Review Persona 5 Tactica — Phantom Thieves Kembali Beraksi dengan Genre Tactical RPG

Review Persona 5 Tactica

Review Persona 5 Tactica – Sudah tidak perlu diragukan lagi, game Persona 5 menjadi salah satu game kebanggaan dari Atlus dan SEGA. Seri game ke-5 Persona tersebut sudah memiliki banyak game yang sudah dirilis, mulai dari Main Game, spin-off, dan lainnya. Dan kini seri tersebut hadir kembali dengan game terbarunya berjudul Persona 5 Tactica.

Persona 5 Tactica adalah game spin-off terbaru dari Persona 5 yang menghadirkan genre Tactical RPG. Game tersebut akan rilis pada 17 November 2023 di platform PS4, PS5, Xbox One, Xbox Series, Nintendo Switch, dan PC melalui Steam.

Menjelang perilisan game Persona 5 Tactica rilis secara resmi, kami mendapatkan kesempatan untuk mencoba game ini lebih awal. Ada banyak pengalaman unik ketika memainkan game spin-off terbaru Persona 5 ini dimana para anggota The Phantom Thieves menghadapi musuh baru dan juga misteri yang harus mereka pecahkan di dunia lain.

Kami mengucapkan terima kasih kepada SEGA yang telah memberikan kesempatan untuk mencoba memainkan game terbaru dari Atlus, yaitu Persona 5 Tactica. Kami akan memberikan pengalaman yang didapatkan dari game ini lewat tulisan review game Persona 5 Tactica.

Review Persona 5 Tactica

Review Persona 5 Tactica

Baiklah kita mulai saja pembahasan Review Persona 5 Tactica!

Story

Story Persona 5 Tactica

Persona 5 Tactica menceritakan petualangan baru dimana para anggota The Phantom Thieves menghadapi sebuah misteri baru di dunia lain. Cerita dimulai ketika mereka sedang berkumpul di Cafe Leblanc. Tiba-tiba saja terjadi sebuah gempa kecil di sana dan mereka melihat ada cahaya misterius dari pintu kafe.

Ketika membuka pintu tersebut, mereka melihat dunia yang sangat berbeda seakan-akan mereka berada di dunia lain. Dunia yang dikenal sebagai Kingdoms tersebut sangat berbeda dari dunia yang mereka kenal yang terlihat seperti dunia Medieval dari Eropa.

Dunia yang mereka temukan ini memiliki banyak misteri dan juga musuh baru yang harus dihadapi. Saat mereka diserang oleh sekelompok pasukan bernama Legionnaires, The Phantom Thieves diselamatkan oleh seorang gadis bernama Erina. Dia menawarkan ke anggota The Phantom Thieves untuk bekerja sama membuat aksi revolusi di dunia baru ini.

Petualangan seperti apa yang akan dihadapi oleh The Phantom Thieves di game Persona 5 Tactica. Semua akan terungkap dalam game.

Cerita Spin-Off yang Simpel

Hari Baru, Game Persona 5 Baru

Pada awal game, Persona 5 Tactica hadirkan cerita yang sangat simpel untuk standar dari game Persona 5. Game spin-off ini menghadirkan tema revolusi yang sekilas mirip seperti sejarah Hundred Years Wars atau Perang 100 Tahun antara Inggris-Perancis. Tema revolusi ini tidak jauh dan masih berkaitan dari elemen yang menjadi ciri khas utama Persona 5, yaitu Freedom atau Kebebasan.

Secara garis besar tema yang diambil cukup unik, namun dari segi cerita yang hadir di Persona 5 Tactica, kalian bisa menikmatinya secara santai. Kalian tidak perlu khawatir Elemen-elemen cerita berat seperti di Persona 5, game ini lebih sering memberikan hiburan fresh dari para karakter lama maupun karakter baru.

Gameplay

Gameplay Persona 5 Tactica

Persona 5 Tactica menghadirkan genre Tactical RPG, gameplay yang berbeda dari game Persona 5 lainnya. Player akan mengendalikan 3-4 karakter dalam Battle menghadapi banyak musuh secara giliran. Player bisa melakukan serangan biasa, menggunakan senjata Gun atau kekuatan dari Persona yang dimiliki.

Mengingat game ini adalah Tactical RPG, setiap serangan memiliki jarak, area, dan juga efek yang didampakkan pada musuh. Posisi yang diambil karakter juga sangat penting karena kalian bisa memperhitungkan jarak serangan dan rencana kemungkinan musuh akan mendekat untuk menyerang.

Sebagai ciri khas dari game Persona 5, kalian bisa melancarkan serangan dari kelemahan musuh atau Critical yang dapat membuat mereka kena knockdown. Saat ini terjadi, karakter bisa mendapatkan kesempatan lagi untuk bergerak dan juga melancarkan serangan lanjutan dalam gilirannya.

Sebelum bertarung, kalian bisa menyusun strategi mulai dari karakter yang akan dibawa, senjata yang digunakan, dan kemampuan yang dibutuhkan. Setiap karakter memiliki kemampuan basic dari Persona yang mereka gunakan. Kemampuan tersebut bisa kalian buka lewat fitur semacam Skill Tree.

Skill tersebut bisa dibuka dengan Skill Point yang didapatkan dari levelling Phantom Level. Jadi semua karakter dalam Party tidak perlu capek-capek grinding level mereka karena mereka semua memiliki level yang sama. Jadi karakter yang terlambat bergabung karena jalan cerita atau tidak dibawa dalam pertarungan tidak perlu repot memikirkan level mereka yang ketinggalan.

