­­­Review RAM Kingston FURY Beast DDR5 RGB White – RAM Mewah Peningkat FPS!

Review Ram Kingston Fury Beast Ddr5 Rgb White Gamebrott

Review RAM Kingston FURY Beast DDR5 RGB White – Nama Kingston tentunya sudah sering didengar di dunia komputer. Bagaimana tidak, raksasa tersebut sudah menjalin hubungan erat dengan perkembangan komputer dari zaman DDR1 sampai DDR5.

Hal tersebut dibuktikan dengan kepiawaian brand tersebut dalam menghadirkan memori yang dikhususkan untuk memainkan bermacam games dan aplikasi dengan menawarkan lompatan kinerja yang menakjubkan tanpa lupakan unsur estetika.

Kalau kalian penasaran dengan review RAM Kingston FURY Beast DDR5 RGB White yang baru saja rilis di Indonesia, langsung saja baca ulasan dari kami sampai tuntas!

Review RAM Kingston FURY Beast DDR5 RGB White

Salah satu faktor yang dapat meningkatkan daya tarik dari sebuah produk tentunya adalah jaminan peningkatan performa. Bahkan, tidak sedikit yang tertarik untuk membeli selama itu mampu meningkatkan performa bahkan pada kisaran 10-20%.

Oleh karenanya, kami akan menguji kemampuan RAM Kingston FURY Beast DDR5 RGB White dengan kapasitas 2x16GB pada test bench yang kami gunakan dengan spesifikasi sebagai berikut:

Perlu dicatat bahwa kecepatan memori terbaru dari Kingston tersebut hanya dapat berjalan pada kecepatan 4.800MHz dikarenakan limitasi dari prosesor dan motherboard yang kami gunakan, dan seharusnya bisa mencapai angka yang lebih tinggi jika dipadukan dengan motherboard dan prosesor yang mendukung kecepatan tersebut.

Untuk lebih jelasnya, kalian bisa mengacu pada serangkaian pengujian yang kami lakukan untuk mendapatkan gambaran bagaimana kemampuan dari RAM Kingston FURY Beast DDR5 tersebut di bagian selanjutnya.

Tes Performa

Sebelum kita memasuki performance test yang akan kami lakukan dengan sejumlah aplikasi, tentunya kami harus mengecek beberapa informasi dasar dari RAM Kingston FURY Beast DDR5 RGB White tersebut lalui aplikasi yang hasilnya bisa kalian lihat di bawah:

Hasil Thaiphoon Burner

Di sini kami mendapatkan modul memori dengan chipset Hynix single-rank dengan XMP maksimal di 3.000MHz dengan CAS Latency (CL) 40-40-40-80-144 dengan voltase hanya di 1.35V – sedikit lebih tinggi dari frekuensi non XMP pada 2.400MHz yang hanya membutuhkan 1.1V.

Hasil AIDA64 dari modul memori yang kami terima

Selanjutnya, pada aplikasi AIDA64 Cache & Memory Benchmark, RAM dari Kingston ini mampu menghasilkan kecepatan Read 82.900 MB/s, dengan Latency di 88.7 ns.

Selain itu, aplikasi benchmark ini juga membaca RAM Kingston ini berjalan pada kecepatan 6.000MHz yang sesuai dengan spesifikasi teknis yang terpampang pada aplikasi Thaiphoon Burner.

Kita lanjutkan ke bagian pengujian yang lebih teknis, yaitu 3D Mark CPU dan GPU, terlihat kemampuan memori dengan kapasitas besar dengan kecepatan yang lebih tinggi mampu memberikan peningkatan performa dan kestabilan lebih.

Berdasarkan gambar di atas, kalian dapat melihat bahwa kemampuan prosesor Intel Core i7-12700F yang kami gunakan untuk pengujian ini bisa lebih maksimal, di mana selisih terbesar sangat terlihat pada pengujian 8 thread.

Selanjutnya, selisih performa akan sangat terlihat pada pengujian 3D Mark SPEED WAY v1.0, di mana PC kami mendapatkan peningkatan performa secara keseluruhan sekitar 6.58%.

