persona kembali ke akarnya namun tetap memiliki ciri khasnya tanpa terikat dari induk seri gamenya.

Namun kalian tidak perlu khawatir dengan ceritanya yang dark dan juga suram seperti yang saya jelaskan sebelumnya. Beberapa momen di game Persona 5 juga turut menghadirkan momen santai dan menghibur menunjukkan bagaimana keakraban Protagonist dengan teman-temannya.

Gameplay

Gameplay lebih stylish dan simpel

Gameplay Persona 5 Royal menghadirkan banyak sekali peningkatan dari game sebelumnya, yaitu Persona 4 dan juga Persona 3. Pemain akan mengendalikan karakter Protagonist yang harus menjalankan kehidupan sehari-hari anak remaja SMA pada umumnya dan juga sebagai anggota kelompok vigilante bernama The Phantom Thieves.

All Out Attack di Persona 5 Royal

Sebagai murid SMA, kalian harus menjalankan kehidupan sekolah, mulai dari belajar, menjawab pertanyaan guru dan juga ujian. Diluar dari aktifitas sekolah, kalian juga bisa menghabiskan waktu bersama dengan teman-temannya untuk menaikkan Confidant, evolusi dari fitur Social Link yang ada di Persona 3 dan Persona 4.

Stats kembali hadir di Persona 5 Royal

Sistem Stats pada Protagonist juga turut hadir di game ini dimana memiliki banyak fungsi dan pengaruh besar pada gameplay. Fitur lainnya yang menjadi ciri khas game modern Persona bisa kalian temukan. Untuk menaikkan Stats pada Protagonist, kalian bisa melakukan berbagai macam aktifitas yang bahkan lebih banyak dari versi originalnya.

Persona 5 Royal Arsene

Sistem battle di Persona 5 maupun Persona 5 Royal juga mengalami peningkatan dan penambahan fitur dari game pendahulunya. Salah satunya adalah Atlus adanya penambahan beberapa elemen weakness pada karakter maupun musuh, seperti elemen Psy dan Nuke. Kedua elemen tersebut sebelumnya sudah pernah ada di game Persona sebelumnya (Persona 1 dan 2) maupun Shin Megami Tensei.

Psy dan Nuke menambah daftar trait kelemahan pada karakter, musuh dan juga Persona

Ada banyak sekali fitur game gameplay di Persona 5 Royal yang tidak bisa saya jelaskan satu per satu, mulai dari dungeon Mementos yang mirip dengan Tartarus di game Persona 3, lokasi populer di Tokyo dengan berbagai keunikan serta fungsinya dan lainnya. Kalian bisa mencari tahu sendiri keunikan gameplay-nya ketika memainkan game ini.

Graphic

Tampilan graphic Persona 5 Royal menjadi lebih bagus, apalgi di platform next-gen dan juga PC

Graphic Persona 5 Royal hadir dengan tampilan yang lebih mulus dan juga performa tinggi yang mampu berjalan dengan 60 FPS. Apalagi jika kalian memainkannya di platform gaming next-gen seperti PS5. Dan bahkan di PC, kalian bisa memainkannya dengan performa 120 FPS.

Persona 5 Royal di PC memiliki opsi performa 120 FPS

Model karakter di Persona 5 maupun Persona 5 Royal terlihat lebih baik dari game pendahulunya. Meningat Atlus menggunakan engine yang sama dengan berbagai peningkatan ketika mereka membuat game Catherine yang dulunya disebut-sebut sebagai ujicoba engine graphic untuk Persona 5. Bahkan setiap ekspresi dan gerakan pada karakter, monster maupun kekuatan Persona di dalam game.

Tidak sampai disitu saja, berbagai macam efek menambah keunikan dari segi grafis yang menjadi salah satu ciri khas pada game Persona 5.

Tampilan UI Game yang Sangat Unik

Dimanapun kalian akan menemukan UI dengan style yang keren

Salah satu keunikan yang ada pada Persona 5 maupun Persona 5 Royal adalah tampilan UI game yang sangat unik dan juga keren. Setiap kalian membuka menu, battle maupun tampilan umum pada game dibuat sedemikian rupa dan sangat mencolok. Bahkan UI pada game ini sangat berbeda dengan pendahulunya yang lebih polos disertai ciri khas warnanya masing-masing.