Skill karakter yang sudah dibuka sebelumnya bisa kalian ganti untuk membuka skill lain. Hal ini sangat membantu karakter karena mereka bisa dengan fleksibel menggunakan kemampuan yang diperlukan dalam pertarungan.

Setiap karakter memiliki kemampuan yang berbeda-beda

Jika kalian bertanya apakah game ini masih menghadirkan fitur All-Out-Attack. Jawabannya adalah iya. Bedanya di game Persona 5 Tactica memiliki nama yang berbeda menjadi Triple Threat.

Untuk bisa menggunakan teknik ini, posisi 3 karakter harus berada membentuk formasi segitiga setelah 1 karakter melancarkan serangan yang membuat musuh down. Teknik ini sangat membantu apabila ada banyak musuh berada dalam area segitiga dari formasi dan memiliki Damage yang cukup besar.

Fitur Triple Threat yang fungsinya mirip seperti All-Out-Attack

Lalu untuk fitur Velvet Room juga turut dihadirkan pada game ini, terlebih sistem Fusion Persona dan Persona Compendium. Lavenza kembali membantu Joker dan timnya sebagai Asisten di Velvet Room.

Untuk membantu para anggota The Phantom Thieves, karakter lain bisa menggunakan Persona tambahan selain dari Persona basic yang digunakan. Dengan begini, Player bisa membuat banyak variasi rencana dalam memenangkan pertarungan.

Masih ada banyak fitur gameplay lainnya yang bisa kalian temukan di game ini. Kalian bisa coba temukan sendiri fitur-fitur yang ada dan mengetahui cara kerjanya di Persona 5 Tactica.

Graphic

Graphic Persona 5 Tactica

Persona 5 Tactica hadir dengan model karakter chibi yang lucu dan juga stylish. Jika kalian sebelumnya pernah memainkan atau melihat game Persona Q dari Atlus, style gambar seperti ini sudah tidak asing lagi. Gambar karakter, musuh, dan juga persona dibuat sedemikian rupa menyesuaikan style yang ada di game.

Selain itu, ciri khas style menu UI dan juga transisi dalam tetap menjadi ciri khas utama dari game baru Persona 5 ini. Dengan tampilan grafis dalam game disertai tampilan menu UI dan transisi memberikan identitas bahwa Persona 5 Tactica adalah game dari Persona 5.

Sound

Sound Persona 5 Tactica

Soundtrack dan alunan musik yang ada Persona 5 Tactica dibuat oleh Toshiki Konishi. Meskipun bukan Shoji Meguru sebagai komposer utamanya, namun Toshiki Konishi berhasil membuat kumpulan lagu-lagu baru yang identik dengan genre musik khas dari game Persona 5 itu sendiri.

Vocalist Lyn yang menyanyikan lagu-lagu di Persona 5 turut kembali menyanyikan lagu baru yang ada di Persona 5. Jadi kalian akan merasakan sensasi musik genre Acis Jazz yang identik dengan ritme funk/hip-hop, basic beat, dan diiringi beberapa elemen metal dan brass.

Kesimpulan

Apakah game ini worth dimainkan?

Setelah kalian mengetahui beberapa hal yang ada di dalam game, mungkin kalian bertanya-tanya, “apakah Persona 5 Tactica worth dimainkan atau tidak?”. Untuk menjawab pertanyaan itu, agak sulit menjawab apakah game ini worth dimainkan atau tidak.

Game ini memiliki banyak fitur-fitur menarik yang berbeda dari game Persona 5 lainnya, terlebih dari genre Tactical RPG. Kalian bisa membuat berbagai macam rencana, mulai dari posisi, jarak serangan, dan juga efek yang akan diberikan pada musuh untuk memenangkan pertarungan.

Karena game ini lebih berfokus pada taktik untuk bisa menang, Player benar-benar perlu menyesuaikan karakter beserta kekuatan Persona yang mereka gunakan. Maka dari itu, mengamati pergerakan musuh, membuat taktik dan lakukan eksekusi rencana menjadi elemne penting di Persona 5 Tactica.

Tidak jarang musuh akan lebih agresif menyerang musuh ketika kondisi menang Player tidak berfokus pada menghadapi mereka semua. Maka dari itu, elemen taktik di game ini sangat diperlukan untuk bisa menang.

Game yang bisa dimainkan secara sampingan

Jadi menjawab pertanyaan tadi, game ini bisa kalian mainkan sebagai game sampingan , baik itu kalian penggemar seri Persona maupun genre game Tactical RPG. Sementara untuk gamer pada umumnya, game ini seru dimainkan saat kalian ingin menghabiskan waktu luang dan butuh game yang bersifat taktik seperti Persona 5 Tactica.

Jadi apakah kalian tertarik untuk memainkan game Persona 5 Tactica?

Persona 5 Tactica

The Phantom Thieves kembali beraksi di game terbarunya Persona 5 Tactica dengan genre gameplay Tactical RPG. Petualangan dan misteri apa yang harus mereka hadapi di game ini?

80%

SCORE

PROS

  • Game taktik yang bisa dimainkans secara serius maupun santai

  • Tampilan grafis dan style yang unik

  • Musik dan Soundtrack masih tetap berikan kesan Acid Jazz yang ikonik

CONS

  • Game terasa bland dari segi cerita

  • Genre yang terlalu niche untuk dimainkan oleh gamer

REVIEW BREAKDOWN

Story

78%

Gameplay

80%

Graphic

80%

Sound

82%


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Persona 5 Tactica atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version