Review Razer Naga V2 Pro — Mouse MMO yang Kini Hadir Lebih Fleksibel

Razer Naga V2 Pro

Review Razer Naga V2 Pro – Membahas mouse gaming yang cocok untuk berbagai kalangan gamer tentu adalah hal yang cukup sulit. Gim yang dimainkan para gamer pun berbeda-beda dan membutuhkan kontrol berbeda juga. Untungnya Razer cukup perhatian dengan hal tersebut dan menciptakan sebuah produk yang unik seperti Razer Naga V2 Pro ini.

Review Razer Naga V2 Pro

Razer Naga V2 Pro dengan 3 swappable side plate

Razer seperti yang kita kenal memang bukan pemain baru dalam dunia peripheral gaming. Seri Mouse gaming Naga juga sudah lama hadir dengan beberapa varian pula. Sebelumnya kami juga pernah membahas mouse Razer Basilisk V3 namun kali ini kami diberikan kesempatan untuk membahas mouse Razer Naga V2 Pro yang merupakan seri paling premium dari Naga Series. Tanpa basa-basi, mari kita mulai saja pembahasan mouse satu ini.

Unboxing

Apa yang kalian temukan dalam kotak

Mari kita mulai dari penampilan paling awal yaitu kotaknya. Seperti biasa kotak Razer Naga V2 Pro ini masih membawa ciri khas warna hijau dan hitam khas Razer yang kita kenal. Fitur unggulan dari mouse ini yaitu side plate yang bisa kalian gonti-ganti juga ditampilkan dan menunjukkan kesan mewah.

Kalian bisa menemukan satu unit mouse Razer Naga V2 Pro, dua side plate dengan jumlah tombol berbeda, satu buah dongle USB, kabel USB yang lembut, buku manual, serta sebuah stiker Razer.

Feel dan Fitur

Tampilan Razer Naga V2 Pro dan 3 side plate

Mari kita masuk ke menu utama review kali ini, yaitu fitur yang disematkan dalam mouse premium dari Razer. Pada versi kedua Naga Pro series, kalian tetap diberikan kemampuan menganti-ganti side plate seperti versi sebelumnya. Bedanya dari segi bentuk dibanding V1, sisi kanan terlihat lebih menonjol dan juga sedikit lebih tinggi.

Keseluruhan tombol yang totalnya mencapai 19+1 ini bisa kalian remap dan menawarkan tingkat kustomabilitas tanpa batas. Ditambah dengan kematangan software Razer Synapse menjadikan mouse ini cukup overwhelming untuk pemula.

Remapable Buttons

Tombol-tombol yang tersedia juga sangat nyaman digunakan. Baik dari klik kiri dan kanan, klik pada scroll, maupun klik pada side plate semuanya terkesan snappy. Build material juga terkesan kokoh baik itu dari mouse-nya maupun side plate meski terbuat dari plastik. Feet mouse Naga V2 Pro juga sepertinya menggunakan bahan PTFE jadi terkesan licin dan smooth.

Total ada 2 side plate yang bisa kalian ganti. Bawaan yang langsung terpasang sejak pembelian adalah side plate 12 tombol. Mencerminkan mouse ini tetaplah jati dirinya sebuah mouse MMO. Kalian juga diberikan opsi 6 tombol dan 2 tombol bagi yang tidak memerlukan tombol sebanyak itu atau kalian yang menggunakan claw grip.

Sisi kiri-kanan juga diberi tekstur mirip rubber atau karet yang cukup menambah grip. Namun jika kalian menggunakan side plate 12 tombol, sisi kiri akan dipenuhi dengan tombol sehingga kalian tidak diberi grip karet seperti pada 2 dan 6 tombol.

