[REVIEW] Redmi Airdots: Rekomendasi TWS Murah Yang Gak Murahan


Follow Us

Belakangan ini dunia peraudioan mulai diserang oleh trend earphone tanpa kabel atau biasa dibilang less wired earphone, tidak jelas mulai kapan trend pengguna’an teknologi tanpa kabel ini mulai diperkenalkan, namun semenjak Apple juga melakukan hal yang sama melalui produk mereka yaitu airpods nampaknya hal ini menjadi semakin terkenal.

Nulis artikel dibayar

Untuk earphone jenis ini terbagi menjadi beberapa tipe, seperti bluetooth speaker kemudian bluetooth earphone dan yang terakhir adalah TWS atau True Wireless Stereo yang memiliki arti bahwa earphone jenis ini sudah benar-benar mengandalkan koneksi tanpa kabel dan tidak membutuhkan kabel sedikitpun dalam pengoneksianya.

Saat ini banyak sekali vendor-vendor yang memproduksi earphone jenis TWS ini, mereka menjualnya dipasaran dengan berbagai ragam range harga, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Namun, mungkin banyak diantara sobat yang bingung bagaimana memilih TWS yang pas untuk sobat beli, terlebih bagi para sobat yang ingin mencoba sebuah TWS namun memiliki kantong yang cekak, oleh karena itu kali ini kami akan memberikan sebuah review atau ulasan yang mungkin bisa sobat pakai menjadi sebuah referensi dalam membeli TWS murah yang ada dipasaran.

Pada kesempatan ini, saya mencoba sebuah TWS murah keluaran dari vendor Redmi yang saat ini sedang ramai dibicarakan, karena banyak sekali reviewer yang menilai tinggi pada TWS ini. Dalam ulasan ini, saya akan membaginya dalam beberapa point, sehingga sobat bisa membacanya lebih jelas.


Apa Yang Didapat Dalam Box Pembelian?

Saat membeli sebuah produk tentu sebuah kelengkapan akan diperhatikan, nah oleh karena itu saya akan menuliskan apa saja yang terdapat dalam box pembelian Redmi Airdots ini.

Untuk kardusnya sendiri cukup terlihat bagus dan bahan kertas yang digunakan cukup tebal, saat dibuka kamu akan mendapatkan berupa 1x case box Redmi Airdots, kemudian 1 set Eartip dengan size, kecil, medium dan besar, kemudian yang terakhir adalah 1x buku manual. Tidak ada kabel usb dan kepala cas, sebenarnya hal ini cukup disayangkan, mengingat kemasan produk yang besar dan masih tersedia ruang kosong didalam box pembelian tersebut.


Harga Dan Build Quality Yang Solid

Seperti point ini, TWS ini memiliki harga yang sangat murah, dipasaran mereka menjual Redmi Airdots ini dengan harga mulai 200 ribuan saja, bahkan lebih murah jika sobat lebih jeli dalam memilihnya di situs-situs e-commerce. Namun walaupun harganya yang murah, TWS ini memiliki kualitas yang tak murahan, mengapa saya bisa bilang seperti itu? saya telah mencoba beberapa jenis TWS dengan range harga 200 ribuan, TWS ini menjadi salah satu TWS yang mempunyai kualitas yang menjanjikan.

Dari segi Build Quality, TWS ini mempunyai Build Quality yang solid, walau body yang digunakan adalah berbahan dasar plastik namun saat dipegang, TWS ini terasa kokoh serta elegan, jadi tidak terasa seperti TWS dengan harga 200 ribuan lainya yang cenderung sangat terkesan plastisi dan selain itu TWS ini memiliki body yang ramping, sehingga sangat mudah untuk dibawa kemana-mana karena bisa kalian masukan kedalam tas kecil kalian atau kantung saku.

Oh ya, case dari redmi Airdots ini sudah bertipe magnetik tidak seperti TWS merk lainya dengan range harga yang sama, namun walaupun begitu TWS ini masih menggunakan tombol fisik dalam pengoperasianya, agak berbeda dengan saudaranya yaitu Haylou GT-1 yang sudah menggunakan sensor sentuh.

