Review Ratchet & Clank: Rift Apart – Game Exclusive PS5 Yang Sangat Seru!

Ratchet & Clank: Rift Apart

Ratchet & Clank: Rift Apart baru saja rilis untuk platform PS5 beberapa waktu lalu dan merupakan Seri terbaru dari franchise Ratchet & Clank. Game ini adalah game Third-person Action Platformer yang memiliki grafis yang sangat indah serta cerita yang memukau.

Penulis sudah memainkan game ini hingga selesai. Review ini mungkin bisa menjadi pertimbangan untuk kalian yang ingin bermain game platformer yang seru ataupun para fans Ratchet & Clank yang masih belum memainkankan game ini. Kalau begitu, kita langsung saja Review game ini!

Story

Cerita dalam Ratchet & Clank: Rip Apart tidak hanya berfokus pada 2 karakter ikonik ini saja, akan ada karakter lain yang akan kalian mainkan yaitu Rivet, Seekor Lombax dari demensi lain yang ada dalam multiverse Ratchet & Clank. Pembawaan cerita dari game ini juga menarik seperti game – game terdahulunya. Banyak isu – isu tentang Mental Health dibawa dalam seri ini. Setiap karakter memiliki permasasalahan yang berbeda. Mereka melalui masalah yang mereka miliki selama petualangan tentunya dibalut dengan suasana ceria.

Nantinya Pemain akan mengunjungi berbagai planet dan melanjutkan petualangan dari dua sisi, yaitu sisi Ratchet dan juga Rivet. Setiap planet memiliki side-quest berbeda sehingga kita dapat mempelajari apa yang sedang terjadi di planet tersebut bahkan menceritakan tentang ras kedua karakter utama yang kita mainkan ini. Tidak hanya planet saja, pemain juga dapat berpindah dimensi dan berpetualang di versi berbeda dari planet yang mereka kunjungi. Multiverse yang ada di game ini juga beraneka ragam. Meskipun tidak sebebas yang diharapkan, namun ide ini merupakan ide yang keren dan memberikan banyak fitur unik yang akan dibahas pada bagian selanjutnya.

Game ini tidak memberikan kebebasan memilih antara Ratchet dan Rivet dikarenakan perbedaan sudut pandang cerita. Kalian hanya dapat menggunakan Ratchet dan Rivet di planet – planet tertentu saja untuk melanjutkan jalan cerita.

Gameplay

Gameplay yang dihadirkan pada game ini tentunya sesuai dengan genre game ini. Pemain berpetualang dengan sudut pandang Third-person bertarung menggunakan Wrench (Ratchet) atau Hammer (Rivet) dan Senjata api yang unik serta melewati berbagai rintangan yang berbeda. Dunia yang ada pada game ini juga sangat luas. Penulis menghabiskan waktu berjam – jam untuk menyelesaikan side-quest, mencari rahasia yang ada dalam map tersebut dan juga mengumpulkan Raritarium, yaitu sebuah mineral yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan senjata pemain.

Raritarium sangat berguna dalam game ini karena dapat meningkatkan kemampuan dari senjata yang kita gunakan. Pemain dapat meningkatkan senjata mulai dari meningkatkan amunisi, damage, kecepatan menembak, bahkan memberikan efek unik untuk senjata kita. Senjata yang ada pada game ini juga bervariasi, mulai dari Handgun biasa yang nantinya bisa menembakkan 3 peluru sekaligus, shotgun yang memberikan damage besar, hingga senjata yang membuat musuh menjadi pixel bisa kalian dapatkan dalam game ini.

Penggunaan fitur Adaptive Trigger dari Dualsense PS5 tentu saja menjadikan permainan semakin menarik. Tombol Trigger akan beradaptasi sesuai dengan senjata yang kita gunakan. Misalnya untuk Handgun, ketika kita menekan secara lembut makan handgun akan menembak satu peluru saja, sedangkan ketika kita menekan sampai habis, maka hand gun akan menembakkan tiga peluru bercabang dengan cepat. Ratchet & Clank juga memaksimalkan fitur Adaptive Trigger ini sehingga kalian nantinya akan merasakan pengalaman bermain yang luar biasa.