Konektivitas

Konektivitas wired, dongle 2.4Ghz, dan Bluetooth lewat toggle

Selain itu dari segi konektivitas, Razer Naga V2 Pro tetap membawakan triple konektivitas yang kayaknya sudah menjadi hal wajib bagi mouse premium zaman now. Razer tetap memberikan opsi Bluetooth dan wireless dongle 2,4Ghz untuk pengalaman gaming yang lebih lowlatency tanpa mengorbankan estetika dan kenyamanan dragging mouse lewat Razer Hyperspeed Wireless.

Fitur yang hadir di seri lebih lawas juga tersedia. Seperti scroll kiri dan kanan yang kini mereka sebut dengan Hyperscroll Pro. Dimana hadir juga fitur smooth scrolling yang ada pada mouse Basilisk V3.

Fitur segudang tentu harus diimbangi dengan sensor kelas atas. Untungnya bagian ini tetap menjadi fokus dari Razer. Sensor baru Razer Focus Pro 30K Optical ditambah dengan optical switch generasi ketiga menjadikan pengalaman terkesan premium dan bisa dikatakan terbaik di kelasnya. Polling rate 1000hz juga tersedia yang berarti mouse ini memetakan posisi mouse 1000 kali dalam satu detik. Sesuatu yang memang seharusnya ada di mouse gaming kelas premium.

Baterai

Sisa baterai bisa kalian cek lewat software Razer Synapse

Sedangkan untuk ketahanan baterai sendiri, Razer klaim dalam satu fase pemakaian dari full hingga habis jika menggunakan dongle akan bertahan 150 jam dan 300 jam jika menggunakan mode Bluetooth.

V2 menambahkan kemampuan charging lewat Razer Mouse Dock Pro dan Qi Wireless Charging bila kalian membeli Razer Wireless Charging Puck. Keduanya harus kalian beli secara terpisah.

Selama pemakaian penulis yang kurang lebih 3 hari dengan rata-rata pemakaian perharinya 3-4 jam. Penulis belum pernah kehabisan baterai dan masih tersisa cukup banyak bila dicek melalui software Razer Synapse.

Scroll Wheel

Kustomisasi Scroll Wheel yang kompleks

Kami benar-benar sangat terkesan dengan banyaknya opsi yang diberikan Razer pada optimalisasi scroll wheel Naga V2 Pro. Kalian bisa mengatur seberapa tactile atau smooth scroll dan seberapa banyak scroll yang bisa kalian lakukan dalam satu waktu. Semua ini bisa kalian atur lewat software Razer Synapse dan penulis sempat menghabiskan waktu hampir satu jam hanya untuk mengatur scroll saja.

Kalian juga diberikan 5 profile scroll jika malas mengatur sendiri dan penulis rasa kelima profile tersebut memang sudah sangat cukup mewakili keinginan kalian. Kalian bisa memilih scroll yang benar-benar kasar, atau yang sedikit halus seperti berjalan diatas kerikil, hingga yang benar mulus seperti jalan tol.

Verdict

Mouse MMO yang keren

Melihat paket lengkap yang ditawarkan oleh Razer Naga V2 Pro ini, banderol harga yang ditawarkan yaitu Rp.2.999.000 jadi terlihat cukup masuk akal. Kalian bisa membeli produk ini di sini.

Dukungan wireless dongle juga tanpa masalah sama sekali ketika penulis coba bermain gim menggunakan mode tersebut. Satu-satunya kekurangan yang penulis rasakan hanyalah bobot mouse ini yang terbilang cukup solid dan berat. Penulis sendiri lebih nyaman jika menggunakan mouse sedikit lebih ringan. Namun itu hanyalah penilaian secara subyektif dan jika kalian mencari mouse berat, Razer Naga V2 Pro memang pilihan tepat.

Jadi itulah review singkat mouse gaming Razer Naga V2 Pro. Mouse ini sudah bisa kalian dapatkan di marketplace kesayangan kalian dengan harga yang cukup masuk akal mengingat banyak sekali fitur yang disematkan demi kelancaran dan kenyamanan bermain gim.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version