Review Returnal – Hidup Mati Hidup Demi Mencari Jawaban

in ,
Review Returnal

Sebagai generasi baru, konsol Playstation 5 memiliki banyak daftar game seru yang wajib kalian mainkan. Game-game tersebut memiliki keunikan dan ciri khas sendiri untuk para gamer. Mulai dari cerita, gameplay dan lainnya, hal ini juga berlaku untuk game yang dibuat oleh Housemarque berjudul Returnal.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan review atau ulasan untuk kalian mengenai pengalaman saya saat mencoba bermain game Returnal. Hal ini akan sangat membantu kalian yang masih bingung apakah game ini recommended dimainkan atau tidak.

Baiklah kita mulai saja review game Returnal!

Perjalanan Luar Angkasa Berubah Menjadi Mimpi Buruk

Review Returnal

Game Returnal diawali dengan seorang astronot bernama Selene Vassos yang sedang bertugas di luar angkasa. Suatu ketika, dia menemukan sosok bayangan putih di planet Atropos yang entah bagaimana merasa tidak asing baginya.

Rasa ingin tahu Selene membuat dirinya mengejar sosok misterius tersebut ke planet Atropos meskipun hal ini sudah dilarang oleh Perusahaan ASTRA tempat dia bekerja. Ternyata larangan tersebut ada maksud tertentu agar Selene atau siapapun untuk tidak mendekati planet Atropos.

Pesawat luar angkasa yang dinaiki Selene mengalami kerusakan ketika dia memasuki atmosfir Atropos dan terjebak tanpa bisa menghubungi bantuan dari ASTRA. Selene menemukan banyak mayat yang terlihat seperti dirinya sendiri. Bukan, mayat tersebut ternyata adalah dirinya sendiri.

Selene harus bertahan hidup di planet Atropos yang dipenuhi dengan banyak makhluk alien dengan menggunakan teknologi alien yang dia temukan di sana. Sekaligus, mencari tahu misteri planet Atropos yang membuat dirinya terjebak dalam time loop setiap kali Selene mati dan kembali ke masa lalu tepat sebelum dia mengalami kerusakan pesawat luar angkasa ketika memasuki atmosfir.

Bullet Hell Shooting Menjadi Poin Penting di Returnal

Returnal merupakan game action third person shooter yang mengharuskan pemain untuk tetap aktif bergerak menghadapi para makhluk alien. Para monster tersebut akan terus menyerang dan mengeroyokmu dengan banyak peluru yang memiliki pola serangan mereka masing-masing. Jika kalian sebelumnya pernah bermain game sejenis genre bullet hell shooting, kalian pasti akan cepat terbiasa dan mudah beradaptasi dengan Returnal.

Bertahan Hidup di Planet Atropos

Review Returnal

Game Returnal mengharuskan kalian untuk bertahan hidup dengan apa yang ditemukan di planet Atropos. Mulai dari item healingbuff, gunsword, upgrade suit dan masih banyak lagi yang berasal dari teknologi alien di sana. Jadi manfaatkan apapun yang kalian temukan untuk tetap bertahan hidup.

Returnal juga menyediakan sistem shop yang dapat kalian temukan. Untuk membeli item dari shop tersebut, kalian akan mendapatkan sejenis mata uang atau poin dari menghancurkan para alien. Ini dapat membantu kalian untuk dapat bertahan hidup lebih lama.

One Way – One Ticket

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, Selene terjebak dalam time loop dan kembali ke masa lalu. Ini merupakan salah satu fitur utama gameplay dan cerita yang ada di game Returnal. Setiap kali pemain mati, mereka akan kembali ke awal permainan saat pesawat angkasa yang dinaiki Selene mengalami kerusakan.

Sistem time loop di Returnal memiliki demerit atau kerugian untuk pemain yang mati selama perjalanan di planet Atropos. Semua item, senjata dan juga upgrade yang mereka temukan sebelumnya akan hilang secara permanen. Itu berarti, ucapkan selamat tinggal dengan mereka semua.

Namun jangan khawatir. Progress kalian yang berhubungan dengan jalannya cerita seperti pedang yang bisa menebas perisai untuk membuka pintu dan alat verifikasi teleport akan tetap ada meskipun kalian mati. Setidaknya ini dapat meringankan pekerjaan kalian dan tidak harus mengulang semuanya dari awal.

Lokasi Akan Terus Berubah Tiap Kali Time Loop

Poin selanjutnya untuk review Returnal, saya akan membahas dungeon atau lokasi planet Atropos. Bukan hanya inventory saja yang berpengaruh dalam time loop, lokasi yang akan kalian telusuri juga akan terpengaruh. Setiap kali kalian mati dan kembali ke awal dalam time loop, planet Atropos akan mengalami perubahan dan akan berbeda dengan tempat yang kalian telusuri sebelumnya.

Hal ini dapat menambah value atau nilai keseruan selama kalian bermain game Returnal. Jadi kalian tidak mudah merasa jenuh dengan mengulang dalam time loop dan menelusuri lokasi yang sama terus menerus.

Banyak Misteri Planet Atropos di Returnal

Sosok bayangan putih misterius, time loop, planet dipenuhi dengan alien beserta peninggalan teknologinya, kalian akan temukan banyak sekali misteri di planet Atropos. Semua petunjuk mengenai unsur cerita game Returnal akan kalian temukan melalui data recording dari mayat Selene, artefak dan garis tulisan dinding peninggalan alien.

Belum lagi dengan vision atau penglihatan yang secara random muncul di waktu tertentu pada cerita yang mempengaruhi Selene. Apa yang sebenarnya terjadi? Rasa penasaran ini akan membuat kalian akan terus menelusuri setiap sudut planet Atropos untuk mencari jawabannya.

Kesimpulan Review Returnal: Game yang Fun dan Tak Sesulit Seperti Dark Souls

Review Returnal

Game Returnal akan memberikan pengalaman menarik dalam bermain di konsol Playstation 5. Kesan pertama kali saat kalian memasuki dunia game Returnal adalah adanya kemiripan dalam tingkat kesulitan seperti Dark Souls dengan bumbu fast-paced seperti Doom.

Meskipun saya mengatakan game ini memiliki kemiripan dengan Dark Souls, tapi game ini tidak sesulit seperti yang saya bayangkan. Game ini masih lebih baik dan ramah terhadap pemain dibandingkan serial Dark Souls.

Dunia di planet Atropos terlihat menjanjikan dengan pemandangan yang dipenuhi dengan benda-benda aneh nan hidup beserta teknologi canggih dari alien. Musik dan sound effect dari alien, senjata dan objek lain yang diberikan para pemain juga memberikan suasana yang hidup seakan-akan kalian berada di posisi Selene.

Sebagai penutup review, jika kalian bertanya apakah game Returnal recommended untuk dimainkan? Jawabannya adalah iya. Game ini memiliki durasi yang cukup panjang dan perlu waktu lama untuk kalian menyelesaikannya.

Belum lagi ketika kalian harus beradaptasi, grinding dan menemukan teknologi alien demi senjata canggih serta upgrade untuk membantu permainan. Plus, jika kalian juga adalah tipe pemain yang aktif berburu achievement di Playstation 5, maka durasi bermain akan semakin bertambah.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Returnal atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Written by Muhammad Faisal

Leave a Reply

Your email address will not be published.