Dalam dunia Ratchet & Clank: Rift Apart, pemain dapat berpindah pindah dimensi untuk menyelesaikan puzzle dan menjelajahi planet yang ada. Tidak hanya itu saja, pemain dapat melakukan Blink dengan menggunakan Grapple ke arah rift yang berwarna kuning sehingga pemain bisa langsung teleport ketempat tersebut. Rift ini sangat berguna ketika bertarung dan juga menjalajahi daerah yang sulit dicapai.

Grafis

Jika membahas grafis, tentu saja game ini memiliki grafis yang sangat menakjubkan. Ratchet & Clank: Rift Apart juga memaksimalkan grafis game mereka sesuai dengan kemampuan PS5. Pemain dapat melihat pemandangan yang begitu menakjubkan dan perasaan yang berbeda di setiap planet yang dikunjungi.

Ada tiga jenis grafis yang dapat dipilih dalam game ini. Yang pertama adalah Fidelity mode. Grafis ini adalah grafis standar PS5 dan game akan melakukan lock di 30FPS (Frame Per Second) dan resolusi 4K. Fidelity mode menggunakan Hardware-accelerated Ray Tracing untuk pantulan cahaya. Tentunya Ray Tracing ini membuat game menjadi lebih realistis. Banyak sekali pantulan cahaya di game ini, mulai dari pantulan di genangan air, pantulan metal, dan juga kaca. Menggunakan Mode ini tentunya membuat pengalaman bermain menjadi lebih seru.

Yang kedua adalah Peformance mode. Mode grafis ini memberikan pengalaman bermain dengan peforma 60FPS namun tidak menggunakan Ray Tracing. mode ini cocok untuk pemain yang tidak terbiasa menggunakan Ray Tracing namun ingin bermain dengan FPS yang smooth.

Dan mode terakhir adalah mode yang sangat memaksimalkan peforma hardware PS5, yaitu Peformance RT mode. Mode ini memberikan peforma 60FPS dengan Ray Tracing tetap aktif. tentunya pengalaman bermain yang maksimal dapat didapatkan dari mode ini. Penulis merasakan pengalaman bermain yang sangat luar biasa dengan mode grafis ini.

Sound

Game action adventure platformer pastinya memiliki audio yang juga mantap. Ratchet & Clank: Rift Apart memberikan pengalaman seperti layaknya di luar angkasa dengan music serta sound effect yang ada. Tidak hanya itu saja, Fitur dual sense lainnya yaitu 3D audio juga ada pada game ini dan tentunya dengan menggunakan fitur ini akan membuat pengalaman bermain menjadi maksimal juga. Meskipun kalian tidak memiliki 3D Headset, menggunakan speaker TV biasa saja juga sudah cukup karena kualitas audio yang ada pada game ini memang sudah sangat bagus.

Kesimpulan

Ratchet & Clank: Rift Apart memberikan suasana baru untuk para fans Ratchet & Clank dan juga para pemain baru yang belum pernah mencicipi seri ini. Banyak fitur PS5 yang dihadirkan oleh game ini agar pemain dapat merasakan pengalaman bermain yang sempurna. Bagi penulis, Game ini memberikan pengalaman bermain seri game Ratchet & Clank dengan sempurna serta ditambah dengan penggunaan fitur Dualsense yang membuat game ini layak menjadi game Next Gen. Penulis merekomendasikan game ini untuk para pemain game PS5 dan juga fans genre Action Platformer tentunya.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Ratchet & Clank atau artikel lainnya dari Javier Ferdano. For further information and other inquiries, you can contact us via javier@gamebrott.com

Exit mobile version