Bahkan mau belanja pun disuguhkan dengan UI yang keren

Keberadaan UI di game Persona 5 ini bahkan mulai mencuri perhatian dan juga inspirasi developer game lain untuk memberikan tampilan UI pada gamenya menjadi lebih menarik.

Transisi yang Smooth

Transisi permainan yang smooth dan menarik

Dengan tampilan UI yang unik ini dihadirkan juga transisi yang keren ketika kalian memasuki area, membuka menu maupun battle. Kalian akan melihat bagaimana transisi game ini sangat mulus menutupi kekosongan ketika game sedang memasuki proses loading.

New Feature & Extra Content Persona 5 Royal

Persona 5 Royal

Buat kalian yang sudah pernah memainkan Persona 5, mungkin bertanya-tanya apa saja fitur baru maupun konten ekstra yang ada di Persona 5 Royal yang sudah saya mention sebelumnya.

Berikut New Feature & Extra Content Persona 5 Royal yang ada di game:

Karakter dan Confidant Baru

Kasumi menjadi salah satu karakter baru di Persona 5 Royal

Salah satu yang paling ditekankan Atlus dalam Persona 5 Royal adalah hadirnya karakter dan juga Confidant baru. Mereka adalah Kasumi Yoshizawa dan Takuto Maruki. Mereka berdua akan menjalin hubungan dengan Protagonist yang memiliki peran penting dalam battle dengan memberikan efeknya masing-masing.

Selain mereka berdua, ada satu lagi karakter bernama Jose yang memiliki peran penting di salah satu fitur baru Persona 5 Royal yang akan jelaskan nanti. Ada juga karakter yang kini mendapatkan cerita serta menjadi bagian dari Confidant dalam game. Siapa dia dan kekuatan apa yang bisa didapatkan, kalian bisa cari tahu sendiri.

New Ending Persona 5 Royal

Tentu saja bakal ada ending baru di Persona 5 Royal

Dengan kehadiran cerita dan karakter baru di game-nya, Persona 5 Royal turut menghadirkan beberapa ending baru yang bisa kalian dapatkan. Saya tidak akan menjelaskan seperti apa atau bagaimana cara mendapatkan ending tersebut. Namun satu hal yang pasti, ending ini akan menjadi akhir berdasarkan penyesuaian dari kehadiran karakter dan Confidant baru.

Eksplorasi yang Lebih Luas dengan Fitur Grappling Hook

Eksplorasi lebih luas dengan adanya Grappling Hook

Selain karakter dan Confidant baru, Joker (codename Protagonist) juga memiliki alat gadget baru yang dapat membantu eksplorasi seperti Palace yang lebih luas dari versi sebelumnya. Hal ini menambah keseruan dan hal baru buat kalian yang sebelumnya sudah pernah memainkan versi Original.

Aktifitas dan Lokasi Baru

Area baru Kichijoji bisa kalian kunjungi seiring berjalannya cerita

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, Persona 5 Royal turut menghadirkan berbagai macam aktifitas baru yang dapat mempengaruhi banyak hal, mulai dari Stats, Confidant dan lainnya. Bahkan kalian akan mendapatkan lebih banyak hari tambahan menjalankan aktifitas di bulan terakhir sebelum game berakhir.

Dengan banyaknya aktifitas baru ini, Atlus juga turut menghadirkan beberapa lokasi tambahan, seperti Kichijoji. Tentu saja lokasi tersebut memiliki berbagai macam aktifitas menarik yang punya banyak fungsinya.

SHOWTIME

SHOWTIME

Dari segi sistem battle selain penambahan daftar monster dan koleksi Persona, ada fitur baru bernama Showtime. Fitur ini mirip dengan Duo Follow Up Attack yang ada di Persona 4 Golden dimana 2 karakter anggota The Phantom Thieves dapat melakukan serangan kombinasi pada musuh dengan damage yang besar atau bahkan langsung instant kill.

Pada awal game, fitur Showtime ini bisa kalian dapatkan melalui Tutorial. Setelah itu kalian bisa mendapatkan lebih banyak kombinasi serangan Showtime dengan syarat tertentu yang tidak bisa saya jelaskan karena mengandung spoiler.