Desain dari Earphone TWS ini juga bagus, fitting ditelinga terasa pas dan tidak akan membuat sobat merasa sakit jika lama-lama menggunakanya, desain dari TWS ini berjenis in-Ear Monitor (IEM) dan cukup bisa memblok suara dari luar sehingga bisa maksimal saat mendengarkan musik.


Kualitas Suara Yang Memukau

Dengan budget pas-pasan tentu sobat tidak akan bisa mempunyai banyak pilihan, namun tenang saja karena jika kalian membeli redmi Airdots, setidaknya hal ini bisa mengobati keinginan kalian dalam membeli TWS murah namun memiliki kualitas yang enak.

Dalam hal ini saya mencoba menguji Redmi Airdots menggunakan sebuah set-up hanya berupa iPhone 7+ sebagai DAP dengan Spotify sebagai sumber playlist. Dalam sektor suara ternyata Redmi Airdots bisa membuat saya terpukau karena mengingat harganya yang hanya 200 ribuan saja, namun memiliki kualitas musik yang sangat enak bagi saya. Kualiats suara dari Redmi Airdots ini cenderung balance disemua sektor dan Clarity yang cukup rapi.

Dari sektor Bass, Redmi airdots memang tak terlalu nendang namun terasa pas bagi saya yang tidak terlalu mementingkan bass yang tinggi, oleh karena itu Redmi Airdots kurang cocok untuk sobat yang basshead. Walaupun begitu, impact dari bass Redmi Airdots ini rapi, sehingga membuat TWS ini masih tetap enak digunakan untuk mendengarkan musik berbagai genre, seperti pop, rock, edm, bahkan dangdut sekalipun.


Konektifitas Yang Mudah Dan Otomatis

Redmi Airdots bisa dibilang sudah sangat bagus dalam hal konektifitas, mengingat dia sudah mendukung dan menggunakan teknologi Bluetooth 5.0. Selain itu dalam hal pairing device Redmi Airdots juga sangat mudah, dimana kita hanya menekan masing-masing tombol untuk pairing pertama kalinya.

Setelah itu mereka akan otomatis tersambung apabila kita menyalakan bluetooth di ponsel yang sudah terhubung. Apabila baterai sudah habis, kita bisa mengisinya dengan cara memasukanya kedalam box case nya, otomatis mereka akan mengisi daya serta secara otomatis memutuskan koneksi ke bluetooth ponsel. Saat mengisi baterai, masing-masing earphone ini akan muncul warna merah pada led notofication mereka.

Saat saya mencobanya untuk bermain game seperti PUBG, Redmi Airdots ini memang sedikit ada delay pada suaranya, namun hal itu tidak begitu penting jika hanya untuk bermain casual saja. Untuk menonton film atau mendengarkan musik, Redmi Airdots sudah sangat cukup bisa diandalkan.


Daya Tahan Baterai

Redmi Airdots memiliki kapasitas baterai sebesar 40 mAh untuk masing-masing earphone yang diklaim bisa bertahan 4-5 jam dalam penggunaan dan 300 mAh pada boxnya, sehingga membuatnya bisa digunakan hingga 3x pengecasan. Untuk box chargernya sendiri, Redmi Airdots masih menggunakan port micro usb, namun hal itu wajar, mengingat harga yang ditawarkan juga sangat murah sehingga tidak bisa menjadi alasan untuk tidak membeli ini.


Jadi itu adalah sedikit review saya mengenai TWS murah dari Redmi yaitu Redmi Airdots yang ternyata cukup membuat saya bisa menikmati musik, dan akhirnya saya berkesimpulan jika Earphone TWS ini layak sobat beli, terlebih buat sobat yang baru Hijrah dari wired earphone dan sekedar coba-coba namun memiliki budget yang pas-pasan.

Oh ya, review diatas adalah murni pendapat saya mengenai Earphone TWS ini mengingat telinga setiap orang itu berbeda-beda, jadi tetaplah percayai telinga sobat sendiri ya, terimakasih.


Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item