Game Benchmark

Untuk membuktikan kemampuan dari RAM Kingston FURY Beast tersebut, berikut kami rangkum hasil pengujian  yang kami dapatkan pada sejumlah game yang dimainkan:

Genshin Impact

Resident Evil 4 Remake

Red Dead Redemption 2

Valorant

Berdasarkan gambar di atas, terbukti bahwa dengan kecepatan tinggi yang ditawarkan oleh RAM tersebut memang mampu memberikan peningkatan performa sekitar 5-10% dari memori yang kami gunakan sebelumnya di 2x8GB 4.800MHz.

Bahkan meski potensi terbaik dari memori ini masih ‘tertahan’ di angka 4.800MHz, namun kombinasi kecepatan 6.000MHz dan CL 30 pada Intel XMP 3.0 tetap menunjukkan adanya peningkatan performa yang menarik untuk dipertimbangkan pada PC yang kalian gunakan.

Desain

Desain heatspreader yang tidak lebay

Sesuai namanya, RAM Kingston FURY Beast DDR5 RGB White ini dikemas dalam heatsink berwarna putih dengan desain yang tidak terlalu lebay sambil terlihat futuristik dengan 18 mode preset RGB yang bisa disesuaikan dengan preferensi.

Desain heatspreader yang ditawarkan oleh RAM ini tidak terlalu tinggi dan lebay, menjadikan memori dari Kingston ini bisa digunakan pada bermacam setup, mulai dari ITX sampai E-ATX dengan mudahnya tanpa takut bakal mentok dengan bermacam jenis heatsink yang digunakan user.

Semisal kalian lebih menyukai tampilan yang minimalis, kalian bisa banget kok menonaktifkan pencahayaan RGB dan menyisakan warna putih untuk membuat tampilan PC gaming yang kalian gunakan terlihat minimalis.

Untuk pencahayaan RGB dari memori ini dapat dengan mudah kita atur melalui BIOS dan aplikasi Kingston FURY CTRL RGB yang menawarkan belasan jenis pencahayaan secara mudahnya.

Harga

Harganya bersahabat untuk fitur dan semua kelebihan yang ditawarkannya

Harga RAM Kingston FURY Beast DDR5 RGB White ini ternyata dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau di 2 Juta Rupiah – termasuk kompetitif berdasarkan desain berikut spesifikasi yang ditawarkannya.

Dengan kecepatan 6.000MHz dan CL 30, rasanya sulit untuk tidak memasukkan memori dari Kingston ini sebagai salah satu memori dengan kemampuan yang cukup baik, dan pastinya cocok untuk PC kalian yang memang menginginkan performa di atas rata-rata.

Kesimpulan

Berdasarkan serangkaian pengujian yang kami lakukan, bisa kalian lihat bahwa kapasitas memori yang lega akan dapat memberikan ruang bagi komputer untuk menjalankan bermacam game berat dengan lebih responsif dengan mendongkrak sejumlah FPS.

Ditambah dengan fitur Plug and Play (PNP), user yang termasuk awam akan sangat diuntungkan karena mereka tidak usah mengatur hal bersifat teknis untuk mendapatkan performa maksimal dari komponen yang mereka beli.

Bahkan pada saat kami pasang ke motherboard yang kami gunakan, sistem secara otomatis akan mendeteksi kecepatan 6.000MHz sebagai kecepatan tertinggi yang bisa dicapai oleh memori dari Kingston ini, di mana kami tidak perlu repot-repot untuk mengaturnya.

Itulah sedikit review RAM Kingston FURY Beast DDR5 RGB White dari kami. Gimana, dengan semua kelebihan dan beberapa kekurangannya yang kami jelaskan sebelumnya di atas, apakah kalian tertarik untuk memilikinya?

Kingston FURY Beast DDR5 RGB White

86%

SCORE

PROS

  • Potensi overclocking yang menjanjikan, diklaim bisa tembus 10.000MT/s

  • Pencahayaan RGB yang bisa diatur sesuai preferensi user

  • Mengantongi sertifikasi Intel XMP 3.0 dan AMD EXPO

  • Fitur Plug and Play (PNP) dengan kecepatan mulai dari 4.800-6.000MT/s

CONS

  • Desain heatspreader yang masih sama dari generasi terdahulu

  • Fine tune untuk CAS Latency mungkin bisa sedikit diitngkatkan

REVIEW BREAKDOWN

86%


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version