Challenge Battle dan Thieves Den

Door-kun

Jika kalian merasa versi Original kurang menantang, di Persona 5 Royal kalian akan menemukan mode Challenge Battle. Mode tersebut bisa kalian temukan di Velvet Room dengan berbicara kepada Justine setelah menyelesaikan progress awal cerita dalam game. Ada banyak tantangan yang bisa kalian coba, bahkan kalian bisa melawan 2 Protagonist game sebelumnya.

Kemudian ada Thieves Den yang diibaratkan sebagai tempat Palace para member The Phantom Thieves. Di lokasi ini, kalian bisa eksplorasi dan menemukan berbagai koleksi Treasure dari target mereka seiring berjalannya cerita. Bahkan tempat tersebut bisa kalian customize sesuai selera. Selain itu, ada berbagai mini games bisa kalian coba.

Kesimpulan

Apakah game ini seru dimainkan?

Dengan hadirnya Persona 5 Royal di platform PS5, Xbox One, Xbox Series, Nintendo Switch, dan PC (Windows), para gamer dan penggemar berat Persona Series serta RPG akhirnya bisa mencoba game ini. Dengan berbagai macam peningkatan dari versi original dan juga port di platform next-gen, keseruan dari segi gameplay, grafis serta performa yang lebih memuaskan.

Saya sebagai penggemar berat seri Persona dan Shin Megami Tensei merasa sangat puas dengan Persona 5 Royal. Selain ceritanya yang terasa gelap dan suram seperti Persona 1 dan Persona 2, fitur gameplay pun semakin disempurnakan. Berbagai kemudahan dan juga tantangan sulit bisa ditemukan di Persona 5 Royal.

Namun untuk tone cerita yang ada di dalam game mungkin sedikit mengganggu buat beberapa orang karena menyinggung hal-hal sensitif, seperti bagaimana anak remaja rawan melakukan hal-hal berbahaya karena tekanan, dimanfaatkan, dijadikan alat dan bahkan mereka harus mengikuti segala perintah orang dewasa yang sebenarnya tidak ingin mereka lakukan.

Untuk fitur gameplay pun masih sama dan bahkan tetap ada dari game Persona sebelumnya, yaitu game yang monotone. Kalian diberi waktu deadline untuk mencuri hati target para The Phantom Thieves dengan segala gimmick yang hampir sama secara terus-menerus dengan eksekusi yang berbeda.

Setelah itu game akan terasa kosong karena kalian diberi waktu istirahat untuk melakukan berbagai macam aktifitas, mulai dari menaikkan level Confidant, Stats, bekerja part-time, menyelesaikan side quest dan masih banyak lagi.

Player harus pandai memanfaatkan waktu yang ada selama 1 tahun

Terkadang beberapa aktifitas tersebut membuat kalian harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin kalian gunakan mengingat game Persona memiliki batas waktu 1 tahun in-game yang bahkan tidak sepenuhnya dari 365 hari tersebut bisa digunakan karena terkunci progress story dan pertemuan dengan karakter sebelum cerita berakhir.

Diluar dari kekurangan tersebut, saya rasa game ini tidak ada masalah yang mempengaruhi secara besar dari pengalaman seru kalian memainkan game ini sebelumnya. Apakah kalian penggemar berat seri Persona, JRPG ataupun penggemar yang baru pertama kali memainkannya, bisa dinikmati secara luas. Bahkan kalain tidak perlu memainkan game sebelumnya untuk mengetahui jalan cerita, mengingat setiap seri game Persona selalu berdiri sendiri dan tidak terpaku dengan seri sebelumnya. Kecuali game tersebut masih satu seri game yang dibuat sebagai sekuel ataupun spin-off.

Jadi bisa dikatakan Persona 5 Royal menjadi sebuah upgrade yang sangat bagus dari versi original. Perilisan game ini di platform next-gen seperti PS5 dan juga PC dibuat dengan bagus dan maksimal. Sudahkah kalian memainkan game Persona 5 Royal hari ini?

Review Persona 5 Royal

Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Persona 5 Royal, Persona 5 atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version